Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Tehnologi modern, khususnya untuk bagian komunikasi, telah makin hebat. Ini bisa disaksikan dari hadirnya beberapa jenis pengembangan berkaitan tehnologi info serta komunikasi. Satu diantara produk kenyataannya ialah kedatangan internet.

Kedatangan internet memungkinkannya seorang bisa terkait dengan seluruh orang di dunia. Bahkan juga proses komunikasi bisa dilaksanakan dengan real-time lewat jaringan internet.

Dalam jaringan internet, diketahui istilah-istilah. Beberapa salah satunya yakni LAN, MAN, WAN. Berikut penjelasan dari apakah itu arti pengertian jaringan LAN MAN WAN dan dengan kekurangan serta kelebihan jaringan LAN, MAN, WAN tersebut.

Pengertian LAN

Local Area Network (LAN) ialah satu jaringan komputer yang hanya meliputi area lokal saja. Berarti, jaringan ini hanya bisa dipakai sama pemakai di area LAN. LAN menyambungkan piranti ke jaringan internet lewat perangkat jaringan simpel.

Dalam jaringan LAN umumnya diketemukan kabel UTP, Hub, Switch, atau Router. Contoh dari jaringan ini ialah komputer-komputer di sekolah, perusahaan, atau warung internet. Jaringan untuk area yang terbatas itu umumnya adalah jaringan LAN.

Selaku jaringan dengan area lokal, LAN memiliki beberapa karakter yang gampang untuk dideteksi. Berikut beberapa salah satunya:

  • Tidak memakai jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  • Jaringan LAN umumnya dipakai untuk kebutuhan individu.
  • Administrasi untuk jaringan LAN dilaksanakan lewat administrasi lokal.
  • Dalam jaringan LAN umumnya ada 1 komputer yang berperan selaku server yang bekerja untuk mengendalikan skema supaya berjalan normal.

Fungsi Jaringan LAN

Jaringan LAN mempunyai fungsi-fungsi serta keguanaan spesifik. Di bawah ini ialah peranan dari jaringan Lan.

1. Menyambungkan 2 Komputer atau Lebih

Jaringan LAN dipakai untuk menghubungan 2 komputer atau lebih bagus dengan cara langsung atau media penghubung. 2 komputer bisa dikaitkan langsung memakai kabel UTP yang terhubung di ke-2 komputer.

Sesaat untuk menyatukan banyak komputer, kita memerlukan piranti lain misalnya Switch ataujuga Hub.

2. Mengalihkan File dari 1 Komputer ke Komputer Yang lain

Dengan memakai jaringan LAN, kita tak perlu bolak balik memasukkan flash disk dari komputer 1 ke komputer yang lain. Dengan LAN kita bisa lakukan perpindahan data lewat cara share untuk komputer.

3. Share Printer

Selain share data, jaringan LAN memungkinkannya pemakainya untuk share printer. Ini akan mempermudah semua pemakai serta menghemat biaya.

Cara yang perlu dilaksanakan yakni dengan membagi driver printer yang berada di Control Panel. Sesudah diberikan (ke semua pemakai), printer bisa digunakan dengan bersama tak perlu mengalihkan komputer atau printer.

Baca Juga: Honor V40 Rilis Dengan Dua Varian Chipset

Tentang peranan ini kemungkinan kita kerap menyaksikannya di warnet, sewa komputer serta print-an. Demikian file siap, kita bisa cetak file sama opsi printer yang ada.

4. LAN Chatting

Jaringan LAN dapat digunakan untuk kirim pesan antar komputer untuk area LAN. Kegiatan ini bahkan juga bisa dilaksanakan tak perlu tersambungsi ke internet walau nanti jaringan LAN tetap nampak online.

Untuk jalankan LAN Chatting, Anda bisa memakai program bawaan Windows seperti winchat.exe atau memakai piranti lunak LAN Chatting yang lain.

5. Remote Komputer

Beraktivitas remote dalam satu komputer bisa memakai piranti lunak seperti TimViewer. Namun, piranti lunak itu hanya bisa kerja saat komputer terhubung ke internet.

Dalam jaringan LAN, Anda bisa lakukan remote tak perlu tersambungsi ke internet. Anda bisa manfaatkan feature Remote Desktop Manajer/Connection yang telah disiapkan Microsoft. Anda juga bisa mengatur komputer dalam jaringan LAN.

