Maskodin, Portal Berita Teknologi Terbaru – Berikut review realme Narzo, harga dan spesifikasi terbarunya di Indonesia; realme baru-baru ini mengeluarkan smartphone terbaru yang diprioritaskan untuk keperluan mobile entertainment golongan milenial.

Smartphone yang diberinama realme Narzo ini menjadi seri keluarga baru di jajaran smartphone realme.

Karena diprioritaskan untuk keperluan mobile entertainment seperti bermain game serta melihat video atau film, smartphone yang akan dibandrol dengan harga Rp 2.799.000 juta-an, realme Narzo ini nampaknya memiliki performa yang kuat (prosesor, tampilan, baterai serta charger).

Review realme Narzo

Seperti apa performa perangkat baru dari realme ini, langsung kita bahas review Gadget realme Narzo.

Desain

Desain cover belakang realme Narzo ini memperoleh inspirasi dari cahaya bulan yang terang serta gerhana yang magis.

Smartphone yang saya bahas ini mempunyai warna hitam yang terlihat begitu murni serta terlihat mewah. Dengan teknologi lapisanan optik baru, kecerahan serta saturasi warna meningkat sebesar 60% serta 50%, menciptakan efek visual yang cerah serta menarik.

Perangkat ini mempunyai ketebalan sebesar 6mm dengan berat seberat 191gram yang cukup nyaman untuk digenggam serta dioperasikan dengan 1 tangan.

Penempatan tombol di perangkat ini cukup sederhana dengan hanya ada 1 tombol disamping kanan yang berfungsi menjadi tombol power dan rumah untuk sensor sidik jari.

Disamping kiri ada 2 tombol yang memiliki fungsi menjadi volume rocker berdampingan dengan slot SIM card yang bisa memuat 3 kartu, 2 kartu untuk SIM serta 1 kartu untuk MicroSD.

Di posisi bawah ada lubang audio jack 3,5mm yang berjejer dengan port USB type-C dan lubang speaker serta mikrofon.

Di permukaan depan terlihat polos hanya ada 1 tampilan lubang yang ada di sudut kiri atas yang memiliki fungsi sebagai kamera depan.

Dibagian belakang ada modul 4 kamera yang tersusun dengan vertical dengan “rumah kamera” yang sedikit mencolok.

Signature logo realme tampil menawan dengan warna silver dibagian belakang smartphone ada simetris dengan susunan kamera.

Layar

Untuk penuhi keperluan hiburan, kualitas layar pasti jadi modal berjualan utama realme Narzo ini. Mempunyai Display 6,5 inci, layar smartphone ini mempunyai kecepatan refresh 90Hz. Berarti layar realme Narzo ini sanggup hasilkan 90 frame per detik.

Untuk dibawa nonton film serta video, layar realme Narzo ini sanggup memberi tampilan yang sangat nyaman di mata serta warna yang ditunjukkan cukup alami.

Smartphone ini diperlengkapi dengan Eye Protection yang dapat sesuaikan suhu warna layar, dengan meningkatkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi sinar biru layar, untuk menahan ketegangan mata. Bisa diatur dengan cara otomatis untuk aktif.

Dengan layar 90Hz, smartphone ini mempunyai refresh rate 50% lebih tinggi jika dibanding dengan layar 60Hz konvensional, menghasilkan pengalaman visual yang mulus serta halus tiap gesekan layar.

Layar perangkat ini diperlengkapi dengan rasio 20:9, resolusi FHD+ 2400x1080P, rasio screen-to-body 90,5%, kecerahan puncak 480 nits.

Yang menarik dari layar realme Narzo ini yaitu tersedianya Punch-hole Light Effect. Di mana tepi kamera depan akan menyala saat menggunakan fitur penguncian wajah atau kamera depan.

Untuk memenuhi keperluan hiburan supaya tampilan layar lebih nyaman di mata serta menampilkan Efek visual super jernih, realme Narzo diperlengkapi fitur OSIE yang dapat diaktifkan di menu setting.

Dapur Pacu

Kehadiran jeroan di smartphone realme Narzo menjadi kunci utama minat saya dengan perangkat ini. Pasalnya pada harga Rp2 juta-an, smartphone ini telah memakai prosesor MediaTek Helio G90T.

Maka tidak salah bila realme memusatkan perangkat ini untuk hiburan mobile khususnya untuk para gamers. Prosesor milik Mediatek ini telah menarik perhatian mobile gamer Indonesia.

Menurut hasil benchmark AnTuTu, Helio G90T memperoleh skor 281.033, sedang Snapdragon 730G memperoleh skor 220.000.

Saat saya pakai untuk bermain PUBG Mobile, realme Narzo memberi pengalaman gaming yang sesuai harapan. Grafik yang sanggup ditampilkan kedepannya dapat mencapai setelan smooth extreme. Tetapi untuk memperoleh settingan ini kalian harus update OS lebih dulu karena jika tidak sekedar akan mentok di smooth ultra saja.

Kekuatan gaming Helio G90T ini karena prosesor ini dibuat menggunakan proses 12nm, yang membuatnya lebih kuat dan efektif. SoC ini diperlengkapi dengan 2 core Cortex-A76 performa tinggi hingga 2.05GHz dan 6 core Cortex-A55 dengan tingkat efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan GPU 800MHz Mali-G76.

