Hal Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penyimpanan Eksternal PS5

  • 3 min read
  • Dec 20, 2020

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – PlayStation 5 adalah salah satu item paling menarik tahun ini. Jutaan penggemar PlayStation sekarang telah menerima konsol generasi berikutnya yang besar dan tebal. Itu juga berarti mempelajari kebiasaan yang datang dengan generasi berikutnya. Terkait PS5, ada beberapa aturan ketat tentang penyimpanan PS5 eksternal yang harus Anda ketahui.

Entah Anda sudah memiliki PS5 atau masih menunggu untuk mendapatkannya, berikut penjelasan lengkap cara kerja penyimpanan eksternal (atau tidak) di PlayStation 5.

Masalah penyimpanan internal PS5

Tidak ada jalan lain, PS5 tidak memiliki ruang penyimpanan internal. SSD (Solid State Drive) di dalam PS5 berukuran 825GB. Namun, setelah perangkat lunak sistem dan ruang cadangannya dikurangi, hanya tersisa 667 GB bagi pengguna untuk menginstal game, menyimpan data, dan menyimpan tangkapan layar dan video.

Perlu diingat bahwa ukuran game tipikal untuk judul tiket besar biasanya berkisar dari 50 GB hingga 100 GB. Itu hanya enam hingga dua belas pertandingan sebelum ruang benar-benar kehabisan ruang. Dengan PlayStation 4, ini bukanlah akhir dunia. Anda dapat dengan mudah mengganti drive internal dengan sesuatu yang lebih besar atau cukup mencolokkan drive USB dan menginstal game Anda di sana dan berjalan seperti biasa.

Hal Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penyimpanan Eksternal PS5

Dengan PlayStation 5, tidak satu pun dari opsi ini yang dimungkinkan. Berikut tiga batasan yang harus Anda ingat:

PS5 SSD tidak dapat dilepas atau diganti.

Anda juga tidak dapat memainkan game PS5 dari drive USB eksternal. Artinya, batas absolut untuk game PS5 sekarang adalah 667 GB dan tidak lebih dari satu byte.
Anda tidak dapat menggunakan hard drive eksternal untuk menyimpan game PS5 apa pun.
Bagaimana dengan slot ekspansi PS5?
PS5 memiliki slot ekspansi yang menerima NVME SSD. Ini merupakan perluasan dari penyimpanan internal PS5. Anda dapat memainkan game PS5 dari SSD di slot ekspansi ini dan Anda dapat menempatkan SSD tidak peduli berapa banyak anggaran Anda memungkinkan.

Namun, pada saat penulisan, slot ekspansi ini dinonaktifkan. Jika Anda mencoba memasukkan kartu NVME ke dalam slot sekarang, PS5 akan menolak untuk memulai sampai Anda melepasnya. Sony akan mengaktifkan slot tersebut pada pembaruan firmware di masa mendatang.

Penting juga untuk diketahui bahwa hanya drive tertentu yang masuk daftar putih Sony yang akan berfungsi. Artinya, Anda tidak perlu membeli drive NVME apa pun hingga daftar drive yang disetujui diedit.

Drive USB yang bekerja dengan PS5

Hampir semua drive USB akan bekerja dengan PS5. Termasuk hard drive mekanis USB dan drive solid state USB. Sekali lagi, meskipun Anda menggunakan SATA atau NVME SSD melalui antarmuka USB, Anda tidak akan dapat menjalankan game PS5 darinya. Antarmuka USB sendiri sangat lambat dibandingkan dengan SSD internal.

Ada satu pengecualian utama dalam hal drive USB dan PS5. Tidak mungkin drive USB apa pun akan berfungsi dengan hub terintegrasi. Kami menguji Seagate Backup Plus Hub 8 TB dengan PS5 kami dan ditolak.

Sejauh yang kami tahu, alasannya adalah bahwa drive terhubung melalui hub secara internal, sehingga PS5 melihat hub antara itu dan drive. Baik konsol PS4 dan PS5 memerlukan koneksi langsung ke drive atau mereka tidak akan berfungsi.

Aturan praktis sederhana di sini adalah bahwa setiap drive USB yang bekerja dengan PS4, harus bekerja dengan PS5. Bahkan, Anda dapat dengan bebas menggunakan drive yang sama dengan game yang sama antar konsol.

Dengan kata lain, jika Anda mencabut drive USB dari game PS4 Anda dan menghubungkannya ke PS5 Anda, itu akan segera berfungsi. Dengan asumsi game di drive milik akun yang sama yang masuk ke konsol PS5.

Batas mengemudi tunggal

Batasan penting lainnya yang harus diketahui oleh pengguna PS5 adalah bahwa hanya satu drive USB yang dapat digunakan dalam satu waktu. Bahkan jika semuanya terhubung langsung, tanpa hub, kami curiga beberapa orang ingin menjalankan micro USB SSD dan drive USB mekanis besar berdampingan di perangkat keras PS5 mereka.

Sayangnya, hal itu tidak memungkinkan untuk saat ini, tetapi cukup mudah untuk beralih antar drive menggunakan opsi untuk melepas drive eksternal dengan aman dan kemudian memasang drive baru.

Game yang dapat dipindahkan ke penyimpanan eksternal
Seperti yang kami sebutkan di atas, game PS5 hanya dapat dimainkan dari SSD internal pada saat ini. Sayangnya, Anda tidak dapat mentransfer game PS5 ke drive USB eksternal untuk memainkannya. Anda juga tidak dapat memindahkannya ke drive penyimpanan eksternal.

Ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan di konsol Xbox Series. Artinya, Anda dapat menyimpan dan menginstal ulang game generasi berikutnya tanpa harus mengunduh seluruh game lagi.

Sony mengatakan ini adalah fitur yang mereka cari. Karena itu, satu-satunya pilihan Anda untuk mengosongkan ruang untuk game PS5 adalah dengan menghapus dan mendownloadnya kembali. Kecuali tentu saja Anda membeli gim dalam disk, dalam hal ini Anda dapat menginstalnya kembali dari sana dan mengunduh tambalan apa pun jika Anda mau.

Game PS4 dapat ditransfer antara USB dan penyimpanan internal sebanyak yang Anda inginkan, tetapi mengapa Anda ingin menggunakan ruang SSD internal yang berharga ini untuk game PS4? Sebenarnya, ada alasan bagusnya.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *