Facebook Libra Akan Rilis Awal Tahun Depan

  • 1 min read
  • Nov 30, 2020
Facebook Libra Akan Rilis Awal Tahun Depan

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Facebook Libra disampaikan akan dirilis di awal Januari tahun depan. Walau demikian, Libra Association nampaknya harus meredam tekadnya supaya mata uang digital ini bisa meluncur. Ya, sebab pro-kontra disekelilingnya, Libra harus kembali lagi dikebiri.

Facebook Libra diprediksikan akan rilis awal tahun depan. Versi ini adalah versi yang berbeda jauh dari misi awal Asosiasi Libra.

Untuk dipahami, saat kali pertama diperkenalkan ke publik, Libra disebutkan akan datang sebagai kumpulan dari bermacam mata uang. Secara singkat, Libra tidak didasari pada satu mata uang di dunia nyata tetapi kombinasi dari beberapa mata uang.

Tentu saja, hal tersebut membuat beberapa bank di banyak negara mulai memperhatikan Libra lantaran visinya ini. Oleh karena itu, Libra Association berpindah haluan dan mulai mengerjakan beberapa stablecoins.

Stablecoins adalah mata uang kripto, yang seperti namanya, memiliki sifat stabil. Nilainya tidak dipengaruhi pada nilai mata uang di dunia nyata. Misalkan, satu unit stablecoin Dollar, nilainya akan USD1. Nilai ini tidak dipengaruhi pada fluktuasi nilai dolar. Libra menyebutkan beberapa mata uang yang bisa menjadi dasar untuk stablecoins ini, salah satunya ialah USD, EUR, GBP (Pound sterling), dan SGD.

Dikutip dari Financial Times (28/11), Facebook disampaikan memiliki rencana mengeluarkan koin berharga satu dolar. Federasi ini beritanya akan mengeluarkan beberapa mata uang yang lain di masa depan. Tidak hanya itu saja, Facebook akan mengeluarkan dompet Libra, yaitu Novi.

Novi adalah aplikasi yang dibuat untuk mengontrol Libra. Walau demikian, pengguna sebenarnya bisa mengontrol akun Novi mereka lewat WhatsApp atau Messenger. Facebook memprediksi orang akan memakai Novi sebagai media mengirim uang dan pembayaran peer-to-peer.