Nokia 9.3 PureView Dikabarkan Batal Rilis di Akhir Tahun Ini

  • 2 min read
  • Nov 30, 2020
Nokia 9.3 PureView Dikabarkan Batal Rilis di Akhir Tahun Ini

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Lebih dari satu tahun, HMD Global tidak menghasilkan smarphone Nokia Series unggulan. Sementara, pabrikan smartphone yang lain mengeluarkan sedikitnya dua smartphone unggulan setiap tahunnya. Smartphone unggulan terakhir yang dikeluarkan oleh HMD Global yaitu Nokia 9 PureView.

Ada beberapa laporan yang mengatakan jika HMD Global sedang mengerjakan flagship terbaru yang disebutkan Nokia 9.3 PureView. Bukan hanya menawarkan dukungan chipset yang jauh lebih kuat, smartphone ini diharapkan hadir dengan kemampuan kamera yang telah ditingkatkan.

Berita terakhir mengatakan jika Nokia 9.3 PureVew akan dipublikasikan di bulan Desember setelah seringkali mengalami pengunduran. Tetapi, laporan terbaru yang tidak kalah mengejutkan jika smartphone flagship tersebut tidak dirilis di akhir tahun ini.

Informasi tersebut datang dari Nokia anew (@nokia_anew). Melalui akun Twitter miliknya, Nokia anew berbagi informasi yang mengatakan jika Nokia 9.3 PureView tidak dirilis tahun ini sebab informasinya sudah diundur sampai paruh pertama tahun depan.

Postingan itu juga langsung disambut banyak balasan dan salah satu balasan yang ada mengatakan jika informasi ini bukanlah gurauan sebab mereka sudah menerima konfirmasi. Dipastikan jika tanggal (bulan) terbaru mengenai peluncuran smarphone tersebut tidak dapat diketahui.

Walau informasi di atas ialah laporan yang belum dikonfirmasi dan harus dimengerti dengan hati-hati, tidaklah heran bila itu ternyata benar. Smartphone yang diharapkan akan dilengkapi oleh Snapdragon 865 sudah ditunda lebih satu kali, jadi pengunduran ini bukan hal yang aneh.

Awalnya cukup banyak pembocor ternama yang mengatakan jika Nokia 9.3 PureView akan mengawali kiprahnya di bulan Desember 2020, bersama dengan Nokia 7.3 dan Nokia 6.3. Tetapi, kedatangan smartphone tersebut kembali tertunda sehingga rilis di tahun depan.

Pengunduran ini tentu saja bukan tidak ada alasan dan diprediksi jika HMD Global kemungkinan melakukan perubahan besar pada Nokia 9.3 PureView, khususnya pada spesifikasinya. Bila benar-benar pabrikan smartphone asal Findlandia ini melakukan perubahan besar, kita mengharap Nokia 9.3 PureView akan tiba dengan chipset Snapdragon 875.

Bila spekulasi itu pas, Nokia 9.3 PureView kemungkinan akan datang di paruh pertama tahun depan. Sudah pasti, ini mengingat tersedianya chipset unggulan Qualcomm yang akan menjadi mesin penggeraknya dan beberapa komponen pendukung yang lain.

Tetapi, bila keputusan untuk memindahkan tanggal didasari pada Desember bukan saat yang tepat, karena itu smartphone tersebut akan datang awal tahun depan dengan Snapdragon 865. Itu bukan hal yang aneh mengingat Nokia 9 PureView dikeluarkan pada 2019 dengan chipset unggulan tahun 2018.

Bila HMD Global tidak ingin kehilangan muka dari pasar smartphone flagship, mereka harus segera bergerak cepat. Terkecuali bila rencana jangka panjang yang dimilikinya ialah terus membuat fitur phone, smartphone untuk entry-level dan kelas menengah.