Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Counterpoint Research telah mengeluarkan laporan terkini terkait smartphone 5G terlaris di seluruh dunia pada bulan September 2020. Tercatat, Huawei mempunyai jumlah perangkat yang sama dengan Samsung dalam 10 besar walau menghadapi tekanan dari seluruh sisi.

Laporan yang dikeluarkan Counterpoint Research itu benar-benar mengulas mengenai Top-10 5G Smartphone dan pangsa pasarnya secara global di bulan September. Dapat kita lihat, daftar ini mempunyai kurang lebih tujuh perangkat dari OEM asal Cina seperti Huawei, OPPO, Vivo dan Honor.

Hal tersebut terbilang lumrah, mengingat peluasan teknologi 5G di negara Tirai Bambu itu jauh berkembang pesat di depan dibanding banyak negara yang lain. Akan tetapi, yang mengagetkan yaitu kedatangan Huawei yang mempunyai tiga perangkat dalam daftar tersebut, sehingga sanggup mengimbangi kompetitornya, Samsung.

Persisnya, ada Huawei P40 Pro, Nova 7, dan P40, yang menduduki urutan ke-2, ke-3 , dan ke-5 dengan market share masing-masing 4,5%, 4,3%, dan 3,8%. Ini ialah tren yang sehat untuk perusahaan yang tengah menghadapi sanksi perang dagang di tempat lain.

Global Top 10 5G Smartphone Models

Source: CounterPoint

Hal menarik lainnya dan menjadi satu fakta yang dapat kita saksikan bersama, Huawei di pasar Cina tetap menjadi nomor satu. Tercatat, lebih dari 50% perangkat 5G memberikan total keseluruhan unit yang terjual di kuartal ketiga. Sementara, sub-brand miliknya, yaitu Honor memiliki Honor 30S yang ada dibagian bawah dengan pangsa pasar 2,8%.

Awal tahun ini, 5G masih tersedia hanya di sejumlah perangkat secara global. Maka dari itu, 5G belum menembus jauh ke banyak negara. Tetapi, bila kita ambil contoh Cina, teknologi 5G baru dikeluarkan pada Oktober lalu dan mereka sekarang siap memajukan 6G saat negara lain berusaha untuk mengadopsi 5G dengan lebih baik lagi.

Disamping itu, laporan Counterpoint Research memperlihatkan smartphone budget seperti OPPO A72 5G dan vivo Y70s 5G. Ini menunjukkan jika 5G sedang memasuki segmen yang terjangkau dan menyalahi gagasan mengenai “fitur premium”.

disebutkan dalam laporan tersebut, hal ini dapat timbul karena beberapa pabrikan chipset terus berlomba melahirkan SoC 5G kelas menengah. Laporan itu memperkirakan jika Apple akan memainkan peranan besar dalam mengkomersialkan 5G di Amerika Utara dan Eropa seusai merilis seri iPhone 12.

Lalu, smartphone 5G apa yang mempunyai market share tertinggi? Counterpoint menempatkan Galaxy Note 20 Ultra 5G milik Samsung menduduki posisi teratas dengan market share 5,0%. Dua perangkat Samsung yang lain yang masuk Top-10 5G Smartphone ialah Galaxy S20+ 5G dan Note 20 5G dengan market share 4,0% dan 2,9%.

Bagaimana juga, ini merupakan tren positif sebab ada lebih dari 200 model 5G sekarang ini dibandingkan pada kuartal satu 2020 yang hanya 50 model. Secara keseluruhan, perkembangan smartphone 5G sudah meningkat 300% pada kuartal tiga 2020 dibanding dengan kuartal pertama.

Dan saat perangkat 5G yang terjangkau dirilis, dan sukses terus mengundang perhatian dari banyak fans smartphone terbaru, andil perangkat 10 teratas dalam total keseluruhan penjualan 5G sudah berkurang menjadi 37% pada September dibanding dengan 93% pada Januari 2020.