Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Fortnite yang kita kenal saat ini tidak lagi hanya game battle royale kompetitor PUBG dengan grafik yang lebih kartun. Secara perlahan-lahan Fortnite terus beralih menjadi seperti platform sosial baru, dan puncaknya dapat kita saksikan di masa wabah pandemi ini, di mana Fortnite sudah dipercayai menjadi tempat penyiaran perdana trailer sebuah film blockbuster atau panggung konser untuk beberapa musisi terkenal.

Gagasan Epic Games belakangan ini makin menguatkan konsep Fortnite menjadi platform sosial tersebut. Mereka baru-baru ini mendatangkan fitur video chat pada Fortnite, sehingga yang dapat saling menyapa di dalam game, jadi pemain tidak hanya melihat karakter virtual saja, tetapi orang-orang di belakangnya.

Fitur video chat ini memanfaatkan layanan milik Houseparty, aplikasi video chat yang di akuisisi oleh Epic Games pada pertengahan tahun 2019 kemarin. Jauh sebelumnya, Epic sebenarnya telah mengintegrasikan Houseparty ke dalam Fortnite, tetapi hanya berbentuk voice chat saja, jadi tidak aneh jika banyak yang telah memprediksi kehadiran fitur video chat ini sejak lama.

Untuk menggunakannya, pemain Fortnite harus mengunduh aplikasi Houseparty di perangkat Android atau iOS terlebih dahulu, lalu mengaitkan akun Houseparty dengan akun Epic Games-nya. Seterusnya, pemain tinggal mengepaskan posisi perangkat agar wajahnya terpajang jelas di kamera.

Fortnite Houseparty Video Chat

Penting untuk dicatat, fitur video chat ini baru tersedia di Fortnite versi PC, PlayStation 4 atau PlayStation 5 saja. Satu chat room dapat menampung sampai 10 orang, namun yang diperlihatkan di sisi kiri game Fortnite hanya 4 orang yang terakhir aktif berbicara saja.

Menariknya, tanpa mewajibkan pemain memasang green screen ada berada di belakangnya, aplikasi Houseparty dapat secara otomatis menghilangkan bagian wajah sekaligus mengubah latar belakangnya dengan berbagai warna. Menurut Epic, ini bisa terwujud karena pemanfaatan aset face detection library dari Apple dan Google sendiri – mungkin inilah alasan kenapa pemain harus memanfaatkan aplikasi Houseparty di smartphone menjadi kameranya.

Epic sampai kini belum dapat memastikan kapan fitur ini akan merambah Fortnite di platform selain yang tiga tadi. Apakah mungkin yang akan datang integrasi Houseparty seperti ini pasti akan ada di game multiplayer yang lain menggunakan Unreal Engine? Kita nantikan saja.