Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Kemajuan fotografi smartphone saat malam hari tidak terlepas dari perangkat yang dikenalkan oleh Google pada akhir tahun 2018 kemarin.

Perangkat Google tersebut mengenalkan kemampuan fotografi malam hari yang dapat menciptakan hasil foto yang cerah walau lingkungan sekitar minim cahaya.

Sayang, perangkat yang tidak resmi masuk di Indonesia dijual dengan harga yang cukup mahal, di atas kisaran 12 juta rupiah saat itu.

Oppo membawa paradigma baru. Biasanya untuk menciptakan hasil foto malam hari dengan hasil yang cukup baik, smartphone tersebut membawa fitur serta teknologi yang umumnya hanya ada di perangkat kelas atas atau flagship.

Sebagai contoh yaitu perangkat Oppo Reno4 serta Oppo Reno4 F yang masuk ke kelas perangkat menengah, mempunyai harga yang terjangkau, serta menyasar konsumen muda.

Di ke-2 perangkat ini, konsentrasi fotografi dititikberatkan di fitur Portrait, suatu fitur yang banyak digunakan golongan anak muda untuk memotret objek orang dengan latar belakang yang terlihat blur atau bokeh.

Bahkan juga Oppo menambah fitur artificial intelligence (AI) alias kecerdasan produksi untuk mendatangkan kemampuan memotret keindahan kesibukan malam hari.

Ke-2 nya membawa fitur menarik lain berupa Night Flare Portrait. Fitur khusus Oppo ini menyatukan efek bokeh serta algoritma low light-HDR untuk menangkap foto artistik yang menambah efek neon artistik yang cantik untuk poto potret yang diambil dengan background kerlap-kerlip lampu kota. Disamping itu, ada fitur tidak kalah menarik yaitu AI Super Night Portrait menjadi pengembangan fitur yang sudah ada sebelumnya.

Dengan kecerdasan buatan, fitur ini meyakinkan jika swafoto akan menciptakan bidikan yang cerah serta jernih, bahkan juga pada situasi kurang cahaya. Fitur ini menyatukan rangkaian algoritma AI termasuk HDR (High-dynamic-range).

Baca Juga: Review realme Narzo, Harga dan Spesifikasi Terbaru

Cara kerjanya dengan menangkap serta menyatukan beberapa frame di beberapa tingkat pencahayaan, pengenalan wajah, serta penekanan highlight.

Tidak sama dengan perangkat yang mempunyai kemampuan fotografi sebelumnya, Oppo Reno4 serta Oppo Reno4 F dipasarkan pada harga yang relatif terjangkau untuk konsumen muda atau millennial. Harga Oppo Reno4 hanya Rp4.999 juta.

Sementara Oppo Reno4 F dijual lebih murah lagi pada harga resmi Rp4.299 juta. Kedatangan perangkat Oppo Reno4 serta Oppo Reno4 F memberi peluang bagi orang awam untuk menciptakan hasil foto malam hari terpilih cukup dengan berbekal satu smartphone.