Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru | Penghasilan kuartal ke-3 (Q3) perusahaan induk Google, Alphabet, bertambah 14% dari tahun sebelumnya, yang didukung oleh penghasilan iklan Google serta YouTube. Divisi periklanan Google mencatat penghasilan sekitar $37,1 miliar, meningkat dari $34 miliar tahun kemarin. Penghasilan iklan YouTube bertambah 30% dari $3,8 miliar pada kuartal ke-3 2019.

YouTube dilansir dari The Verge, Jumat, (30/10) mendatangkan $5 miliar penghasilan iklan pada kuartal ke-3 tahun 2020, ini mengisyaratkan advertiser mulai berlahan kembali pada rutinitas normal, seusai wabah Covid-19 menempa dunia.

Ruth Porat, CFO Alphabet serta Google mengutarakan kebahagiaanya pada pengiklan yang belakangan mulai berkembang dengan berlahan, “Kami suka dengan pengiklan yang selama ini betul-betul mengaktifkan budgetnya pada kuartal ke-3 ini,” kata Ruth Porat.

Ini sebagai pemberi tanda jika customer ingin tumbuh kembali lagi seperti yang lalu, seperti saat sebelum pandemi terjadi, “Perkembangan berdasarkan waktu tonton yang kuat di YouTube memungkinkannya advertiser saat ini ingin lebih mencapai penonton yang tidak bisa dicapai di TV. Perusahaan sudah melakukan investasi dalam moderasi konten untuk memastikan kreator dan pengguna di YouTube mempunyai pengalaman yang jauh lebih positif,” sambungnya.

Penghasilan Google Q3 Meningkat Dari Q2

Disamping itu CEO Google Sundar Pichai dalam sebuah keterangan menerangkan penghasilan ini begitu kontras dengan kuartal ke-2 tahun 2020 yang condong mengecewakan, di mana penghasilan Google turun untuk kali pertamanya, dan untuk tahun ini penghasilan Google Q3 meningkat pesat.

Baca Juga: Hero Terbaik Untuk Solo Rank Mobile Legends Season 18

“Kuartal ini, Google kembali lagi tumbuh, dengan penghasilan $46,2 miliar pada kuartal ke-3 , naik dari $40 miliar tahun kemarin, serta keuntungan bersih $11,24 miliar, naik dari $7,06 miliar tahun kemarin,” bebernya.

Disamping itu pada departemen Google lainnya, yang menyangkut perangkat keras, layanan cloud serta playstore mempunyai pendapatan $5,4 miliar, naik dari $4 miliar. Divisi Cloud Google mempunyai penghasilan $3,44 miliar, naik dari $ 2,3 miliar tahun kemarin, serta segmen Pencariannya mempunyai penghasilan $26,3 miliar, naik dari $24,7 miliar.