Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Saat ini Samsung, raksasa elektronik asal Korea Selatan sedang dalam perjalanan untuk mengeluarkan smartphone flagship selanjutnya, seri Galaxy S21 di tahun 2021. Tetapi, sampai saat ini, Samsung belum benar-benar memperkenalkan SoC yang mendukung perangkat baru itu.

Bocoran awal yang tersebar di internet mengatakan jika chipset unggulan selanjutnya dari Samsung akan dinamakan Exynos 2100. Dan saat ini, sertifikasi terbaru menunjukkan jika seri Exynos lain kemungkinan sedang dalam tahap pembuatan oleh Samsung.

Seperti yang disampaikan oleh MySmartPrice, nama baru Exynos 981 sudah muncul di Bluetooth SIG Certification, yang disebut organisasi nirlaba berkaitan dengan standarisasi sebuah perangkat. Yaitu Samsung Cambridge Solution Centre (SCSC) yang disebut bagian dari Samsung Electronics yang sudah mengajukan daftar SoC tersebut.

Dari gambaran yang sudah dipublikasikan pada tanggal 30 Oktober 2020 lalu mengatakan jika Exynos 981 bisa dipadukan dengan solusi RF yang cocok untuk membuat solusi BT (Bluetooth) + WiFi. Chipset tersebut sudah mendukung Bluetooth 5.2.

Bila Samsung mengeluarkan seri Exynos terbaru itu dengan standard Bluetooth 5.2, jelas pasti ada sedikit kenaikan dari standar yang ada saat ini pada SoC Exynos 980 serta 990. Meskipun demikian, tidak ada informasi lebih lanjut mengenai chipset baru tersebut.

Bila kita ingat, SoC kelas menengah, Exynos 980 sudah mempunyai modem 5G yang terintegrasi serta ini ialah chipset pertama dari Samsung yang sudah didukung teknologi konektivitas 5G didalamnya. Selain itu, chipset itu diadopsi oleh OEM lain seperti Vivo yang mengembangkan vivo X30.

Cukup banyak pengamat teknologi, khususnya mereka yang bergelut di industri chipset mobile memprediksi jika Samsung akan kembali menempatkan Exynos 981 sebagai chipset kelas menengah ke atas. Berarti, chipset ini memang sengaja diproduksi oleh Samsung sebagai penerus Exynos 980.

Baca Juga: Jenis Jenis Topologi Jaringan Komputer

Tetapi, direktur Samsung Semiconductor China Research Institute, Dr. Pan Xuebao belakangan ini menjelaskan sesuatu yang cukup mengejutkan. Disebut, Samsung dalam kurun waktu dekat akan segera mengeluarkan Exynos 1080, chipset yang dibangun dengan fabrikasi 5nm.

Chipset atau SoC itu dijelaskan akan diletakkan di segmen menengah ke atas serta kemungkinan menjadi otak untuk smartphone kelas menengah. Akan tetapi, kita tetap harus menunggu serta melihat apa SoC Exynos 981 betul-betul nyata dan bagaimana posisinya (bila SoC 981 serta 1080 dikeluarkan dengan terpisah) di pasar.