Fitur Baru Google Assistant! Bisa Nyalakan Lampu Dengan Suara

  • 1 min read
  • Nov 28, 2020
Fitur Baru Google Assistant

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Google Assistant saat ini memungkinkan pengguna merencanakan lampu dan perangkat lain untuk menyala dan mati di saat tertentu karena adanya fitur “tindakan terjadwal”.

Asisten Google sudah bekerja dengan Hue dan lampu smart yang lain sepanjang beberapa hari, untuk menghidupkan dan mematikannya dan mengatur alarm. Tetapi, sekarang pengguna bisa memberi perintah pada Asisten virtual Google dengan tepat kapan Anda ingin menghidupkan lampu dan perangkat lain di smart home.

Harus dipahami jika Anda harus betul-betul spesifik bila ingin menjadwalkan lampu atau perangkat lain untuk menghidupkan atau mematikannya. Hanya menjelaskan sesuatu hal seperti, “Hai Google, hidupkan lampu besok jam 8 malam” saja masih kurang. Anda perlu menjelaskan, “Hai Google, hidupkan lampu hari Selasa jam 8 malam” lebih spesifik dalam memberikan perintah.

Tetapi, sama seperti yang dicatat oleh Android Police , Anda bisa mengendalikan “matahari terbit” dan “matahari tenggelam” sebagai acuan waktu untuk menyetel lampu supaya menyala (atau mati) maka dari itu tak perlu memberikan perintah secara terperinci.

Disamping itu, pengguna dapat memakai Asisten Google untuk menjadwalkan lama waktu supaya lampu selalu menyala, seperti “hidupkan lampu selama 10 menit”.

Walau fitur ini terdengar benar-benar membantu, tampaknya fitur ini belum digulirkan Google secara detail. Masalahnya beberapa pengguna mencatat jika fungsi untuk membatalkan perlakuan terjadwal nampaknya tidak berfungsi, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (27/11). Tetapi menurut dokumentasi rumah pintar Asisten Google, sejumlah fitur ini kemungkinan akan segera datang dan berfungsi secara baik.