Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru | Artikel ini akan menjelaskan tentang apa ekstensi File yang dihasilkan Microsoft Word, jadi jika Anda sedang mencari informasi mengenai hal tersebut, maka Anda sudah menemukan artikel yang tepat.

Ekstensi File Dari Microsoft Word

Selain itu, dalam artikel ini juga turut dibahas lebih dalam mengenai ekstensi doc hasil dari penyimpanan microsoft serta ekstensi dokumen yang dihasilkan oleh program microsoft excel 2010 adalah, maka dari itu silahkan ikuti artikel ini sampai selesai.

Bagi Anda yang sering menggunakan Microsoft word, tentunya tidak asing lagi dengan eksistensi file yang ditemuai. Apalagi kalau bukan doc, jika Anda masih menggunakan doc secara default, mungkin Anda termasuk sudah senior.

Mengingat eksistensi doc secara default digunakan pada Microsoft Word 2003. Namun Microsoft Word diatasnya juga bisa menyimpan file dengan eksistensi doc, tetapi defultnya sudah berbeda.

Default eksistensi penyimpanan pada Microsoft Word 2007 keatas, seperti dijumpai pada MS Word 2014 adalah docx. Jadi secara umum file yang disimpan dengan menggunakan MS Word ada dalam 2 eksistensi.

Yakni doc dan docx, namun sebenarnya ada lebih dari 2 eksistensi yang bisa digunakan untuk menyimpan file MS Word, apa saja itu, selengkapnya kita akan bahas dibawah.

Jenis File Microsoft Word

Seperti yang sudah kita sedikit singgung diatas, bahwa file yang dihasilkan oleh Microsoft Word tidak hanya doc dan docx, namun juga ada eksistensi lainnya, apa saja itu? Disini kita akan ulas semuanya, silahkan disimak :

1. Doc

Doc, seperti disingung diatas. Doc merupakan format file yang dihasilkan oleh Microsoft Word 2003 kebawah, dimana file jenis ini bisa dibuka dengan menggunakan Microsoft Word 2007 ke atas.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi MYOB Accounting

File MS Word dengan dengan eksistensi doc berarti file tersebut disimpan dalam format binary, dimana file jenis ini punya kekhasan yakni ukurannya yang lebih besar dan hanya mampu dibaca oleh produk Microsoft;

2. Docx

Docx, yang kedua adalah docx. File jenis ini merupakan file yang bisa dihasilkan oleh MS Word 2007 ke atas. Eksistensi docx dikenal mempunyai ukuran yang 75% lebih kecil daripada doc, selain itu file dengan eksistensi docx juga dapat dibuka dengan menggunakan MS Word 2003 kebawah (dimana ini merupakan kebalikan dari file dengan eksistensi doc).

Kelebihan lain dari file dengan eksistensi docx adalah dapat dibuka dengan atau oleh software selain besutan Microsoft. Docx juga disimpan dalam format XML, bukan lagi pada format binary seperti yang digunakan oleh doc;

3. Docm

Docm pada dasarnya sama dengan eksistensi docx. Perbedaannya adalah pada m yang berada dibelakang doc, ini berarti Macro. Artinya file ini bisa menjalankan Macro yang berarti bisa menjalankan task berulang dari docm.

Eksistensi ini pertama kali diperkenalkan pada MS Word 2007, maka wajar apabila pengguna MS Word 2003 masih asing dengan eksistensi ini;

4. Dot

Kemudian ada eksistensi file dot, dimana ini merupakan eksistensi file yang digunakan untuk membuat sebuah dokmen serupa namun tak sama, biasanya file word yang disimpan dalam format ini merupakan duplikat seperti file yang sudah memuat catatan kaki atau layout sebuah tulisan;

5. Dotx

Selanjutnya ada dotx, dotx merupakan eksistensi file word yang bisa disimpan pada MS Word 2007 keatas. Jenis file format ini bisa dibuka dengan menggunkana MS Word 2007 keatas juga.

Dimana format dotx sejatinya adalah dokumen template yang sudah ada pada MS Word 2007 ke atas.

6. Dotm

Dan yang terakhir adalah file dengan format dotm, jika Anda sudah membaca penjelasana tentang file docx diatas, maka ini juga hampir sama, yang membedakan adalah file ini sudah disimpan dengan sistem XML. Software yang bisa digunakan untuk membuka file ini adalah MS Word 2007 keatas.

Apapun file yang Anda simpan, pastikan Anda menyimpannya sesuai dengan kebutuhan. Diatas disebut beberapa istilah dengan berulang, diantaranya adalah macro dan XML.

Jika Anda belum tau, yang dimaksud dengan Macro adalah sebuah perintah yang dibuat dalam Microsoft Word, dimana perintah itu bisa saja beberapa ataupun banyak.

Lalu Ada juga istilah XML, XML merupakan singkatan dari Extensive Markup Language, dimana ini merupakan sebuah atribut file yang didesain secara khusus untuk bisa menyimpan secara ringkas dan mudah diolah.

Kesimpulan

Nah itu tadi artikel yang menjawab pertanyaan tentang apa ekstensi File Microsoft Word? Semoga dengan tulisan diatas, pertanyaan Anda sudah mendapatkan solusinya, atau paling tidak, ketika Anda membaca artikel ini, Anda sudah mendapatkan insight positif. Sekian, salam sukses dan sampai jumpa ditulisan yang lainnya.