Surge Berikan Akses Internet Gratis di Ruang Publik

  • 2 min read
  • Nov 30, 2020
Surge Berikan Akses Internet Gratis di Ruang Publik

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Solusi digital yang memberi nilai lebih sudah banyak dibuat di Indonesia.

Untuk solusi digital dan upaya sosialisasinya, Surge disebut mempunyai ekosistem yang telah berjalan. Dan untuk mengurangi ketimpangan jaringan internet berkualitas dan dapat dijangkau, Surge dalam proses pengembangan jaringan dan akan selesai dengan cepat.

Hermansjah Haryono, Direktur Utama Surge menjelaskan, Surge datang di industri digital Indonesia dengan solusi untuk membagikan internet ke publik tanpa biaya di ekosistem digital Surge.

“Konsep bisnis Surge ialah mengombinasikan free Wi-Fi dengan iklan. Surge mempunyai koneksi internet yang dibuat dari infrastruktur jaringan telekomunikasi yang dibangun di Pulau Jawa, selanjutnya diintregrasikan dengan periklanan digital. Proses inilah yang membuat Surge bisa menciptakan penghasilan dari iklan atas pemanfaatan jaringan free Wi-Fi oleh penggunanya,” terang Hermansjah.

Menurut Hermansjah, apa yang tengah Surge bangun ialah mimpi dari para profesional yang datang dari industri telekomunikasi, yaitu membuat ekosistem digital dimulai dari hulu (infrastruktur telekomunikasi) ke hilir (platform OTT dan Ads). Sekarang ini Surge sudah mempunyai barisan hilir dan perlu membuat jaringan infrastruktur hulunya.

George Samuel, Direktur Bisnis Surge menjelaskan hal yang sama, Surge datang di industri digital Indonesia dengan solusi untuk membagikan internet ke publik tanpa ada biaya di ekosistem digital Surge.

“Ide usaha Surge ialah memadukan free Wi-Fi dengan iklan. Surge mempunyai koneksi internet yang dibuat dari infrastruktur jaringan telekomunikasi yang dibuat di Pulau Jawa, selanjutnya diintregrasikan dengan advertising digital. Proses berikut yang membuat Surge bisa hasilkan penghasilan dari iklan atas pemanfaatan jaringan free Wi-Fi oleh penggunanya,” terang George.

Menurut dia, fokus utama dari Surge ialah digitalisasi lingkungan publik, dengan meningkatkan ide offline-to-online aset media dan aplikasi smartphone yang disokong jaringan infrastruktur internet yang digerakkan secara terintegrasi dan mandiri.

Ricky Ananda, Direktur Teknologi Surge, menjelaskan, bersamaan dengan perubahan teknologi, harga smartphone atau komputer sekarang lebih terjangkau untuk warga Indonesia. Hal itu membuat pemanfaatan data internet meningkat secara eksponensial, khususnya pada situasi pandemi saat ini.

“Yang akan datang, untuk mengakses internet di jaringan free Wi-Fi milik Surge harus gunakan aplikasi Linipoin. Selain mengakses internet, Linipoin tawarkan berbagai aktivitas misalnya: kuis, survei, gaming, dan bermacam aktivitas yang lain. Untuk user yang bisa mengumpulkan poin. Bisa menukarkan poin tersebut dengan bermacam hadiah di platform Linirewards” tutur Ricky.

Sebagai upaya mendukung perekonomian nasional, Surge sediakan aplikasi smartphone untuk transportasi massal, petani, dan marketplace yang berguna untuk warga dalam ekosistem digital Surge.

“Karena itu, Surge menyiapkan beberapa aplikasi yang bukan hanya menjadi media informasi, tapi dapat membantu dan memberikan fasilitas kepada masyarakat, diantaranya aplikasi “Sobattani” yang bisa memudahkan petani di perdesaan untuk menambah pemasaran hasil panen,” terang Ricky.

Yang akan datang, Surge bisa menambahkan tingkat kesadaran publik atas layanan seperti aplikasi dan tersedianya koneksi internet, dengan memakai aset media yang telah tersebar di transportasi publik, pasar, warung, dan bermacam lokasi yang lain.

Ditambah Ricky, Surge segera perdana (IPO) di Bursa Efek Indonesia, untuk perkuat modal kerja lewat dana publik.

Dengan langkah ini, diterangkan Ricky, Surge bisa meningkatkan kualitas layanan dan memperlebar ekosistem digital Perusahaan supaya memberi manfaat untuk warga, khususnya layanan publik seperti transportasi massal atau beberapa petani dan pedagang kecil.