Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Linux satu diantara tipe sistem operasi computer yang memiliki sifat open source serta memiliki bermacam tipe distro dimulai dari slackware, redhat, centOs, Backtrack dan lain-lain.

SO linux biasanya dipakai user yang sudah ‘mahir’ teknologi, karena dalam pemakaiannya memerlukan ketrampilan khusus, dimulai dari instalasi sistem, komposisi sampai dengan penggunaan aplikasi-aplikasinya.

Ini berlainan dengan sistem operasi windows yang lebih user-friendly baik dari segi penampilan antar-muka serta peroperasiannya. Meskipun ya saat ini ada pula distro linux yang tampilannya nyaris seperti lebih newbie-friendly, misalnya linux mint atau OS Elementary.

Pengertian Linux

Pengertian Linux ialah sistem operasi yang menggunakan kernel linux. Kernel sendiri ialah sisi paling kecil dari sistem operasi yang bekerja untuk lakukan manajemen cpu, memory serta perangkat-perangkat tambahan lain.

Linux ialah OS yang memiliki sifat open source, yang berarti kode-kode sumber linux bisa dipakai, diubah serta dialokasikan dengan bebas oleh siapa saja. Lisensi linux yang ada di bawah lindungan GNU juga Gratis, kita tak perlu keluarkan ongkos sedikit juga bila pengin memakainya.

Ini berlainan dengan OS Windows yang berbayar, karena untuk memakai sistem operasi windows dengan Legal, ongkosnya nyaris 2 juta pertahun. itu belum terhitung pemakaian microsoft office serta program lain seperti photoshop, corel dll.

Karena kodenya yang memiliki sifat open source, banyak developer yang meningkatkan OS ini hingga terbentuklah beberapa jenis distro linux yang banyak kita mengenal sejauh ini, misalnya linux Ubuntu, linux mint, Redhat dll.

Tiap distro linux memiliki karakter yang lain dimulai dari penampilan, kesukaran pemakaian sampai arah pemakaiannya. Apa misalkan untuk programming, hacking, situs security, server atau untuk jalankan program umum setiap hari.

Sejarah Linux

Cikal bakal atau sejarah Linux ialah sistem operasi UNIX yang ditingkatkan oleh Ken Thompson serta Dennis Ritchie pada tahun 1969. Ken serta Dennis ini adalah penemu dari bahasa pemrograman C, mana yang jadi landasan dari bahasa pemrograman tingkat tinggi.

Code sumber UNIX ditingkatkan memakai bahasa C hingga gampang pemindahannya ke beberapa basis. Oleh karena itu UNIX mendapatkan tanggapan serta perhatian yang besar.

Dengan perkembangan UNIX yang cepat sekali, pada akhirnya UNIX terpecah jadi 2 saluran yakni yang ditingkatkan oleh Kampus Berkley serta yang ditingkatkan oleh AT&T.

Baca Juga: Ini Harga RTX 3070 Di Indonesia

Selain itu menyebabkan banyak perusahaan yang pengin menggenggam kendalian dalam bagian sistem operasi. Oleh karena itu diputuskanlah detail standard UNIX oleh IEEE (The Institue of Electrical and Engineers) dengan mengemangkan Posix.

Semenjak saat itu ada beberapa jenis tipe UNIX, diantaranya yakni Minix yang ditingkatkan oleh A.S. Tanenbaum yang mempunyai tujuan untuk pengajaran.

Selanjutnya pada tahun 1984 mulai meningkatkan project GNU dengan membuat software, compiler, editor, textformatters, GUI, libraries, modules, serta ada banyak kembali. GNU dibuat agar cocok dengan sistem operasi yang telah ada yakni UNIX.

Pada tahun 1990 GNU sudah sukses membuat semuanya elemen yang dibutuhkan untuk mengnebangkan satu sistem operasi, yakni compiler, libraries, program, pemakai interfae. Tapi ada 1 yang belum usai yakni kernel yang disebut pokok dari sistem operasi.

Selanjutnya pada tahun 1991 Lunus Torvalds yang meruakan mahasiswa Jalur Pengetahuan Computer dari Kampus Helsinki menulis satu kernel dengan memakai bahasa C serta ditranslate memakai GNU C Compiler.

Linus Torvalds jadikan code sumber dari Minix untuk jadi rujukan untuk meningkatkan sistem operasi baru yang code sumbernya bisa dibuka oleh siapa.

Selanjutnya sistem operasi yang ditingkatkan oleh Linus Torvalds ini diberi nama Linux. Awalannya Linus pengin memeberi nama Freax yang disebut kombinasi dari “free freak” serta X yang merujuk pada Unix.

Pada bulan September 1991 Linus mengupload file yang dikembangkannya ke FTP server (ftp.funet.fi).

