Ratusan Data Petinggi Perusahaan Dibobol Hacker

  • 1 min read
  • Dec 01, 2020
Ratusan Data Petinggi Perusahaan Dibobol Hacker

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Hacker selalu berupaya memanfaatkan beragam cara untuk dapat mengelabui korbannya. Beberapa salah satunya berhasil memperoleh beberapa data penting dari para korbannya. Bahkan juga beritanya, beberapa hacker mulai menjual ratusan data dari beberapa petinggi di banyak perusahaan.

Akun-akun yang dipasarkan beritanya adalah akun email Microsoft dari kalangan CEO, wakil presiden dan direktur. Target-target ini dikenali berawal dari perusahaan software kelas menengah di Amerika, presiden dari perusahaan pembuat pakaian dan CFO dari satu perusahaan retail di Eropa.

Dikutip dari Engadget (30/11), beberapa data ini terlihat dipasarkan di forum bawah tanah Rusia pada harga yang beragam, dimulai dari USD100 sampai USD1500, bergantung nilai dalam data itu. Beberapa hacker ini diprediksikan sukses mengambil data dari komputer korbannya yang terkena trojan AzorUlt.

Beritanya dua dari sekian banyak data tersebut telah dikonfirmasi kebenarannya. Tipster yang tidak dijelaskan namanya mengatakan sudah menyampaikan penemuan ini ke beberapa perusahaan yang menjadi korban penjualan data tersebut.

Pencurian kredensial login untuk e-mail perusahaan dapat menimbulkan kerugian para pejabat serta karyawan perusahaan yang berkaitan. Pasalnya beberapa data ini bisa digunakan untuk melakukan scam untuk memperoleh keuntungan untuk para hacker. Bahkan juga tidak menutup kemungkinan jika informasi akun yang bocor itu dipakai untuk melakukan pemerasan pada beberapa pihak tertentu.

Bukan hanya sampai di sana, beberapa hacker disampaikan bisa mencari akun lain dengan memanfaatkan akses yang bisa menerobos fitur keamanan ganda, seperti two-factor authentication. Bila sudah sampai pada tahap ini, aktivitas peretasan itu bukan hanya akan dilakukan di tahap CEO satu perusahaan saja, tetapi melebar ke beragam kalangan di perusahaan tersebut.