Dengan gabungan CPU terbaru, GPU, RAM super cepat, AI tangguh serta layar 90Hz, realme Narzo membuat pengalaman yang lancar untuk pecinta game mobile.

Menurut pengukuran yang dilakukan memakai aplikasi GPU Benchmark, realme Narzo ini sanggup menghasilkan skor 889200.

Digabungkan dengan RAM sebesar 4GB serta penyimpanan internal sebesar 128GB, melakukan aktivitas multitasking cukup ringan di perangkat ini. Apa lagi smartphone ini dibalut dengan realme UI Berbasiskan Android 10 untuk pengoperasiannya.

realme UI ini menurut saya salah satu antarmuka yang cukup stabil serta nyaman dipakai, pun tidak mengonsumsi banyak memori dalam pengoperasiannya.

Baterai

Untuk mendukung keperluan menikmati hiburan memakai perangkat ini, realme menyematkan baterai sebesar 4.300mAh yang bisa terisi penuh dalam kurun waktu 60 menit. Serta hanya dalam 30 menit, bisa isi kapasitas baterai hingga 70%.

Bahkan juga saat bermain game yang berat, 30W Flash Charge bisa mengisi daya hingga 55% hanya dalam 60 menit.

Kecepatan pengisian baterai ini karena realme Narzo memberikan dukungan pengisian 30W Flash Charge. Tapi harus diingat, dalam kotak penjualan, realme Narzo dilengkapi dengan kabel pengisian 20W. realme Narzo mendukung pengisian daya 15W PD, membuatnya lebih serbaguna.

realme mengatakan jika algoritma pengisian ditingkatkan untuk realme Narzo meliputi 5 lapisan pelindungan keamanan serta memberi pelindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk semua proses pengisian.

Kamera

Meskipun diprioritaskan untuk penuhi keperluan hiburan, kehadiran kamera di realme Narzo ini tidak dapat diremehkan.

Pada harga yang hanya Rp2 juta-an, pemakai realme Narzo semestinya dapat berbangga hati mempunyai smartphone ini, karena telah diperlengkapi dengan 4 buah kamera yang terbagi dalam 8MP 119 ° ultra-wide-angle, kamera utama 48MP, lensa potret B&W serta lensa makro masing-masing 2MP.

Dengan 4 kamera tersebut, pengguna realme Narzo tentunya bisa mendalami kemampuan fotografi dengan lebih baik.

Resolusi yang dapat diciptakan oleh kamera 48MP ini maksimal mencapai 8000×6000. Jadi bisa terbayang detail gambar yang dapat dihasilkan.

Untuk yang menyukai membuat konten video untuk diunggah di media sosial, realme Narzo sangat dapat diandalkan. Kamera depan serta belakang realme Narzo memberikan dukungan banyak fitur video seperti Stabilisasi Video UIS, Video Ultra Wide-angle, perekaman video 4K/30fps serta perekaman video slo-mo 1080P/120fps 720p/240fps.

Selain kamera belakang, kamera depan realme Narzo dapat juga lakukan perekaman video slo-mo dengan resolusi 120fps.

Kamera depan perangkat ini mempunyai kapasitas resolusi 16MP dengan aperture F2.0, dan ditambahkan mode kecantikan pintar serta Efek Bokeh. Jadi buat yang menyukai mengekslorasi parasnya sendiri sudah bisa difasilitasi dengan realme Narzo. Buat yang tidak menyukai AI Beauty Selfie, bisa menonaktifkannya dengan menggeser ke arah kiri untuk ikon AI Beauty yang ada di layar.

Fitur Lain

Kembali lagi mengulas masalah harga, untuk smartphone di kisaran harga ini, fitur yang disediakan realme cukup banyak. Sebutlah saja ada pemindai sidik jari.

Pemindai sidik jari realme Narzo yang diletakkan disamping dan berfungsi menjadi tombol power ini memiliki respon yang cepat. Hanya 2,9 detik saja sensornya bisa membaca sidik jari pemakainya.

Selain itu, realme Narzo mempunyai kemampuan untuk tahan air. Seluruh port smartphone kedap air dengan segel silikon, efektif menahan percikan air. Tetapi ingat, ini hanya untuk percikan air ya, bukan untuk direndam di air.

Harus diingat jika realme Narzo versi Indonesia datang lebih baik dalam soal spesifikasi dibanding realme Narzo di India. Seri terbaru realme Narzo ini hanya ada di online saja.

Spesifikasi dan Harga realme Narzo Terbaru

Ukuran LayarIPS LCD 6,6 inci Full HD Plus (2.400 x 1080 piksel, 90 Hz), Corning Gorilla Glass
System-on-ChipMediaTek Helio G90T
RAM 4 GB
Storage128 GB
Kartu SIMDual Nano SIM (SIM1, SIM2)
Kamera Depan16 MP
Kamera Belakang48 MP kamera utama
8 MP kamera ultrawide
2 MP kamera macro
2 MP kamera B&W Portrait
Baterai4.300 mAh, fast charging 30 watt
Sistem OperasiAndroid 10, realme UI
Tipe konektorUSB Type-C
BiometrikPemindai sidik jari (menyatu dengan tombol daya)
WarnaHitam dan putih
HargaRp 3 juta