Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Review Samsung Galaxy Note 10 Lite, harga dan spesifikasi terbarunya di Indonesia; Review gadget kali ini Maskodin.com berkesempatan menjajal smartphone terbaru, yaitu Samsung Galaxy Note 10 Lite, varian ekonomis dari Galaxy Note 10 yang sudah lebih dulu diluncurkan. Smartphone ini dilengkapi S-Pen yang menjadi kelebihannya serta tidak banyak dimiliki oleh merek ponsel lain.

Spesifikasi S-Pen biasanya banyak melengkapi perangkat tipe tablet, serta menjadi khas dari seri Galaxy Note Samsung. Selama dua pekan menjajal smartphone Rp 8 jutaan ini, ada sejumlah perbedaan dengan Galaxy Note 10 yang di bandrol di atas Rp 10 jutaan.

Review Samsung Galaxy Note 10 Lite

Berikut ini Review Samsung Galaxy Note 10 Lite yang Maskodin.com rangkum untuk Anda.

1. Kotak Penjualan

Samsung Galaxy Note 10 Lite dikemas dalam kotak berwarna hitam dengan gambar S-Pen presisi di tengah punya warna biru serta tulisan Note 10 Lite warna perak. Di bagian sisi kiri kotak terdapat tulisan Samsung Galaxy Note 10 Lite, di sisi bawah kotak memperlihatkan informasi singkat spesifikasi, nomor IMEI serta macam warna, ketepatan Maskodin menjajal warna aura glow. Sebagai catatan, Galaxy Note 10 Lite hadir dengan tiga varian warna, dua warna lainnya yakni aura red dan aura black.

Di dalam kemasan, Samsung membekali dengan sejumlah alat pendukung seperti pin ejektor atau pembuka slot kartu SIM/microSD, manual-book penggunaan, case, adaptor pengisi daya baterai 25W, serta USB Type-C to C. Selain itu, ada pencabut ujung untuk S-Pen beserta cadangannya, dan headset cable 3,5 mm.

2. Desain dan layar

Sebelumnya, Samsung tahun lalu meluncurkan dua seri Note, Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus, awal Februari menyusul Galaxy Note 10 Lite. Rangkaian smartphone tersebut tergolong baru untuk Samsung, pasalnya saat Galaxy Note 9, hanya muncul dengan satu versi dengan beberapa varian RAM/memori internal.

Galaxy Note 10 Lite didesain dengan lengkungan di setiap sudut yang membuat mobile phone ini nyaman digenggam. Dimensinya 163,7 x 76,1 x 8,7 mm dengan berat 199 g. Memang mempunyai bentuk ergonomis, yang disekelilingi dengan alumunium frame berwarna perak.

Pada sisi layar yang berukuran 6,7 inci Super AMOLED, seperti smartphone Samsung lainnya, terdapat tiga touch, ‘home’ di tengah, ‘kembali’ di kanan dan sebelah kiri tombol untuk melihat aplikasi yang pernah Anda buka. Lagi di atas hanya terdapat bulatan kecil untuk kamera depan, serta speaker untuk mendengar percakapan telepon. Sensor sidik jari yang cukup responsif juga ada di dalam layar.

Di sisi kanan mobile phone pabrikan asal Negeri Gingseng itu terdapat tombol pengatur volume dan pembuka kunci/power. Di sisi kiri satu slot untuk kartu SIM dan microSD, sebagai catatan, untuk memasang dual kartu SIM Anda harus mengorbankan microSD, lantaran kartu SIM kedua letaknya sama dengan microSD. Tapi dengan memori internal 128 GB, sudah cukup besar untuk penggunaan normal.

Dalam pengaturan pabrik, tombol kunci tidak memiliki fungsi power, namun jika ditekan agak lama Anda akan ditujukan ke spesifikasi pintar Bixby. Sedangkan untuk menemukan fungsi power, Anda mesti swap down, dan akan terlihat berdampingan dengan pengaturan. Namun, hal itu bisa diubah melalui pengaturan tombol.

Di sisi bawah smartphone, Anda akan menemukan lubang port USB Type-C, speaker, serta tempat penyimpan S-Pen, plus lubang headset 3,5 mm. Pada sisi belakang di pasang tiga kamera plus lampu flash, dan tulisan Samsung di tengah bawah. Desain bagian belakangnya cukup indah, lantaran bisa memantulkan cahaya dengan berbagai warna.

Secara keseluruhan, desainnya terlihat berbeda dengan Galaxy Note 10. Namun, bagian layar dan belakang smartphone cukup rawan bekas sidik jari, sehingga apabila tak rajin dibersihkan smartphone akan terlihat kotor.

Samsung membekali soft case bening, ini bisa digunakan untuk melindungi bodi smartphone. Jika ingin merasa lebih aman, Anda disarankan untuk membeli hardcase secara terpisah, agar smartphone lebih terlindungi. Termasuk layar yang disarankan dilapisi dengan pelindung tambahan.

3. Hardware dan Performa

Untuk mendukung performa Galaxy Note 10 Lite, Samsung membekalinya dengan chipset terbarunya, Exynos 9810. Chip baru itu dibangun di atas simpul proses 10 dengan chip grafis GPU Mali-G72 MP18. Chip yang diproduksi Samsung sendiri itu termasuk dalam seri 9 dengan kecepatan 2,9 GHz atau 40 % bisa semakin cepat dibandingkan chipset seri sebelumnya.

Fitur lainnya, Samsung Exynos 9810 memiliki deep learning yang memungkinkan ponsel dapat dengan mudah melakukan identifikasi objek pada foto melalui depth sensing. Otak smartphone ini juga mampu melakukan deteksi wajah melalui scanning wajah dalam format 3D.

Berbeda dengan chip yang dipasang pada Galaxy Note 10 yang mendukung teknologi 5G, Galaxy Note 10 Lite hanya mendukung jaringan 4G. Chip tersebut ditunjang RAM 8 GB dan memori internal 128 GB, yang meningkatkan fungsi produktivitas serta kinerja smartphone.

Untuk lihat konten video, grafis smartphone cukup detail dan nyaman di mata. Sedangkan digunakan bermain game cukup mulus, Maskodin mengunduh dua game yakni PUBG dan Mobile Legend, kedua game tersebut memiliki grafis tinggi. Dengan bantuan internet yang baik dan keterampilan yang mumpuni, Anda bisa jadi pemain yang terbaik di dalam game.

Namun, letak speaker di sisi bawah kanan dan lubang jack headphone di kiri cukup mengganggu, lantaran menghalangi tangan saat bermain game, oleh karena itu disarankan menggunakan headphone Bluetooth. Dan ketika dimainkan dengan waktu yang lama, ponsel ini tidak terasa panas, hanya sedikit hangat, namun masih wajar. Ponsel sudah menjalankan sistem operasi terbaru Android 10 plus One UI 2, yang memberikan tampilan user interface lebih segar.

4. Kamera

Galaxy Note 10 dibekali empat kamera belakang dengan satu pada bagian depan, sedangkan Galaxy Note 10 Lite hanya tiga kamera belakang, yakni lensa wide 12 MP aperture f/1.7, telephoto 12 MP f/2.4, dan ultra-wide 12 MP f/2.2, yang terletak di atas kiri berbentuk kotak tak bersudut. Sedangkan kamera depannya 32 MP f/2.2.

Kameranya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang bisa mendukung pemotretan Anda. Di kamera belakang dan depan terdapat fitur Fokus Live, Foto, Video dan Lainnya yang di dalamnya ada Pro, Panorama, Malam, Gerakan Super Lambat, Gerakan Lambat, Hyperlapse dan Makanan serta Emoji AR.

Hasil jepretan dengan kamera belakang cukup tajam dengan warna yang detail, juga bisa menangkap gambar meskipun dalam kondisi minim cahaya. Begitu pula di bagian depan, hanya saja sewaktu hasil gambar diperbesar, resolusi semakin pecah, namun itu masih wajar dan tidak begitu buruk apabila dibandingkan dengan perangkat yang memiliki harga serupa.

Fitur seperti Gerakan Lambat dan Hyperlapse sangat menarik, karena Anda bisa membuat konten video yang lebih dramatis dan bervariasi. Sementara dengan spek Emoji AR, Anda bisa berekspresi membuat karakter animasi berwajah mirip penggunanya.

Samsung menghadirkan beberapa pengaturan seperti warna kulit, rambut bahkan ada pula pilihan berhijab untuk wanita, pakaian, dan aksesoris seperti kacamata. Bukan cuma gambar, Emoji AR juga bisa digunakan untuk membuat video. Namun, respon animasi di video kurang maksimal, ekspresinya kurang bervariasi dan masih terlihat kaku.

Sementara efek bokeh yang dihasilkan cukup memuaskan, background yang buram terlihat kontras dengan fokus objek. Selain itu, untuk menghasilkan gambar yang maksimal, Anda disarankan menggunakan fitur Pro, lantaran terdapat beberapa pengaturan, seperti ISO, aperture dan lainnya yang bisa disesuaikan, tergantung kebutuhan Anda.

Kamera Galaxy Note 10 Plus sudah dilengkapi dengan teknologi AI, sehingga pengguna dapat mengabadikan moment bersama keluarga atau teman dengan hasil yang baik. Untuk memudahkan , Samsung melengkapinya dengan S-Pen yang bisa digunakan mengontrol kamera, baik mengambil gambar pindah fitur dan seterusnya.

5. S-Pen dan fitur lainnya

Fitur S-Pen-nya kurang lebih sama dengan Galaxy Note 10. Pencil digital Galaxy Note 10 Lite ini dilengkapi dengan teknologi Air Gesture, yang membuat S-Pen seperti tongkat sihir. Tidak cuman untuk menulis catatan di aplikasi Note, juga bisa digunakan untuk mengambil gambar jarak jauh dengan memencet tombol pada batang pensilnya.

