Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Hari pertama ajang Qualcomm Snapdragon Tech Summit Digital 2020, Qualcomm secara resmi sudah mengenalkan chipset unggulan terbaru, Snapdragon 888. Tetapi, waktu itu Qualcomm belum ingin bicara secara detailnya terkait Snapdragon 888, termasuk semua fitur yang diberikannya.

Ya! Semua fitur dan keunggulan dari chipset yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 5nm itu diungkap oleh Qualcomm di hari ke-2 ajang Qualcomm Snapdragon Tech Summit Digital 2020. Qualcomm memberikan janji bahwa beberapa pabrikan smartphone telah berlomba untuk menggunakan chipset tersebut dan menjadi yang pertama.

Inilah Fitur dan Keunggulan dari Snapdragon 888

CPU

Snapdragon 888 a.k.a SD88 ialah chip pertama yang resmi dengan inti Cortex-X1 (design dasar ARM mempunyai beberapa penyesuaian Qualcomm). Dibanding dengan Cortex-A78, X1 bisa jalankan 33% lebih banyak perintah per jam, mempunyai 2x lipat perangkat keras SIMD dan kemampuan cache L1 dan L2 sudah digandakan juga.

Qualcomm menjelaskan jika inti ini berjalan pada clock speed 2,84GHz. Selanjutnya ialah cluster tiga core Cortex-A78 yang mempunyai clock speed 2,4GHz. Mereka tergabung dengan 4 inti A55 yang berjalan pada clock speed 1,8GHz.

Disamping itu, Qualcomm melengkapi CPU dengan 4 MB cache L3 dan 3 MB cache Sistem. Secara keseluruhan, CPU Kryo 680 janjikan kenaikan performa sampai 25 % dari prosesor chipset Snapdragon 865. Tidak itu saja, efektivitas daya naik sampai 25 %.

GPU

Snapdragon 888 sudah diberi GPU Adreno 660 yang menarget perform rendering 35 % bisa lebih cepat sekaligus tingkatkan efektivitas daya sampai 20 %. GPU ini direncanakan untuk game dengan frekuensi gambar tinggi, latensi rendah.

Tujuannya supaya game 144 fps dapat dimainkan, tapi ada pula beberapa fitur untuk tingkatkan kualitas gambarnya. Variable Rate Shading (VRS) ialah trik baru yang diketemukan di GPU terbaru dari NVIDIA dan AMD (termasuk dari konsol PS5 dan Xbox). Ini memungkinkannya shader bekerja pada 2 atau 4 pixel sekaligus, bukan hanya 1.

Qualcomm menerangkan jika hal ini dapat menghemat sumber daya komputasi apabila pengembang game berhati-hati dalam mengaplikasikannya, frame yang dirender tidak bisa dibedakan secara visual. VRS bisa tingkatkan performa sampai 30 %. Sebagai alternatif, ini bisa dipakai untuk tingkatkan efektivitas daya.

Sementara itu, support Game Quick Touch bisa mengurangi latensi sentuhan sampai 20 %. Ini berfungsi sampai 120fps, namun paling efisien pada 60fps hingga seluruh game bisa menggunakannya, walau tidak memberikan dukungan frekuensi gambar yang lebih tinggi.

Disamping itu, GPU Adreno 660 memberikan dukungan HDR 10-bit dan rendering sub-piksel. Ini dapat tingkatkan keseragaman tampilan OLED dengan kompensasi Mura (“mura” atau “clouding” ialah hasil kalibrasi pixel disampingnya yang tidak merata).

Kamera

Seri 888 ialah Snapdragon pertama dengan 3 ISP (chip seri 800 sebelumnya mempunyai dua ISP). Ini memungkinkannya tiga saluran kamera terpisah untuk diolah secara bersamaan, yang tentu saja mempunyai banyak manfaat. Pertama, bisa tangani tiga saluran video 4K HDR atau menangkap tiga foto 28 MP secara bersamaan.

