Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Review Sony Xperia XA2 Plus, Harga dan Spesifikasi Terbaru di Indonesia; Diam-diam, belum lama ini Sony dikabarkan meluncurkan smartphone terbarunya dengan membawa nama Sony Xperia XA2 Plus. Hadirnya ponsel pintar yang satu ini diklaim sebagai varian lain dari deretan Xperia X2 Series setelah sebelumnya pabrikan asal Jepang tersebut sudah meluncurkan model Xperia XA2 dan XA2 Ultra pada Januari 2018 waktu lalu.

Pastinya, hal tersebut mengakibatkan beberapa spekulasi terkait dengan apa saja keunggulan yang ditawarkan Sony Xperia XA2 Plus ini. Ditambah lagi, dengan adanya embel-embel “Plus” pada nama ponsel tersebut jadi sudah pasti akan ada beberapa fitur tambahan yang sekiranya lebih tangguh dan canggih dari varian yang sudah diluncurkan sebelumnya. Selanjutnya, kurang lebih apa saja sih kelebihan yang dimiliki smartphone Sony Xperia XA2 Plus ini? Tentu, sebuah pertanyaan yang membuat publik kian penasaran.

Memang, kehadiran dari Sony Xperia XA2 Plus ini seolah memberikan efek kejutan. Bagaimana tidak? Pasalnya , mulai sejak dirumorkan akan meninggalkan bisnis smartphone, justru hadirnya ponsel ini menjadi satu titik terang kalau Sony belum sepenuhnya meninggalkan dunia bisnis smartphone. Nah, berkaitan dengan Sony Xperia XA2 Plus sendiri, perangkat yang satu ini betul-betul memiliki tampilan mewah khas Sony Xperia Series dengan layar seluas 6 inci Full HD+.

Tak sampai di situ, bahkan smartphone buatan Jepang ini pun juga dipersenjatai dengan Chipset Snapdragon 630 Octa Core yang ditopang dua varian RAM 6 GB atau 4 GB. Maka, akan memberikan performa yang kian lebih mumpuni dan responsif. Di sisi lain, tak lupa kamera utama 23 MP pun siap menjadi fitur andalan Sony dalam memanjakan para konsumen dengan hasil potret yang sangat memuaskan.

Spesifikasi dan Review Sony Xperia XA2 Plus

Sementara itu, untuk informasi mengenai spesifikasi dan harga Sony Xperia XA2 Plus selengkapnya, sobat-sobat bisa menyimak ulasan Maskodin.com di segmen-segmen berikut.

Desain Sony Xperia XA2 Plus

Melangkah di bagian pertama ini, Begawei sendiri bakal memulai pembahasan tentang sisi tampilan fisik maupun layar yang diusung fitur Sony Xperia XA2 Plus. Oke,langsung saja bahwa seperti kebiasaan Sony yang mengutamakan kemewahan, kini smartphone buatannnya tersebut pun juga hadir dengan balutan bodi yang mewah. Bukan tak ada lantaran mengingat smartphone yang menyasar kelas menengah ini hadir dengan bodi berdimensi 157 x 75 x 9.6 mm dan mempunyai bobot 205 gram.

Memang, sekilas tak nampak slim namun dengan struktur rangka bodi Sony Xperia XA2 Plus yang berbahan aluminium tersebut, tentunya dijamin bakal memberikan kenyamanan terhadap pengguna, terlebih saat mengoperasikan ponsel ini dalam satu genggaman tangan. Di satu sisi, bagian tampilan bodi pada Sony Xperia XA2 Plus tersebut nampak kelihatan begitu premium.

Ditambah lagi, dengan layarnya yang seluas 6 inci Full HD+ 1080 x 2160 pixels 18:9 ratio berpanel IPS LCD. Sehingga, bisa dipastikan dapat membuat tampilan visual dari layarnya mampu memperlihatkan daya pikat yang lebih jernih dan memukau. Bahkan, tak lupa bahwa pada sisi layar dari spesifikasi Xperia XA2 Plus ini pun juga telah dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang siap melindungi layar dari berbagai macam goresan secara maksimal.