Fungsinya bertambah banyak, bahkan tidak hanya mengambil gambar, Anda bisa menggerakkan S-Pen ke kiri atau kanan untuk menggeser fitur kamera dari Photo ke Video atau melihat hasil gambar. Menggerakkan ke atas atau ke bawah untuk mengganti dari kamera belakang ke depan, begitu pula sebaliknya. Bahkan dengan S-Pen, Anda bisa mengatur zoom in atau zoom out dengan memutar S-Pen ke kiri atau kanan.

Seperti pada Galaxy Note 9, S-Pen berfungsi untuk menggeser slide pada saat presentasi sebagai ganti pointer. Yang terbaru , hasil tulisan menggunakan S-Pen pada Galaxy Note 10 Plus bisa diubah menjadi tulisan layaknya mengetik dokumen di notebook atau Microsoft Word.

S-Pen memiliki beberapa fitur baru yang membuatnya semakin berguna, karena memiliki accelerometer dan giroskop sehingga dapat digunakan sebagai pengendali gerak. Gerakan standar membantu menavigasi UI dari kejauhan, sehingga S-Pen memiliki fungsi yang bisa membantu Anda dalam melakukan aktivitas keseharian.

Samsung membekalinya dengan Air Actions SDK, yang membuat pengembang aplikasi serta game bisa membikin customized kontrol yang memberikan pengguna kemudahan membuka aplikasi. Galaxy Note 10 Lite memperluas kemampuan Samsung Dex, Anda bisa menghubungkan smartphone dengan PC atau Mac. Dengan koneksi USB Type-C, Anda bisa drag and drop dokumen antar-perangkat, dan menggunakan aplikasi mobile.

6. Ketahanan

Galaxy Note 10 Lite memiliki sertifikasi IP68, sehingga smartphone tersebut tampak tangguh, serta anti debu dan percikan air. Sedangkan daya baterainya lebih besar dibandingkan dengan Galaxy Note 10 yang hanya 4.300 mAh, versi Lite berdaya 4.500 mAh.

Kapasitas daya baterai itu bisa menunjang aktivitas sepanjang hari penuh dengan penggunaan wajar seperti mengirim pesan WhatsApp, telepon, bersosial media serta mendengarkan musik. didukung dengan fast charging 25W, meski tidak didukung wireless charging. Dalam kondisi stand by, smartphone bisa bertahan selama dua minggu ketika didiamkan.

7. Persaingan

Galaxy Note 10 Lite adalah hp pilihan saat Anda tidak dapat beli Galaxy Catatan 10 sebab harga. Tetapi, seri ini menjadi bumerang untuk Samsung, sebab ada banyak merk lain dengan detail semakin tinggi yang harga sama atau cuman beda sedikit.

Saingan pertamanya ada Asus ROG Phone II yang dibanderol Rp 8,499 juta, hanya selisih Rp 300 ribu lebih mahal. Ponsel gaming ini dilengkapi dengan RAM 8 GB/128 GB, Snapdragon 855 Plus, baterai 6.000 mAh, yang memiliki desain ultramodern dengan dua kamera belakang 48 MP dan 8 MP, sedang kamera depan 23 MP.

Di merek lain ada Xiaomi dengan Black Shark 2 yang juga ponsel gaming. Dengan RAM 6 GB/128 GB, ponsel asal Cina ini dihargai Rp 5,999 juta, Black Shark 2 Pro dihargai Rp 7,999 juta plus gamepad serta Black Shark 2 Pro edisi terbatas Lava Orange dicap Rp 8,999 juta. Harga tersebut cukup bersaing dengan Galaxy Note 10 Lite dan Asus ROG Phone II.

Dari segi chipset, Black Shark 2 disenjatai Snapdragon 855 serta Black Shark 2 Pro dibekali Snapdragon 855 Plus, sama seperti ROG Phone II. Selain itu, ponsel pintar itu dilindungi dengan sentuhan langsung sistem liquid cool, sehingga Black Shark 2 bisa mengurangi suhu CPU ketika bekerja. Namun, yang diunggulkan pada Galaxy Note 10 Lite yaitu fitur S-Pen yang tidak dimiliki ROG Phone II dan Black Shark 2.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lite

  • Layar: 6,7 inci Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M color, screen-to-body ratio 86,6 %, resolusi 1080×2400 pixel serta aspek rasio 20:9
  • SoC/Processor: Exynos 9810 (10 nm), Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 dan 4×1.7 GHz Cortex-A55)
  • Grafis: Mali-G72 MP18
  • Memory/Storage: 8 GB/ 128 GB
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4.500 mAh baterei, Fast baterei charging 25W
  • Konektivitas: Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); Stylus (Bluetooth integration, accelerometer, gyro); Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot; Bluetooth; GPS; NFC; USB Type-C
  • Kamera: bagian belakang lensa wide 12 MP, f/1.7, telephoto 12 MP, f/2.4, ultra-wide 12 MP, f/2.2; kemera depan 32 MP, f/2.2
  • Sistem Operasi: Android 10.0 ; One UI 2
  • Harga: Rp 8,199 juta