Fujifilm Rilis GFX100 IR, Dijual Secara Eksklusif

  • 1 min read
  • Nov 30, 2020
Fujifilm Rilis GFX100 IR

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Belakangan ini Fujifilm umumkan versi lain dari kamera GFX100, yakni GFX100 IR. Seperti namanya, mirrorless dengan sensor medium format ini sanggup memotret gambar inframerah pada resolusi 100 MP atau 400 MP karena fungsi Pixel Shift terbarunya.

Fujifilm GFX100 IR tidak tersedia secara umum atau untuk pemanfaatan individu. Kamera ini hanya ada di retail resmi Fujifilm tertentu.

Dikutip dari PetaPixel (28/11), gambar yang diambil dengan GFX100 IR memungkinkan penggunanya melihat detail dalam gambar yang tidak terlihat dengan mata telanjang. “Ini penting untuk membantu mengenali dokumen palsu,” kata Fujifilm.

Disamping itu, bisa bermanfaat juga untuk mereka yang bekerja di konservasi budaya lantaran spektrum inframerah bisa dipakai untuk menganalisa pigmen dalam artefak bersejarah atau karya seni. Penyempurnaan firmware terbaru dari Fujifilm memungkinkan Pixel Shift Multi-Shot yang sangat berguna untuk pekerjaan pengarsipan dan forensik.

Filter inframerah yang lain bisa digunakan di depan lensa untuk membuat gambar pada panjang gelombang (wavelenght) berbeda. Hal ini pada akhirnya akan menampilkan detail yang lain. Memanfaatkan filter infrared cut yang sesuai memungkinkan GFX100 IR dipakai secara normal. Berarti, kamera ini dapat dipakai seperti mirrorless GFX100 reguler.

Fujifilm GFX100 IR tidak tersedia secara umum atau untuk pemakaian individu. Kamera ini cuman tersedia di retail resmi Fujifilm tertentu untuk dipakai dalam aplikasi forensik, ilmiah, dan konservasi budaya.

“Penjualan GFX100 IR akan tunduk pada Kesepakatan Pemakai GFX100 IR, yang memutuskan syarat khusus pengguna kamera,” kata Fujifilm. Fujifilm GFX100 IR diprediksi mulai ada pada kuartal pertama tahun 2021. Tetapi sayang tidak ada informasi seputar harganya. Sebagai acuan, GFX100 ‘reguler’ di Indonesia dipasarkan pada harga Rp154.999.000.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *