Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Nokia belakangan ini melisensikan branding-nya ke berbagai perusahaan. Salah satu perusahaan terbaru yang tanda-tangani persetujuan seperti itu yaitu SteamView GmBH. Perusahaan asal Austria itu sekarang sudah menjadi pemegang lisensi merek Nokia untuk menjajakan televisi pintar (smart TV), set-top box, dan radio DAB+ di Eropa, Timur Tengah, serta Afrika.

Dikutip dari Gizmochina (9/11), Produk pertama dari SteamView GmBH yaitu Nokia Streaming Box 8000 yang dibuat oleh SEI Robotics. Perangkat ini akan tersedia untuk dibeli saat sebelum hari Natal tiba.

Nokia Streaming Box 8000 baru mempunyai spesifikasi lebih dari perangkat streaming biasa yang lain yang telah berada di pasar. Hal ini disokong oleh chipset Amlogic S905X3 quad-core dengan 4 x inti ARM Cortex-A55 serta GPU ARM Mali-G31 MP2. Sayang kapasitas RAM-nya tidak diketahui untuk sekarang ini, namun karena diklaim mempunyai “spesifikasi lebih dari biasa” maka kemungkinan perangkat memiliki RAM 2 GB atau bisa lebih.

Perangkat streaming ini mempunyai fitur dual-band Wi-Fi 5 dan Bluetooth 4.2 bertepatan dengan beragam jenis port seperti USB 3.0 Type-A, USB Type-C, Ethernet, HDMI, optical audio, AV, dan DC power-in.

Set-top box dari Nokia itu mendukung streaming sampai resolusi 4K, namun spesifikasinya tidak mengatakan apa pun mengenai Dolby Vision atau Dolby Atmos. Tetapi, Nokia Streaming Box 8000 kemungkinan minimal mendukung HDR10 sebab chipset yang digunakannya tergolong unggulan.

Baca Juga: Acer ConceptD 300 – Desktop PC Gahar Untuk Desainer

Disamping itu, Streaming Box 8000 diberitakan berjalan di atas sistem operasi Android TV 10 serta akan hadir dengan aplikasi bawaan seperti Netfilx dan Amazon Prime Video yang telah terinstal sebelumnya. Sudah pasti pengguna bisa menginstal bermacam aplikasi lain seperti Disney+ dari Google Play Store.

Tidak tertinggal juga fitur Chromecast Built-in serta remote control Google Assistant dengan sebagian besar tombol seperti remote control smart TV umumnya. Harga Nokia Streaming Box 8000 ialah € 100 (Rp1,7 juta). Tidak ada info lebih lanjut apakah perangkat ini akan tersedia di Indonesia.