LAN hanya meliputi area yang kecil. Dengan lingkupnya ini, pasti LAN memiliki kekurangan serta kelebihan tertentu. Berikut kekurangan serta kelebihan dari LAN.

Kelebihan LAN

  • Karena jangkauannya yang hanya meliputi area kecil, LAN tidak menguras terlalu banyak biaya. Selain itu, kabel yang dipakai juga tidak begitu panjang. Ini semakin lebih menghemat biaya.
  • Lewat LAN, jaringan transfer data antar node akan berjalan secara cepat.
  • Jaringan LAN tidak memerlukan operator telekomunikasi agar bisa membuat jaringan.

Kekurangan LAN

  • Luas daerah jaringan terbatas. Ini karena LAN hanya meliputi area lokal saja.

Pengertian MAN

Metropolitan Area Network (MAN) ialah satu jaringan komputer yang bisa meliputi area yang lebih luas serta memakai tehnologi yang lebih hebat dari LAN. Jaringan MAN adalah kombinasi beberapa jaringan LAN mana yang mencapai sampai 10 s.d. 50 km.

Jaringan MAN pas digunakan untuk membuat jaringan antar perkantoran atau lembaga yang pada sebuah kota. Umumnya MAN digunakan untuk menyambungkan lokasi-lokasi seperti perkantoran, universitas, pemerintah, dan lain-lain.

MAN dipakai karena kecepatan transfer data yang dipandang tinggi serta proses instalasi yang tidak begitu susah. Dalam MAN, diperlukan operator telekomunikasi yang bisa menjadi penghubung antar jaringan komputer.

MAN sendiri memiliki karakter seperti berikut:

  • Mencakup area yang lebih luas dari LAN, yaitu 10 sampai 50 km.
  • Satu MAN biasanya tidak dipunyai sama 1 organisasi. MAN biasanya dipunyai sama satu diantara konsorsium pemakai atau sama penyuplai service jaringan yang sediakan servis ke pemakai.
  • MAN bertindak selaku jaringan berkecepatan tinggi hingga memungkinkannya untuk share sumber daya wilayah. Ini juga kerap dipakai untuk menyiapkan jaringan bersama-sama.
  • Sekalinya MAN semakin besar dari LAN, tehnologi yang digunakan umumnya sama juga dengan LAN.
  • MAN hanya mempunyai satu atau 2 buah kabel serta tidak mempunyai komponen switching yang berperan untuk mengendalikan paket lewat beberapa output

Fungsi MAN

Jaringan MAN memiliki peranan untuk penuhi keperluan internet pada suatu perusahaan. MAN akan memudahkan pembagian serta akseptasi data atau info. Ditambah lagi pemfokusan data untuk MAN semakin lebih gampang dilaksanakan.

Lewat jaringan MAN, satu perusahaan bisa lakukan aktivitas berganti info baik lewat Video Konferensi, E-mail, atau chat yang dilaksanakan dengan real time dengan menggunakan bandwith lokal.

Jaringan MAN memiliki plus minus tertentu. Berlkut ini ialah kekurangan serta kelebihan jaringan Metropolitan Area Network atau MAN.

Kelebihan MAN

  • MAN memiliki area jangkauan yang lebih luas dibanding LAN. Ini karena MAN bisa meliputi area 1 kota. Ini membuat komunikasi dengan jaringan MAN bertambah lebih efektif.
  • Jaringan MAN digunakan untuk memudahkan kepentingan usaha. Keamanan melakukan komunikasi dengan jaringan MAN juga dipandang lebih terbangun.
  • Mempunyai kecepatan transfer data yang tinggi.

Kekurangan MAN

  • Jaringan MAN memungkinkan untuk sirsak sama orang yang tidak bertanggungjawab untuk keuntungan individu atau arah yang lain.
  • Jika berlangsung kerusakan untuk jaringan MAN, saat yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan akan lumayan lama.

Pengertian WAN

Wide Area Network (WAN) ialah jaringan komputer yang luas lingkupnya bisa capai 1 negara bahkan juga benua. Jaringan ini adalah kombinasi dari LAN serta MAN yang daerahnya dipisah dengan geografis.

Membuat jaringan WAN memerlukan kabel serat optik (fiber optic), kabel telephone, atau juga bisa memakai satelit. Sama karena jangkauannya yang luas, membuat WAN membutuhkan biaya yang besar sekali.

