Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Sebelumnya telah diberitakan seri Galaxy S21 akan hadir awal tahun depan. Pasalnya sama seperti yang diutarakan oleh seorang leaker, jajaran smartphone baru ini akan dipublikasikan pada 14 Januari dan mulai dipasarkan pada 29 Januari. Saat ini terdapat render CAD yang mengutarakan spesifikasi khusus dari ke-3 varian smartphone tersebut dan beberapa spesifikasi menarik.

Dikutip dari Gizmochina (16/11), bocoran itu mengonfirmasi jika Samsung akan mengeluarkan seri Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra dalam dua varian prosesor. Di sejumlah pasar, smartphone tersebut akan hadir dengan prosesor Exynos 2100 dan di pasar lain akan dilengkapi prosesor Snapdragon 875.

Beritanya prosesor Exynos 2100 ini akan lebih baik di dalam hal efektivitas daya dibandingkan perintisnya. Jadi masa pakai baterainya juga bisa ditingkatkan. Ini disebutkan menyamai atau bahkan juga melampaui Snapdragon 875 dalam soal performa. Untuk Galaxy S21, smartphone ini akan menghadirkan layar LTPS 6,2 inci dengan resolusi FHD+ dan kecepatan refresh 120Hz.

Sayang tidak ada info mengenai RAM dan kapasitas penyimpanannya. Kemungkinan smartphone ini akan mempunyai varian RAM dan kapasitas penyimpanan memori internal di pasar yang berbeda-beda. Sedang dibagian belakang smartphone, ada tiga kamera dengan konfigurasi yang serupa seperti Galaxy S20. Termasuk sensor utama 12MP, kamera ultrawide 12MP, dan kamera telefoto 64MP.

Di bagian kamera selfie-nya, smartphone ini akan memakai sensor 10MP. Diberitakan kamera ini akan memperoleh peningkatan software untuk support perekaman 4K, dukungan perekaman 60fps dalam mode Stabilisasi Super Steady, dan kemampuan untuk secara automatis berpindah di antara 30fps dan 60fps bergantung pada situasi cahaya di ruangan.

Fitur yang lain dijelaskan yaitu perekaman video 8K pada 30fps, dukungan untuk perekaman ganda (kamera depan dan belakang di saat bersamaan), dan moon mode yang ditingkatkan. Samsung diberitakan akan memakai baterai berkapasitas 4000mAh, sama dengan seri sebelumnya yaitu Galaxy S20.

Smartphone ini akan menjalankan interface One UI 3.1 berbasis Android 11. Galaxy S21 diberitakan akan mempunyai dukungan 5G, Wi-Fi 6, dan Bluetooth 5.1. Ini akan siap tersedia dalam varian warna Phantom Violet, Phantom Pink, Phantom Grey, dan Phantom White.

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Plus

Beralih ke Galaxy S21 Plus, smartphone ini akan hadir dengan layar 6,7 inci dengan resolusi FHD+ dan kecepatan refresh rate 120Hz. Untuk konfigurasi kamera belakangnya akan diberi resolusi 12MP, 12MP, dan 64MP. Kamera itu akan memperoleh software yang serupa dengan varian standar.

Diberitakan Samsung akan memperlengkapi smartphone ini dengan baterai berkapasitas 4800mAh. Smartphone ini akan menjalankan interface One UI 3.1 berbasis Android 11. Galaxy S21 Plus akan ada dalam varian warna Phantom Silver, Phantom Black, dan Phantom Violet.

Galaxy S21 Ultra, akan menghadirkan layar 6,8 inci WQHD+ LTPO dengan kecepatan refresh rate dari 1Hz sampai 120Hz, dan tingkat kecerahan puncak yang mencapai 1600 nits. Diketahui rasio kontras sudah ditingkatkan menjadi 3.000.000: 1.

Smartphone ini mempunyai komposisi empat kamera yang terbagi dalam kamera ultrawide 12MP, telefoto 10MP dengan 3x optical zoom, 10MP super-telephoto sensor dengan 10x optical zoom yang mendatangkan 100X Space Zoom, dan sensor 108MP yang disebut versi terbaru dari yang berada di Galaxy S20 Ultra.

Diketahui ke-2 sensor telefoto itu akan mempunyai piksel 130% lebih besar dan autofokus piksel ganda. Ada juga mode fokus laser pada Galaxy S21 Ultra nantinya. Oh ya, pada model Plus dan Ultra akan mempunyai support Ultra Wide Band. Seri Galaxy S21 Ultra akan mempunyai support Bluetooth 5.1 dan bisa menjadi salah satu model dengan Wi-Fi 6E.

Diberitakan smartphone ini akan dibekali baterei dengan kapasitas 5000mAh. Fitur yang lain sudah diverifikasi ialah dukungan S Pen, tapi akan dipasarkan secara terpisah bersama dengan case khusus yang mempunyai slot untuk menaruh stylus. Tidak tertinggal smartphone ini akan ada dalam varian warna Phantom Black dan Phantom Silver. Untuk harga, seri Galaxy S21 beritanya akan dibandrol lebih terjangkau dibandingkan seri Galaxy S20. Sayang belum ada informasi lengkap berkenaan berapa harga untuk setiap modelnya.