Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Stadia pada akhirnya dipastikan hadir di platform berbasis iOS. Sesudah menjalani drama, bersama dengan beberapa pengembang yang lain, Google mengonfirmasi Stadia akan datang berbentuk aplikasi website melalui Safari. Cara ini mirip yang dilakukan oleh Microsoft dengan xCloud.

Seperti yang kita diketahui, layanan streaming game menghadapi kendala agar bisa eksis di platform iOS. Alasannya, peraturan Apple melarang aplikasi untuk menjalankan streaming game di platform-nya. Terakhir, Apple sedikit melunak. Tetapi perusahaan ini mewajibkan setiap game didaftarkan secara mandiri di App Store supaya bisa memperoleh ulasan dari pengguna.

Peraturan baru itu dianggap tidak menguntungkan. Microsoft saat itu mulai angkat bicara terkait peraturan tersebut. Karena itu, bukannya mendatangkan aplikasi xCloud di App Store, Microsoft pilih jalan aplikasi website untuk dapat eksis di iOS. Nah, Google juga begitu.

Walau cara ini telah didahului oleh Microsoft, Google nampaknya ingin mengambil start dari kompetitornya tersebut. Google mengatakan jika eksperimen Stadia di iOS akan berjalan dalam beberapa minggu ke depan. Sementara Microsoft akan memulainya pada tahun depan.

Dikutip dari TheVerge (20/11), uji coba ini nampaknya bersamaan dengan 1 tahun hadirnya Stadia. Google memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan Stadia. Sayang, sampai sekarang ini Google belum mengungkapkan berapa banyak orang yang telah mendaftar Stadia atau berlangganan Stadia Pro. Walau demikian, raksasa teknologi ini menjelaskan sudah mengenalkan lebih dari 80 game dalam 12 bulan belakangan ini. Perusahaan ini sendiri berencana untuk memberikan dukungan 135 judul game sampai akhir tahun ini.

Google umumkan jika game gratis pertama akan datang di Stadia. Ini menguatkan kabar jika game Destiny 2 segera dapat dimainkan oleh semua pengguna Stadia. Asalkan mempunyai akun, walau tidak berlangganan, game ini masih bisa dimainkan.

Beberapa fitur baru dikeluarkan Google untuk memancing minat pengguna Stadia. Diantaranya ialah kemampuan untuk berbagi game ke anggota keluarga yang terdaftar di Google Family Group. Secara singkat, walau seseorang tidak mempunyai game yang dibagikan, asalkan terdaftar di Google Family Group, mereka akan dapat memainkan game yang dibagikan tersebut.