Awal Musim Baru, PUBG Mobile Jadi Sasaran Phising

  • 2 min read
  • Nov 26, 2020
PUBG Mobile Jadi Sasaran Phising

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Kegiatan phishing dapat terjadi kapan pun, dimanapun dan berbentuk apa saja. Kali ini, game terkenal PUBG Mobile dilaporkan jadi sarang serangan phishing dengan dimulainya musim baru dalam game tersebut.

Phishing dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan berlangsung di mana saja, bahkan juga di dunia game. Belakangan ini, Kaspersky memberikan laporan penemuan aktivitas phishing di game PUBG Mobile. Munculnya phishing ini diduga sejalan dengan musim baru dalam game PUBG, yaitu Metro: Exodus.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, PUBG Mobile mendapat update untuk memasuki musim baru dari hasil crossover dengan Metro:Exodus. Pada musim baru ini, pemain akan memperoleh beragam item baru, munculnya monster seperti di game Metro: Exodus sampai skin baru. Hal inilah yang digunakan oleh para pelaku phishing untuk menjerat korbannya.

Kaspersky melaporkan minimal ada 260 kegiatan phishing yang dideteksi. Pelaku menawarkan kesempatan pada korbannya untuk mendapatkan item baru. Nah untuk memperoleh hadiah tersebut, calon korban hanya butuh mengirim detail login akun game mereka melalui profil Twitter atau Facebook. Tetapi, login profil tersebut diatur supaya tidak berhasil.

Selanjutnya pelaku phising akan meminta korban untuk memasukkan informasi yang lain, seperti username dalam game, nomor telepon sampai detail informasi pribadi yang lain. Mengakibatkan, para pelaku phising bukan hanya memperoleh akun sosial media korban, namun juga data pribadi korbannya. Ini dijalankan agar bisa menjual kembali akun game korbannya untuk memperoleh keuntungan.

“Para pelaku kejahatan siber dengan jelas mempersiapkan diri mereka dengan benar-benar baik untuk menyongsong musim permainan baru. Halaman phishing yang kami temukan direncanakan dengan benar-benar meyakinkan korban, baik di dalam desain atau antar-muka, yang biasanya benar-benar familiar untuk para gamer,” kata Tatyana Shcherbakova, ahli keamanan di Kaspersky.

Karena itu, harus dipahami untuk para pemain PUBG Mobile supaya tidak mengikuti undian berbentuk apapun di luar situs atau game yang berkaitan. Bukan hanya itu, jangan malas untuk mengecek inbox di dalam game. Umumnya para pengembang game akan memberi teguran ke para penggunanya berkaitan dengan aktivitas phising ini.