Ini akan membuat perubahan yang lebih mulus dari ultra-wide ke wide pada kamera telefoto sebab tiap kamera memperoleh ISP-nya sendiri. Tiga desain kamera/dua ISP awalnya mengakibatkan “lompatan” waktu smartphone berpindah antara pengambilan video.

Tiga ISP Spectra 580 dipakai untuk Staggered HDR sebab mereka bisa memproses eksposur pendek, menengah, dan panjang secara bersamaan. Snapdragon 888 dapat merekam photo HDR 10-bit dalam format gambar HEIF, selain kemampuan video HDR seperti pendahulunya.

Berbicara mengenai video, chipset teranyar ini dapat menangkap dan memutar video 4K pada 120fps, sehingga bisa manfaatkan tampilan 4K resolusi tinggi secara baik. Kembali ke fotografi, chipset tersebut bisa mengambil 120 foto per detik pada resolusi 12 MP.

Konektivitas Jaringan

Ini ialah chipset pertama yang memakai modem Snapdragon X60 5G. Dan tidak seperti 865, modem terintegrasi menjadi gantinya sebagai chip eksternal. Modem generasi ke-3 ini memberikan dukungan sub-6 dan mmWave dari 5G yang tawarkan kecepatan downlink sampai 7,5 Gbps dan uplink sampai 3 Gbps.

Sementara itu, sistem FastConnect 6900 mempunyai fitur WiFi 6G (ax di pita 6 GHz) dan bisa mencapai kecepatan hingga 3,6 Gbps, mobile WiFi paling cepat di industrinya, kata Qualcomm. Standard 6E tawarkan latensi yang lebih rendah, keuntungan untuk streaming game dari PC lokal (atau cloud, dan modem 5G dapat membantu).

Qualcomm menerangkan jika Snapdragon 888 telah mempunyai support konektivitas Bluetooth 5.2, dengan antena ganda didukung. Chipset ini telah diperlengkapi dengan suite aptX, teknologi audio nirkabel latensi rendah yang bermutu tinggi.

AI

Mesin AI generasi keenam menyatukan Hexagon 780 terbaru dan kemampuan pengolah angka GPU untuk hasilkan 26 TOPS (naik dari 15 TOPS pada Snapdraon 865). Efektivitas daya meningkat pesat, performa per Watt sudah meningkat sampai 3x lipat.

Sensing Hub generasi kedua kurangi pemakaian daya. Ini bisa bekerja di bawah 1 miliamp tapi bisa mengatasi lebih dari generasi pertama. Saat ini 80 % tugas AI sederhana melalui Hub bukannya harus menghidupkan prosesor Hexagon yang kuat. Ini untuk aplikasi sederhana seperti lift dan diagnosis aktivitas.

Keamanan

Qualcomm menjelaskan jika Snapdragon 888 ialah platform mobile pertama yang penuhi standar Content Authenticity Initiative. Standar tersebut bisa menangkap foto yang disegel secara kriptografis, yang meliputi metadata tahan kerusakan untuk menunjukkan jika gambar itu asli.

Disamping itu, SD888 sudah diperlengkapi Hypervisor. Ini adalah fitur yang pertama kali dimasukkan ke chip 8cx Gen 2 berorientasi PC. Lebih adalah fitur server dan desktop sebab memungkinkannya beberapa OS berjalan pada perangkat keras yang sama, sementara benar-benar terpisah keduanya.

Pengisian Daya

Berkaitan dengan pengisian daya, Qualcomm menjelaskan jika Snapdragon 888 memberikan dukungan Quick Charge 5. Oleh karenanya, Qualcomm tidak menerangkan secara detail, pasalnya QC 5 ini telah dipublikasikan kedatangannya beberapa waktu yang lalu.

Mempunyai dukungan Quick Charge 5, ini berarti Snapdragon 888 bisa mengatasi pengisian cepat 100W+ sembari meminimalisir temperatur panas. Ini sesuai dengan USB Power Delivery dan kompatibel dengan generasi QC sebelumnya sampai ke 2.0.