IDC: Xiaomi Kuasai Pasar Perangkat Wearable

  • 1 min read
  • Dec 05, 2020
Xiaomi Kuasai Pasar Perangkat Wearable

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Pasar wearable sepanjang satu tahun terakhir ini dikatakan terus meningkat. Bahkan juga, IDC menjelaskan ada sebuah produk yang meningkat tajam pada kuartal ke-3 2020 bila dibanding dengan tahun sebelumnya, dan sukses pecahkan rekor.

IDC menyebutkan, Apple Watch sukses pecahkan rekor penujualan, dengan total 11,8 juta perangkat hanya di kuartal ke-3 2020. Bila dibanding dengan kuartal yang sama di tahun awalnya, ada penambahan sampai 75%.

Pencapaian ini membuat Apple menjadi vendor yang bisa menjual smartwatch paling besar di dunia, dengan pangsa pasar 33,1%. Xiaomi ada di urutan ke-2 dengan keseluruhan pangsa pasar sejumlah 13,6%, seperti dikutip dari Wccftech (4/12).

Di lain sisi, Huawei mengikuti ketat Xiaomi dengan pencapaian pangsa pasar sejumlah 11%. Selanjutnya di urutan ke-4 ada Samsung, dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 9%. Sedang Fitbit harus ikhlas berbagi dengan BoAt di urutan ke-5 dengan pangsa pasar 2,6%.

Tetapi, bila bicara terkait perangkat wearable secara keseluruhannya, seperti dipadukan dengan penjualan earphone dan yang lain, Xiaomi sukses berada di posisi paling atas dengan pangsa pasar 24,5%.

Apple berada di urutan ke-2 dengan pencapaian pangsa pasar 21,6%, dengan Huawei mengikuti dengan pencapaian pangsa pasar 19,5%. Samsung di lain sisi berada di urutan ke-5 dengan pangsa pasar 5,1%, di bawah Fitbit dengan pangsa pasar 5,9%.

IDC memprediksi jika Xiaomi bisa ada di posisi paling atas karena harga wearable mereka yang lebih terjangkau. Apple di lain sisi masih bisa ada di urutan ke-2 karena penggemar mereka yang populer benar-benar setia.