WAN memiliki transmisi kecepatan dimulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps atau bahkan juga lebih. Unsur sebagai dampak desain serta perform jaringan ini ada di transisi komunikasi seperti jaringan telephone atau satelit.

Jaringan WAN memiliki karakter tertentu, yakni seperti berikut:

  • Biasanya dipakai untuk menyambungkan perangkat-perangkat yang tidak bisa dikaitkan lewat jaringan
  • LAN atau MAN. Ini membuat WAN bisa dipakai dengan luas.
  • Ruangan jangkauan WAN benar-benar luas. Sama karena itu, umumnya dalam WAN akan menyertakan operator telekomunikasi. Maksudnya ialah supaya perangkat-perangkat dalam jaringan WAN bisa berkomunikasi keduanya.
  • Jaringan WAN bisa lakukan transisi paket data atau frame antar router atau switch serta jaringan LAN yang telah dibuat.
  • Jaringan WAN ini kerja untuk layer fisik serta untuk layer data link dari layer OSI.

Fungsi Jaringan WAN

Selaku jaringan komputer yang melewati LAN serta MAN, WAN memiliki peranan yang cukup keren. Berikut peranan dari jaringan WAN.

1. Membuat Arus Komunikasi Jadi Lebih Gampang serta Cepat

WAN adalah jaringan yang meliputi area yang paling luas serta memiliki kecepatan yang oke sekalinya dipakai untuk daerah yang lain. Dengan WAN, komunikasi 2 lembaga yang berbeda daerah bisa berjalan cepat dan mudah.

2. Memadukan Jaringan LAN serta MAN

WAN menyambungkan serta memadukan jaringan yang lebih kecil seperti MAN serta LAN. Ini akan memudahkan perusahaan untuk mendapatkan info serta perubahan terbaru.

3. Menghemat Biaya Operasional

Sekalinya nampak mahal untuk instalasi, WAN dipandang benar-benar murah jika dipakai sama perusahaan yang terbatasi sama negara atau bahkan juga benua. Ini akan pas untuk 2 perusahaan yang terbatasi sama daerah itu.

4. Pengangkutan Data yang Cepat

Perusahaan yang mempunyai banyak kantor dalam jarak yang paling jauh selalu sanggup kirim data secara cepat. Berikut peranan dari WAN yang memungkinkannya perusahaan bisa kirim data dalam sekejap walau terpisah benar-benar jauh dengan yang lain.

5. Terlepas Dari Miskomunikasi

Jaringan WAN akan menahan berlangsungnya miskomunikasi karena komunikasi tersebut bisa dilaksanakan dengan real-time untuk jaringan WAN.

Selaku jaringan komputer dengan rasio luas, pasti WAN tidak terlepas dari kekurangan serta kelebihan. Berikut diterangkan kekurangan serta kelebihan WAN pada umumnya.

Kelebihan WAN

  • WAN memungkinkannya pemakai untuk share info atau file lewat area yang semakin besar, sampai capai antar benua.
  • Seluruh orang yang ada untuk jaringan WAN segera dapat memakai data yang serupa.
  • WAN memiliki skema jaringan yang luas serta besar hingga sanggup mencapai negara, benua, bahkan juga penjuru dunia.
  • Dengan manfaatkan jaringan workstations, jaringan WAN bisa dipakai untuk share sumber atau sumber daya.

Kekurangan WAN

  • Karena jangkauannya yang paling luas, benar-benar lumrah bila WAN memerlukan biaya operasional yang paling cukup banyak.
  • Dari sisi penataan atau setting, jaringan WAN lebih susah serta susah. Beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan ini pun tidak murah.
  • Jaringan WAN memerlukan kehadiran Firewall untuk batasi pemakai ilegal yang masuk. Selain itu, cara ini mempunyai tujuan untuk batasi pemakai yang pengin mengusik jaringan.
  • Rasio jangkauan jaringan WAN yang luas membuat jaringan ini rawan pada gempuran serta intimidasi dari dunia luar seperti hacker.

Kesimpulan

Begitu artikel singkat terkait dengan LAN MAN dan WAN. Selain ke-3 jaringan itu, ada pula beberapa macam jaringan yang lain tidak ulas dalam artikel ini misalnya jaringan Individual area network atau PAN, Campus area network (CAN), Wlan dan lain-lain. Oke, Lebih kurang demikian, mudah-mudahan tulisan ini berguna.