Panduan Pemula Untuk Privasi Facebook Sekarang

  • 3 min read
  • Dec 09, 2020
Panduan Pemula Untuk Privasi Facebook Sekarang

Maskodin, Berita Tekno Terbaru  –  Sebagian besar dari kita mungkin sudah tahu banyak cara Facebook melacak kita hampir sepanjang waktu. Tapi apa yang mungkin tidak Anda sadari adalah sejauh mana yang disebut “pelacakan” ini. Facebook sangat besar sekarang karena memiliki akses ke data tentang situs web yang Anda kunjungi, aplikasi dan layanan yang Anda gunakan setiap hari, baik di ponsel atau komputer, tempat yang Anda kunjungi, dan banyak lagi.

Hal terburuk tentang melacak seluruh Aktivitas Facebook Anda adalah kenyataan bahwa Anda sedang dilacak bahkan ketika Anda tidak sedang “online” atau secara aktif menggunakan ponsel atau komputer Anda. Heck, Anda mungkin mengirim beberapa hal ke Facebook sekarang saat Anda membaca cerita ini di sini.

Kedalaman pelacakan aktivitas Facebook cukup mengintimidasi. Berikut beberapa cara Facebook melacak Anda, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya –

Panduan Pemula Untuk Privasi Facebook Sekarang

Periksa pengaturan Facebook Anda

Facebook melacak semua data dan informasi tentang Anda hanya untuk satu alasan – iklan. Beginilah cara Facebook menghasilkan uang. Ini benar-benar menggunakan data Anda untuk menayangkan iklan dan menghasilkan uang. Apakah data bocor dari Facebook? Ya, itulah mengapa penting untuk mengontrol apa yang Anda bagikan.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuka halaman “Pengaturan” di Facebook dan menelusuri hal-hal yang Anda bagikan dengan Facebook. Mereka mungkin membagikan informasi Anda seperti tempat Anda check in, grup tempat Anda bergabung, orang yang berinteraksi dengan Anda, dan banyak lagi.

Meskipun Anda tidak dapat sepenuhnya mencegah Facebook untuk mengumpulkan data Anda, Anda pasti dapat membatasi akses ke sana. Cukup buka opsi Preferensi Iklan di pengaturan Facebook dan lihat sekilas apa yang menurut Facebook Anda sukai.

Anda juga dapat membuka Pengaturan Iklan dan menghentikan mitra pemasaran untuk menempatkan lebih banyak iklan di depan Anda. Anda dapat menghentikan ini dengan mencegah Facebook membagikan data Anda dengan mereka. Ini tidak akan mengurangi jumlah iklan yang Anda lihat, tetapi setidaknya akan menghentikan Anda menempatkan iklan yang lebih relevan di depan Anda, jadi Anda mungkin tidak akan mengekliknya dan akhirnya menghabiskan uang Anda untuk sesuatu yang menurut Anda Anda butuhkan.

Aktivitas di luar Facebook

Apakah benar-benar mengejutkan mengetahui bahwa Facebook terus melacak Anda bahkan saat Anda “keluar dari Facebook”? Ya, benar. Misalnya, jika Anda memesan makanan menggunakan aplikasi pengiriman makanan, Anda mungkin mulai melihat lebih banyak aplikasi pengiriman makanan di feed Facebook Anda. Demikian juga, jika Anda mencari furnitur secara online, misalnya, Anda akan mulai melihat iklan furnitur di Facebook.

Sayangnya, tanpa disadari Anda membagikan semua data ini dengan Facebook meskipun Anda tidak memiliki akun Facebook. Itu karena alat seperti Facebook Pixel memungkinkan situs web dan pengecer online mendapatkan informasi yang pada akhirnya dibagikan dengan Facebook.

Jika Anda tidak memiliki akun Facebook, Anda dapat membatasi beberapa aktivitas web ini dengan masuk ke sini. Tetapi jika Anda memiliki akun Facebook, Anda dapat menuju ke Pengaturan di Facebook dan klik “Aktivitas Tidak Aktif Facebook” untuk melihat layanan dan aplikasi yang membagikan data Anda dengan Facebook meskipun Anda tidak aktif di platform.

Aktivitas Facebook di perangkat seluler

Jika Anda menggunakan Facebook di ponsel Anda, Anda perlu memeriksa izin aplikasi segera. Tentu saja, ini tidak akan menghalangi Facebook untuk mengumpulkan data, tetapi itu pasti akan membatasi aksesnya. Anda perlu menuju ke pengaturan ponsel Anda dan memblokir akses Facebook ke lokasi ponsel, kontak Anda, mikrofon ponsel Anda, kamera, dan banyak lagi.

Ya, Facebook memiliki akses ke semua itu kecuali Anda memperhatikan beberapa izin saat menginstal aplikasi. Bahkan dengan lokasi dimatikan, Facebook tetap dapat menentukan lokasi Anda dengan bantuan alamat IP. Jadi, jika Anda benar-benar khawatir tentang itu, Anda mungkin ingin menggunakan layanan VPN saat menggunakan Facebook. Tetapi pada titik ini, Anda dapat berhenti menggunakannya sepenuhnya alih-alih melalui semua ini.

Hapus saja Facebook dari ponsel Anda dan gunakan di browser ponsel untuk menyelamatkan diri Anda dari beberapa pelacak. Anda mungkin ingin memeriksa pengaturan browser Anda juga karena banyak situs web yang mengakses data Anda tanpa persetujuan Anda.

Lihat, Anda tidak dapat menghentikan Facebook untuk mengakses data Anda. Ini adalah kesepakatan yang saya setujui saat mendaftar ke Facebook untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun ketika semua ini bukan masalah besar. Tapi Anda bisa mengikuti beberapa hal yang disebutkan di atas untuk membatasi penyebarannya.