Hardware dan Software Sony Xperia XA2 Plus

Sementara itu, bila melihat pada tempat picu dari detail Sony Xperia XA2 Plus, nampaknya akan jadi satu bidang yang sanggup menarik hati beberapa customer. Karena, dalam tempat picunya ini, Sony sudah lengkapi handphone garapannya itu dengan bermacam elemen kuat yang hebat. Diantaranya yakni diberinya chipset Qualcomm SDM630 Snapdragon 630 mana yang akan mendapatkan dukungan tenaga dari processor Octa Core berkecepatan 2.2 GHz.

Karena itu, benar-benar lumrah bila performa operasional dari hp ini bertambah lebih kapabel. Apa lagi, performa operasional itu akan disokong dengan 2 variasi RAM memiliki 6 GB atau 4 GB yang siap tempur memberi perform yang lebih agresif serta responsive, khususnya dalam hal multitasking.

Selain itu, Sony Xperia XA2 Plus juga menganakemaskan beberapa pemakainya dengan penampilan diagram memikat dengan memercayakan kartu grafis hebat berbentuk GPU Adeno 508. Disamping itu, untuk masalah basis operasi metodenya sendiri, dalam bidang jantung picu yang dibawa detail Sony Xperia XA2 Plus ini akan memercayakan OS Android Oreo.

Berkaitan dengan soal simpan menyimpan file, sepertinya menjadi objek fitur Sony Xperia XA2 Plus yang cukup menarik untuk dibahas. Lantaran, penyimpanan file memang menjadi salah satu kepentingan primer bagi setiap pengguna ponsel mengingat saat ini banyak pembeli yang menginginkan ponselnya mampu menyimpan file pribadi mereka.

Nah, melihat peluang tersebut maka Sony Xperia XA2 Plus bakal hadirkan dua macam penyimpanan mumpuni yang berkapasitas 32 GB atau 64 GB. Sehingga dipastikan kepentingan penyimpanan dari para pengguna bakal terjamin. Tak sampai di situ saja, bahkan memory internal yang diusung smartphone asal Jepang ini pun masih bisa ditambah atau diperluas via kartu SD hingga 400 GB.

Pastinya, dengan adanya fitur ruang penyimpanan tambahan tersebut maka pengguna Sony Xperia XA2 Plus bisa memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai macam file yang sekiranya membutuhkan kapasitas lebih besar. Dengan demikian, tak heran apabila bagian penyimpanan pada fitur Xperia XA2 Plus ini menjadi satu titik fokus yang menjadi perhatian dan dipertimbangkan pembeli.

Kamera Sony Xperia XA2 Plus

Sedangkan apabila berkaitan soal spesifikasi yang ditawarkan fitur Sony Xperia XA2 Plus, tentu akan berkaitan dengan barisan potografinya. Bukan tanpa alasan, lantaran bagian fotografi merupakan salah satu fitur yang wajib ada, terlebih di masa modern seperti sekarang yang mana banyak konsumen ingin mengabadikan momen pribadi mereka melalui bidikan foto ponsel.

Dari kepentingan atau keinginan konsumen tersebut jadi Sony Xperia XA2 Plus pun menawarkan teknologi fotografi berupa kamera utama 23 MP (f/2.0, 24mm, 1/2.3″), PDAF, LED flash. Diyakini, teknologi kamera yang diusung Sony tersebut bakal mampu menghasilkan foto yang sangat berkualitas dan jernih. Di satu sisi, tak lupa bahwa Sony Xperia XA2 Plus ini pun juga turut mengusung kamera depan dengan resolusi 8 MP.

