Maskodin, Portal Berita Teknologi Terbaru | Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang beroperasi di sektor produksi perangkat keras (hardware) serta perangkat lunak (Software) yang terkait dengan sistem jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia, berdekatan dengan Rusia. Mikrotik dibangun di tahun 1995 untuk meningkatkan router serta sistem ISP (Internet Servis Provider) nirkabel.

Mikrotik dibuat oleh MikroTikls satu perusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia adalah satu negara yang disebut “pecahan” dari negara Uni Soviet dahulunya atau Rusia saat ini. Mikrotik awalannya diperuntukkan untuk perusahaan layanan service Internet (PJI) atau Internet Servis Provider (ISP) yang layani konsumen setianya memakai tehnologi nirkabel atau wireless.

Saat ini MikroTikls memberi service ke banyak ISP nirkabel untuk service akses Internet dibanyak negara di dunia serta juga terkenal di Indonesia. MikroTik saat ini sediakan hardware serta software untuk sambungan internet di beberapa negara di penjuru dunia. Produk hardware favorit Mikrotik berbentuk Router, Switch, Antena, serta perangkat simpatisan yang lain. Sedang produk Software favorit Mikrotik ialah MikroTik RouterOS. Tips Aplikasi

MikroTik RouterOS

mikrotik RouterOS

MikroTik RouterOS™ ialah sistem operasi serta perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang andal, meliputi beberapa feature yang dibuat untuk ip network serta jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP serta provider hotspot. Untuk instalasi Mikrotik tidak diperlukan perangkat lunak tambahan atau elemen tambahan lain. Mikrotik dibuat untuk gampang dipakai serta benar-benar baik dipakai untuk kepentingan administrasi jaringan komputer seperti membuat serta membuat satu sistem jaringan komputer rasio kecil sampai yang kompleks sekalinya.

Mikrotik RouterBoard

Mikrotik RouterBoard

RouterBoard ialah router embedded produk dari mikrotik. Routerboard seperti satu pc mini yang terpadu karena pada sebuah board tertanam processor, ram, rom, serta memory flash. Routerboard memakai os RouterOS yang berperan jadi router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server serta juga bisa berperan jadi hotspot server.

Ada banyak seri routerboard yang dapat juga berperan jadi wifi. jadi wifi access point, bridge, wds atau menjadi wifi client. seperti seri RB411, RB433, RB600. serta beberapa ISP wireless memakai routerboard untuk jalankan peranan wirelessnya baik jadi ap atau klien. Dengan routerboard Anda dapat jalankan peranan satu router tiada bergantung di PC kembali. Karena seluruhnya peranan di router telah ada pada routerboard. Bila dibanding dengan pc yang diinstal routerOS, routerboard ukuran lebih kecil, lebih akur serta irit listrik karena cuman memakai adaptor. Untuk dipakai di jaringan wifi dapat terpasang di atas tower serta memakai PoE jadi sumber arusnya.

Mikrotik di standard perangkat keras berbasiskan Personal Computer (PC) diketahui dengan konsistensi, kualitas kontrol serta elastisitas untuk beberapa tipe paket data serta perlakuan proses jalur atau bisa lebih diketahui dengan arti routing. Mikrotik yang dibikin jadi router berbasiskankan PC banyak berguna untuk satu ISP yang pengin jalankan beberapa aplikasi dimulai dari hal yang sangat enteng sampai tingkat menengah.

Contoh aplikasi yang bisa diaplikasikan adanya Mikrotik selain routing ialah aplikasi kemampuan akses (bandwidth) manajemen, firewall, wireless access poin (WiFi), backhaul link, sistem hotspot, Virtual Privat Netword (VPN) server serta ada banyak yang lain.

Sistem Level Lisensi Mikrotik

Mikrotik bukan perangkat lunak yang gratis bila anda pengin memakainya dengan penuh, diperlukan lisensi dari MikroTikls agar bisa menggunakanya alias berbayar. Mikrotik diketahui dengan arti Level di lisensinya. Ada mulai dari Level 0 selanjutnya 1, 3 sampai 6, untuk Level 1 ialah versi Demonstrasi Mikrotik bisa digunakan dengan gratis dengan beberapa fungsi yang sangat terbatas. Tentu saja tiap level memilki kapabilitas yang berbeda-beda sesuai harganya, Level 6 ialah level paling tinggi dengan peranan yang sangat lengkap. Dengan singkat bisa digambarkan seperti berikut:

