Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Para pabrikan smartphone terus berusaha meningkatkan kemampuan kamera handphone. Salah satunya yang terbaru yaitu pengembangan kamera dengan lensa ” telescopic” oleh Xiaomi.

Sesuai namanya, ide kamera yang belakangan ditampilkan oleh Xiaomi di China ini mempunyai serangkaian lensa dalam penampang yang dapat memanjang sampai menonjol ke luar bodi smartphone.

Kamera juga bisa melakukan zoom optis, seperti kamera saku digital yang mempunyai lensa dengan sistem zoom sama.

Ini berbeda dari kamera telephoto model periskop yang banyak diaplikasikan di ponsel Android flagship saat ini. Di kamera periskop, susunan lensa diletakkan menyamping sehingga tidak menonjol ke luar bodi ponsel.

Tetapi, kamera periskop tidak dapat melakukan zoom optis dan bukaan lensanya (aperture) relatif kecil hingga tangkapan gambarnya di situasi minim cahaya tidak sebaik kamera utama dengan bukaan lebar.

Nah, lensa telescopic dari Xiaomi kabarnya dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan menyediakan bukaan lensa yang lebih lebar, selain zoom optis tadi.

Lensa telescopic Xiaomi digadang-gadang bisa “meningkatkan jumlah cahaya yang masuk sampai 300 %” sehingga ikut meningkatkan kualitas gambar di keadaan minim cahaya.

Meskipun begitu, seperti yang dilansir dari Android Authority, Minggu (8/11/2020), Xiaomi belum mengungkap berapakah tepatnya angka aperture dari lensa telescopic itu atau rentang zoom optisnya.

Menjadi perbandingan, lensa periskop di ponsel saat ini umumnya mempunyai aperture di kisaran f/3.0, jauh lebih kecil dibanding kamera utama yang biasanya sekitar f/1.8 atau bisa lebih lebar.

Lensa telephoto di ponsel juga memiliki sifat fixed, alias tidak dapat melakukan zoom optis. Zoom yang dilakukan bersifat pembesaran digital sehingga akan menurunkan kualitas gambar.

Baca Juga: DJI Mavic Air 2 Resmi Dirilis! Bisa Foto 48 MP Dan Rekam Video 8K

Rencana lensa zoom telesopic yang tertanam di bodi ponsel sendiri sebetulnya bukan hal yang baru. Samsung pernah mengaplikasikan fitur seperti ini di ponsel Galaxy K Zoom keluaran 2014.

K Zoom diberi lensa dengan optical zoom 10x serta berbodi tebal karena harus memuat serangkaian lensa tersebut.

Untuk kamera telescopic Xiaomi, berdasarkan video yang diunggah oleh pabrikan itu ke Weibo, lensanya kemungkinan akan memiliki ukuran lebih ringkas serta tidak terlampau jauh menonjol ke luar bodi ponsel.

Masih belum tahu kapan Xiaomi mulai akan mengaplikasikan kamera telescopic di ponsel buatannya.