Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Bocoran terakhir prosesor terbaru Intel Alder Lake, kembali lagi mencuat ke publik. Kesempatan ini, giliran konfigurasi inti dari prosesor tersebut yang sukses mencuat. Dalam beberapa bocoran sebelumnya, didapati jika keluarga Intel Alder Lake secara resmi sudah dikonfirmasi menjadi keluarga Core Generasi ke-12 serta akan dirilis pada kurang lebih akhir 2020. Tetapi, kelihatannya rencana ini harus diundur sampai 2022 mendatang.

Estimasi IPC untuk keluarga Alder Lake diharapkan akan meningkat 35-50% bila dibanding dengan keluarga Skylake (keluarga CPU Generasi ke-10) serta 10-20% di atas keluarga Tiger Lake (Willow Cove Cores).

CPU Alder Lake disebut-sebut akan dilengkapi dengan 32 Execution Unit Gen 12 yang sama dengan 256 core. Sedang untuk GPU kemungkinan akan memakai GPU Xe berbasis Gen 12.

Dan untuk SKU, jajaran Intel Alder Lake diharapkan bisa datang dengan konfigurasi berikut :

  • 8/16 + 8 (Core i9)
  • 8/16 + 4 (Core i7)
  • 6/12 + 4 (Core i5)
  • 6/12 + 0 (Core i3 / Pentium)

Dua angka pertama merupakan seperti prosesor Intel pada umumnya, yaitu x core serta x thread. Sedang angka terakhirnya merupakan inti Gracemont. Menurut isu, Core i9 teratas atau semua jajaran Generasi ke-12 akan mengikutsertakan inti Atom Gracemont sebagai bagian dari jumlah thread keseluruhan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi MYOB Accounting

Intel merencanakan untuk memasang iklan ini sebagai prosesor “Hybrid Threading Enabled”. Tetapi, info tentang masalah ini masih ditutup rapat oleh Intel sampai sekarang ini.

Dan yang sangat menarik ialah Intel nampaknya mulai akan menggerakkan jajaran Core i3 mereka dengan inti lebih dari 4 core dan telah memberikan dukungan Hyperthreading. Kemungkinan, AMD sudah sukses menggerakkan Intel agar bisa mengejar ketertinggalan mereka.