Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Vivo resmi mengeluarkan OriginOS sebagai alternatif FuntouchOS. Platform baru ini fokus pada mekanisme widget yang diset ulang, gesture yang ditingkatkan, optimasi memori, dan kustom visual yang kaya.

Diawali dari widget yang sekarang ini tampil bak puzzle geser dengan ukuran potongan berbeda. Layar utama bisa dengan mudah ditata ulang walau ada banyak widget dengan ukuran yang tidak tepat.

Dalam bentuknya yang paling sederhana, widget mengganti penampilannya untuk menyampaikan informasi lebih banyak – matahari atau awan hujan untuk aplikasi cuaca, menggeser gelembung pesan untuk aplikasi SMS, dan lain-lain. Mengetuk widget akan memperlebarnya untuk menampilkan informasi dan kontrol tambahan.

Vivo menjelaskan ada 26 paduan gerakan yang dimulai dengan ketukan dibagian bawah layar. Ada pula SuperCard, yang bisa tampil dari mana saja (bahkan juga saat layar mati), untuk sistem pembayaran non-tunai yang mudah dan cepat.

OriginOS akan datang dengan Multi-Turbo 5.0, kumpulan teknik optimasi memori. Memory Fusion terdengar seperti swap, yang menambah RAM tambahan 3GB dengan mengacak-acak data ke penyimpanan flash. Fitur yang ke-2 ialah memaksimalkan pemakaian memori sehingga perangkat lunak hanya memerlukan lebih sedikit RAM untuk bekerja.

Terakhir, berisi aplikasi untuk mempercepat waktu pengaktifan aplikasi dengan menebak aplikasi yang mana akan Anda buka setelah itu dan mempersiapkan data yang dibutuhkan.

Untuk pengguna yang suka membuat sketsa visual, Vivo mempersiapkan “wallpaper bergerak” yang mensimulasikan pergerakan kompleks, seperti goyangan setiap kelopak bunga. Wallpaper dapat sesuaikan dengan keadaan cuaca di luar dengan menggambar representasi awan yang akurat.