Selanjutnya seorang sukarelawan administrator FTP yakni Ari Lemmke berpikir jika nama Freax kurang baik untuk jadi nama kernel. Lalu dia mengubh nama kernel dengan nama Linux tiada kesepakatan Linus.

Dalam meningkatkan Linux, Linus memakai alat dari Free Foundation Software serta program-program yang berlisensi GNU GPL(lisensi untuk software bebas serta gratis).

Serta dari sini lahir Linux versus 0.01. Linux versus ini tidak bisa dikatakan sebagai sistem operasi dengan utuh.

Selanjutnya pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus Torvalds code sumber Linux sebagai versus Linux sah pertama kali yang diperkenalkan ke khalayak, yakni Linux versus 0.02 di bawah lisensi GNU GPL.

Saat mengeluarkan versus ini Linus tuliskan dalam dokumentasinya jika Linux membutuhkan software yang disiapkan oleh GNU agar bisa memakai Linux sepenuhnya.

Selanjutnya pada tahun 1996 Linus Torvalds memberitahukan simbol atau maskot dari Linux yakni satu ekor Pinguin yang dinamakan Tux.

Linus memutuskan hewan pinguin karena ia pernah merasakan kejadian buruk yakni digigt oleh satu ekor pinguin di kebun binatang Australia.

Dalam penyeleksian simbol pinguin, Linus melangsungkan satu kontes untuk mendesain simbol Linux. Kontes ini dimenangi oleh Larry Ewing dengan design gambar pinguin sedang duduk namanya Tux. Kata Tux merujuk pada Torvalds Unix yang bermakna tuxedo.

Kelebihan Sistem Operasi Linux

Tiap sistem operasi tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Linux selaku sistem operasi open source tentu saja mempunyai banyak kelebihan. Di bawah ini ialah kelebihan dari Linux.

1. Lisensi Gratis

Linux adalah sistem operasi yang bisa dipakai oleh siapa secara gratis. Berlainan dengan sistem operasi lain seperti windows yang membutuhkan ongkos untuk memakainya.

2. Memakai Code 32 bit

Dengan memakai code jadikan Linux berjala secara baik serta meminimalkan berlangsungnya jatuh saat jalankan program.
report this adPengguna pun tidak perlu cemas saat memasang program yang tidak sesuai code bit Linux.

3. Tingkat Keamanan Tinggi

Meskipun memiliki sifat open source, tetapi Linux mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dibanding sistem operasi lain. Dengan sistem keamanan yang tinggi jadikan Linux aman dari gempuran virus yang bisa memberikan ancaman data-data dikomputer.

4. Tampilan Grafis Bagus

Dalam tiap versidan tipe Linux yang dikeluarkan nampak jelas jika Linux benar-benar memerhatikan dalam soal grafis. Selaku contoh pada Linux Ubuntu yang mempunyai pemakai interface yang baik serta eye catching.

5. Code Sumber Linux Bisa Dimodifikasi

Dengan karakter Linux yang open source memungkinkannya code sumber dari Linux untuk dilaksanakan modifikasi. Pasti ini bagus sekali perhatian beberapa programmer.

6. Cocok Dijadikan Selaku Komputer Server

Linux adalah sistem operasi yang enteng serta konstan hingga benar-benar pas untuk jadi computer server, admin, serta bisa sebagai computer individual.Salah satunya tipe linux yang dipakai selaku server ialah Linux Debian.

7. Lebih Ringan Saat Dijalankan

OS linux tidak memerlukan sumber daya atau sumber yang besar untuk menjaringnkannya, dia bahkan juga bisa berjalan pada computer kuno sekalinya. Tinggal kita samakan saja dengan keperluan kita.

Kekurangan Sistem Operasi Linux

Kekurangan Linux Selain mempunyai kelebihan yang disebut sebelumnya, Linux masih tetap memilik beberapa kekurangan.

1. Memerlukan Ketrampilan Lebih

Karena Linux masih jarang-jarang dipakai oleh warga umum hingga belum banya mekanik yang sanggup lakukan troubleshooting pada persoalan yang ada dalam Linux.

2. Minimnya Suport Software

Beberapa software terkenal yang kerap dipakai seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, serta program terkenal yang lain tidak cocok di sistem operasi Linux.

3. Proses Instalasi serta konfigurasi Sulit

Proses instalasi Linux sedikit lebih susah dibandingkan windows, kecuali pada beberapa distribusi linux yang diperuntukkan untuk beberapa pemakai pemula, misalnya linuxmint.

Kesimpulan

Itulah dia pengertian Linux, sejarah, kelebihan dan kekurangan dari sistem operasi Linux. Silahkan share artikel ini ke platform sosial media Anda jika dirasa bermanfaat untuk orang-orang di sekitar Anda, terima kasih.