Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Berikut review Lenovo Vibe C, harga dan spesifikasi terbarunya di Indonesia; Sesudah mengeluarkan seri Vibe K4 Note serta K5 Plus yang mengunggulkan teknologi VR, sekarang Lenovo kembali lagi mengeluarkan smartphone dijajaran seri Vibe yang termurah, yaitu Vibe C. Mempunyai codename A2020, Vibe C adalah suksesor smartphone yang sebelumnya cukup sukses, yaitu seri A2010.

Review Lenovo Vibe C

Bagaimana spesifikasi dan review dari Lenovo Vibe C ini? Baca reviewnya di bawah ini.

Kelebihan:

  • Desain Oke
  • Mendukung Konektifitas 4G LTE
  • Memori Internal 16GB

Kekurangan:

  • Layar standar
  • Kamera tidak dilengkapi autofokus
  • RAM hanya 1GB

Desain

Secara bentuk Vibe C sama dengan produk yang banyak telah beredar dipasaran. Mempunyai material plastik yang cukup berkualitas, membuat tidak terlihat murahan walau dibandrol dengan harga yang termurah diseri ini. Menampatkan sebuah lis memiliki nuansa metal melingkari sisi bodi depan, membuat kesan handphone ini makin menawan.

Dibanding perintisnya, Vibe C mempunyai bentuk yang sangat cocok ditangan memakai layar 5 inci tetapi masih nyaman saat pengguna menggunakan baik dengan 1 atau 2 tangan. Apa lagi dirancang dengan desain yang cukup ergonomis memberi pengalaman yang pas dalam pegangan.

Lenovo tempatkan port microUSB pada bagian atas body, berdampingan dengan jack audio 3.5mm. Sedang tombol power serta volume ada di sisi kanan body. Seluruh tombol dapat dengan mudah dijangkau dengan jemari tangan saat menggengamnya.

Layar

Memiiki ukuran layar yang cocok hp ini sangat pas baik untuk browsing, bersosial-media maupun main game. Tetapi, teknologi layarnya masih memercayakan model lama, juga resolusi hanya 480×854 piksel.

Memakai layar jenis TFT-TN tampilannya cukup baik saat digunakan di dalam ruangan, tetapi sayang kurang optimal saat digunakan di bawah terik cahaya matahari. Karena itu saat dipakai di kondisi ini pengguna harus mengatur kecerahan dengan maksimal sehingga pengguna masih bisa memakainya dengan nyaman.

Cerita mengenai respon layar, kami mendapati respon yang bagus saat bernavigasi pada layarnya. Memberikan dukungan multitouch 2 poin pada layar. Menulis SMS, Chat atau bernavigasi lewat kerakan tangan slide, tap atau pinch tidak jadi masalah, arena semua bisa digerakkan dengan baik.

Performa

Bila pada produk pendahulunya A2010 memakai MediaTek MT6753, maka di Vibe C sekarang memakai chipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan kekuatan quad-core kecepatan 1,1GHz. Ke-2 nya sebetulnya mempunyai kemampuan yang tidak berbeda jauh. Sedang untuk menangani grafisnya Vibe C menggunakan Adreno 304, disokong juga dengan RAM 1GB, kelihatannya smartphone ini masih termasuk ketinggalan, mengingat banyak smartphone saat ini banyak yang memakai RAM 2GB.

Sedang untuk memori internalnya pengguna harus senang mendapatan kapasitas 16GB, bila kurang pengguna masih bisa manfaatkan slot microSD untuk menambahnya melalui memori eksternal. Dengan ini bisa lebih banyak menampung file musik, film, aplikasi maupun permainan.

Diuji menggunakan aplikasi Antutu Benchmark, Lenovo Vibe C sanggup mendapatkan score AnTuTu sampai 21ribu-an. Sedang saat dipakai untuk bermain game dengan detail grafis tinggi seperti Asphalt 8: Airborne, smartphone ini kurang begitu tangguh. Jadi kami anjurkan untuk mainkan game-game yang tidak memerlukan grafis tinggi.

Berbicara masalah kemampuan baterai, Vibe C telah dilengkapi dengan baterai sebesar 2300mAh. Dengan kemampuan ini maka manajemen daya dari hp mampu menyuplai daya yang lumayan lama. Pada saat baterai terisi penuh, pengguna bisa memakai smartphone dalam jangka waktu lebih 7 jam, untuk pemakaian normal.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, saat kami rasa Vibe C memberi kenyamanan saat menggunakannya. Performa ponsel ini mampu menjalankan multitasking saat kami aktifkan beberapa aplikasi sekaligus.

Kamera

Sebagai smartphone yang dibandrol dengan harga yang relatif murah, sepertinya anda jangan begitu mengharapkan smartphone ini mempunyai resolusi kamera yang tinggi, karena untuk kamera belakang, Lenovo Vibe C hanya dilengkapi dengan resolusi 5 MP sedang untuk kamera depan dibekali dengan lensa kamera 2 MP.

Baca Juga: Acer ConceptD 300 – Desktop PC Gahar Untuk Desainer

Di dalamnya pengguna akan disuguhkan beberapa fitur. Sebutlah saja efek foto (sepia, mono, negatif, posterisasi, dll), selain itu pengguna masih tetap bisa memakai mode Panorama. Dilengkapi dengan lampu flash LED untuk kamera belakang Lenovo berharap bisa membantu pengguna untuk memperoleh hasil yang baik pada saat pengambilan gambar objek pada malam hari atau keadaan lowlight.

Hasil foto untuk kondisi tertentu terlihat kurang fokus, gambar yang dihasilkan juga tidak maksimal dengan reproduksi warna yang kurang maksimal. Sedang saat dipakai untuk foto selfie hasilnya masih termasuk baik. Bukan hanya untuk mengambil foto, kamera pada handphone ini termasuk bagus saat dipakai untuk perekaman video dengan ukuran maksimal HD 720p. Sayang kualitas yang dihasilkan tidak sebagus saat memakai kamera untuk mengambil foto.

Konektivitas

Walau bandrol harga murah, tetapi Vibe C memiliki teknologi jaringan yang termasuk mumpuni. Jaringan 4G LTE bisa dipakai untuk mengakses semua internet baik saat memakai kartu sim card yang ada untuk slot pertama atau ke-2 (miniSIM dan microSIM). Fitur koneksi yang lain seperti smartphone yang lain, Vibe C masih mempunyai koneksi WiFi, Bluetooth, serta kabel data MicroUSB.

Harga

Smartphone Lenovo Vibe C ini dibandrol dengan harga Rp 1.299.000.

Spesifikasi Singkat Lenovo Vibe C

KriteriaSpesifikasi
4G Network4G LTE
OSAndroid
RAM1 GB
ROM16 GB
Tipe Memori EksternalmicroSD
Jumlah CoreQuad Core
Kecepatan CPU1.2 GHz
Ukuran Layar5 inci
Screen Resolution1280 x 720 Pixel
Resolusi Kamera5 MP
Resolusi Kamera Depan 12 MP
Kapasitas Baterai2300 mAh
OS Version5.1.1
Detail ProsesorMSM8909 Snapdragon 210
GPUAdreno 305