  • Level 0 (gratis): tidak memerlukan lisensi untuk memakainya serta pemakaian fitur hanya terbatasi sepanjang 24 jam setelah instalasi dilakukan.
  • Level 1 (demo): di tingkat ini kamu bisa memakainya sebagai peranan routing standard saja dengan 1 pengaturan dan tidak mempunyai pembatasan waktu untuk memakainya.
  • Level 3: sudah meliputi level 1 ditambah lagi kemampuan untuk menajemen semua perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet serta pengelolaan perangkat wireless type client.
  • Level 4: telah meliputi level 1 dan 3 ditambah lagi kemampuan untuk mengatur perangkat wireless type akses point.
  • Level 5: meliputi level 1, 3 serta 4 ditambah lagi kemampuan mengatur jumlah pengguna hotspot yang semakin banyak.
  • Level 6: meliputi semua tingkat dan tidak mempunyai pembatasan apapun.

Cara Install Mikrotik

Berikut ini cara install mikrotik yang akan saya jelaskan dari awal sampai terhubung internet.

  1. Download mikrotik di www.mikrotik.com
  2. Sediakan Mikrotik RouterBoard.
  3. Burn file ISO MikroTiknya ke CD.
  4. Masukan cd mikrotik ke cd/dvd room.
  5. Setting bios komputer anda, di booting awal (first boot)nya ialah cd/dvd room anda.
  6. Sesudah di seting maka komputer anda akan booting pertama kali kale ke cd/dvd room anda. Bila sukses maka akan ada penampilan seperti berikut ini. mikrotik
  7. Kerjakan proses instalasi Mikrotik dengan memilih (cek) semua pilihan yang ada dengan tombol ‘a‘. Kalau sudah dicentang semua tekan tombol ‘i’ untuk meginstall Mikrotik.
  8. Tunggu bentar sampai proses instalasi nya selesai. Sabar yahh, hanya bentar kok. Kalau sudah selesai tekan tombol Enter untuk reboot.
  9. Sesudah komputer anda restart maka anda akan diminta untuk cek disk atau mungkin tidak. Click tombol “Y” untuk menyetujui, atau click tombol “N” untuk tidak menyetujui.
  10. Kemudian akan ada tampilan login. “admin” (tanpa tanda petik) di Mikrotik Login. Serta di sandi enter saja. karena sandi defaultnya tidak ada sandi.
  11. Bila sukses maka akan ada gambar tampilan awal mikrotik (lihat gambar berikut ini). Mengisyaratkan anda sudah sukses memasang mikrotik.

mikrotik 2

Cara Setting Mikrotik

Berikut ini cara setting mikrotik os di pc dengan mudah yang bisa anda ikuti.

1. Mengganti Identitas User Mikrotik

[email protected]] > system identity set name=Maskodin (isi dengan username anda)

[email protected]] >

2. Mengganti Password Mikrotik

[[email protected]] > password

old-password: –

new-password: ******** (isi dengan password baru anda)

confirm-new-password: *********** (samakan dengan password yang baru anda tulis)

3. Mengganti Nama Ethernet Mikrotik

[email protected]] > interface set name=Server ether1

[email protected]] > interface set name=NeThunter ether2

4. Setting Ip Address Mikrotik

[email protected]] > ip address add address=172.77.31.13/24 interface=Server

[email protected]] > ip address add address=77.77.31.1/24 interface=NeTHunter

5. Setting Ip Gateway serta DNS Mikrotik

[email protected]] > ip dns set servers=172.77.31.1 allow-remote-requests=yes

[email protected]] > ip route add gateway=172.77.31.1

6. Setting Ip Firewall Mikrotik

sebagai jembatan(keamanan port) sambungan internet

[email protected]] > ip firewall nat add chain=srcnat action=masquerade out-interface=Server

7. Setting Hostpot Mikrotik

Hubungkan PC Mikrotik nya dengan PC yang lain atau Laptop anda memakai kabel UTP.

Buka Winbox.

Login ke Mikrotik memakai Winbox.

mikrotik 4

Masuk di Ip =>Hostpot=>Hostpot Setting.

mikrotik 5

Hostpot Interfacenya ialah NetHunter (ether2) karena interface ini untuk menyambungkan ke klien. Kemudian tekan yes yes saja

mikrotik 6

nanti saat bertemu tampilan user serta passwordnya bisa diganti atau mungkin tidak, terserah sahabat. Berikut contoh tampilan login.

Mikrotik 6

mikrotik 7

Serta untuk template website login bisa ganti sesuai kemauan Anda.

Kesimpulan

Itu dia Pengertian, Cara Install, dan Setting Mikrotik di PC atau laptop dengan mudah yang bisa anda ikuti panduannya. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat bisa anda share ke sosial media anda, terima kasih.