Meskipun tak sebagus kamera utamanya, namun bagian kamera depan pada smartphone ini terbilang sudah mumpuni dalam membidik foto selfie dengan hasil yang memuaskan. Di satu sisi, tak lupa bahwa Sony Xperia XA2 Plus akan dibekali dengan fitur penunjang aktivitas fotografi, seperti Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, dan panorama. Bahkan, posisi kamera yang dibawa spesifikasi Sony Xperia XA2 Plus ini pun juga sanggup mengabadikan video dengan kualitas hingga [email protected]

Konektivitas Jaringan

Konektivitas Sony Xperia XA2 Plus segi lain, meninjau akan fitur Sony Xperia XA2 Plus di bagian konektivitas, tentu menjadi hal yang perlu untuk dipahami. Hal itu dikarenakan bagian konektivitas merupakan salah satu bagian yang berkaitan langsung dengan aktivitas pengguna terhadap ponsel itu sendiri.

Nah, salah satu fitur konektivitas yang diandalkan oleh Sony Xperia XA2 Plus ini yaitu pada sisi akses internetnya. Dimana, fitur pintar kelas menengah buatan Sony ini sudah memperoleh dukungan dari jaringan 4G Cat12 LTE yang diklaim mampu mencapai titik akses tercepat hingga 600/150 Mbps. Sehingga, dapat membuat para pengguna merasa dimanjakan saat berselam ria di dunia maya.

Di satu sisi, Sony Xperia XA2 Plus pun juga sudah dilengkapi slot Hybrid Dual SIM Card yang keduanya bisa dijalankan atau digunakan secara bersamaan guna menunjang aktivitas komunikasi. Sementara itu di sisi lain, fitur konektivitas jarak dekat pada Sony Xperia XA2 Plus pun juga sudah didukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, USB Type C, dan USB Host. Nah, selain itu, ada juga mode navigasi berupa A-GPS dan GLONASS yang benar-benar menjadi salah satu andalan dalam fitur Xperia XA2 Plus guna memudahkan pengguna saat menentukan titik lokasi.

Baterai Sony Xperia XA2 Plus

Beranjak di sesi terakhir dalam ulasan terkait spesifikasi Sony Xperia XA2 Plus, kini MASKODIN akan mempelajari bagian baterai yang diusung ponsel ini. Sebagaimana yang sudah diketahui secara umum, memang keberadaan baterai menjadi salah satu sumber inti. Mengingat, bagian baterai merupakan sumber suplai daya yang paling penting untuk menunjang kebutuhan daya dari tiap-tiap komponen.

Maka dari itu, Sony Xperia XA2 Plus pun menawarkan sebuah baterai yang dinilai cukup tangguh, ialah baterai dari tipe Li-Ion yang mana memiliki kapasitas daya hingga 3580 mAh. Melihat kapasitas baterainya tersebut, nampaknya dirasa sudah cukup bagus dan bisa bertahan selama 12 jam dengan penggunaan normal. Selain itu, baterai yang diusung fitur Sony Xperia XA2 Plus ini pun juga sudah dilengkapi fitur Fast Battery Charging yang dapat membuat lama waktu pengisian daya jadi lebih cepat dan efisien. Berikut Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia XA2 Plus :

Kelebihan Sony Xperia XA 2 Plus

  • Didukung jaringan 4G LTE
  • Hybrid Dual SIM Card
  • Dilengkapi fingerprint pada bagian belakang
  • Layar 6 inci
  • Resolusi Full HD+ 1080 x 2160 pixels
  • Panel IPS LCD
  • Pelindung Corning Gorilla Glass 5
  • Chipset Snapdragon 630
  • Prosesor Octa Core 2.2 GHz
  • RAM 4 GB atau 6 GB
  • GPU Adreno 508
  • OS Android Oreo
  • Memory internal 32 GB/64 GB up to 400 GB
  • Kamera utama 23 MP dan kamera depan 8 MP
  • Mode navigasi A-GPS dan GLONASS
  • Baterai Li-Ion 3580 mAh

Kekurangan Sony Xperia XA2 Plus

  • Baterai non removable
  • Slot kartu SD harus berbagi dengan slot SIM Card 2
  • Kamera depan non flash LED