Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru | Halooo, siapa di sini yang mempunyai komputer yang telah berumur 10 tahun lebih? Tentu bingung kan ingin di apain? Ingin diinstal OS yang terkini sudah gak ngangkat, ingin install program banyak, yang ringan-ringan saja gak angkat, hehe. Bolehlah jika dahulu PC kita mempunyai spesifikasi yang oke, seluruhnya program yang diinstall dapat berjalan, nah jika saat ini era makin maju, keperluan hardware untuk jalankan program mulai makin bertambah. Jadi bingung ingin di pakai untuk apa.

Nah, dalam artikel ini kami memberikan jalan keluar untuk rekan-rekan semuanya yang mempunyai komputer lama yang spesifikasinya dapat disebutkan di bawah rerata spesifikasi PC jaman sekarang. Di sini akan kita ulik beberapa distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah dan mungkin usianya sudah cukup tua, bahkan juga dapat untuk komputer Pentium 2. Komputer itu luar biasa di eranya, tetapi saat ini? Hahaa

Oke langsung saja lanjut baca di bawah.

10 Rekomendasi Distro Linux Untuk Komputer Spesifikasi Rendah

Kita dimulai dari Distro yang memerlukan spesifikasi cukup tinggi, makin ke bawah ialah spesifikasi yang lebih rendah.

1. Peppermint

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang pertama ada Peppermint. Peppermint ialah distribusi Linux yang fokus di cloud yang pasti tidak memerlukan piranti keras kelas tinggi. Distro ini basisnya ialah Ubuntu serta memakai lingkungan desktop LXDE untuk memberikan Anda pengalaman yang lebih lancar.

Awalnya dibikin dengan pendekatan web-centric dari notebook, Peppermint sudah meningkatkan program ICE untuk memadukan website apa saja jadi program desktop.

Distro ini mempunyai tutorial yang lumayan baik untuk menolong pemakai baru. Ada pula komunitas spesial untuk menolong pecahkan permasalahan serta menjawab pertanyaan Anda.

Spesifikasi minimum untuk Peppermint OS:

  • RAM: 1 GB of RAM (direkomendasikan 2 GB)
  • CPU: Processor based on Intel x86 architecture
  • Disk space: 4GB

2. Lubuntu

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang kedua ada Lubuntu. Masih juga dalam keluarga Ubuntu serta memakai desktop LXDE. Rasa-rasanya masih seperti Ubuntu. Lubuntu ialah turunan sangat ringan dari Ubuntu hingga mengutamakan kecepatan, suport untuk piranti keras yang lebih usang. Lubuntu mempunyai semakin sedikit paket dengan standar yang beberapa terbagi dalam program Linux ringan.

GPicView untuk menyaksikan gambar, MTPaint untuk menggambar, Evince untuk PDF, Audacious untuk musik, Gnome-Player untuk video, guvcview untuk webcam, Chromium untuk pencarian situs, Sylpheed untuk e-mail, Pidgin untuk pesan instant, Transmission untuk torrent, Gnumeric untuk spreadsheet, Abiword untuk kantor, Xpad untuk catatan serta ada banyak kembali.

Bila Andapernah memakai Ubuntu awalnya maka Anda tidak berasa akrab dengan Lubuntu. Piranti lunak serta repositori sama hingga Anda akan mendapati piranti lunak yang serupa yang Anda pakai di Ubuntu.

Spesifikasi minimum untuk Lubuntu:

  • RAM: 512 MB RAM (dianjurkan 1GB)
  • CPU: Pentium 4 atau Pentium M atau AMD K8 atau semakin tinggi

3. Linux Lite

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang ke-3 ada Peppermint. Seperti namanya Linux Lite ialah distro Linux ini tidak memerlukan piranti keras tingkat tinggi untuk menjaringnkannya. Linux Lite berbasiskan di Ubuntu LTS (Long Termin Suport). Versus LTS memberi suport sepanjang 5 tahun yang bermakna sesudah Anda memasang Linux Lite di komputer Anda, distro ini akan sediakan penyempurnaan sepanjang 5 tahun.

Team Linux Lite menjelaskan: “Linux Lite is fully functional out of the box, this means that you won’t have to install extra software when you boot your computer for the first time.” Ini benar-benar menolong untuk pemula karena mereka tak perlu cari beberapa program landasan untuk diinsatal. Beberapa program landasan telah terinstal standar di OS.

Beberapa program yang telah diinstal ialah Firefox untuk searching situs, Thunderbird untuk e-mail, Dropbox untuk penyimpanan Cloud, VLC Tempat Player untuk Musik serta Video, LibreOffice untuk office, Gimp untuk mengubah gambar serta Lite tweak untuk men-tweak desktop Anda.

Baca Juga: Acer ConceptD 300 – Desktop PC Gahar Untuk Desainer

Menimbang jika ini didasari di Ubuntu, Anda akan mempunyai banyak suport serta sumber daya yang ada dengan online karena Anda bisa mengikut panduan Ubuntu.

Spesifikasi minimum untuk Linux Lite:

  • RAM: 512 MB RAM (dianjurkan 1 GB)
  • CPU: processor 700MHz
  • Monitor: Monitor VGA resolusi 1024 × 768 (direferensikan VGA, DVI atau monitor HDMI 1366 × 768)
  • Disk ruang: 5GB

4. LXLE

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang ke-4 ada LXLE. LXLE sebetulnya ialah reskin versus Lubuntu LTS. Yang bermakna jika pada intinya ialah Lubuntu yang telah di tweak dengan arah supaya pas dengan spesifikasi komputer lama.

Walau distro Linux ini ringan, LXLE coba sediakan User Interface yang paling nikmat disaksikan. Skema ini di-tweak untuk tingkatkan performa serta datang dengan beberapa program ringan yang diinstal dengan standar.

Spesifikasi minimum untuk LXLE:

  • RAM: 512 MB (dianjurkan 1 GB)
  • CPU: Pentium 3 (direferensikan Pentium 4)
  • Disk ruang: 8 GB

5. CrunchBang++

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang ke-5 ada CrunchBang++. CrunchBang++ dikenal juga dengan panggilan CBPP. CrunchBang ++ berbasiskan Debian 9 dengan antar-muka design minimalis serta ringan.

Beberapa program standar dalam Crunchbang ++ ialah Geany IDE, terminator terminal emulator, Thunar File Manajer, Gimp untuk mengubah gambar, Viewnior gambar viewer, VLC Tempat Player untuk musik, Xfburn CD / DVD burning software, Iceweasel untuk searching situs, client torrent Transmisi, Editor spreadsheet Gnumeric, Evince pdf viewer, client transfer file gFTP, client Xchat IRC, AbiWord untuk kantor.

Spesifikasi Minimum Untuk CrunchBang ++:

  • Tidak ada referensi piranti keras sah untuk Crunchbang ++. Baiknya, bisa berjalan di RAM 512 MB serta Pentium 4 CPU.

6. Bodhi Linux

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang ke-6 ada Bodhi Linux. Bodhi Linux cukup diketahui karena ringannya. Sedikit piranti lunak yang dimuat di Bodhi Linux hingga ukuran file ISO tidak begitu besar serta saat diinstal di komputer yang semakin lama itu berjalan bebas tiada memakai banyak memory. Tetapi jangan memikir jika Anda tidak bisa memasang program lain, Anda selalu bisa memasang program apa saja yang Anda perlukan.

Selain itu, Enlightenment membuat distro ini jauh bertambah cepat. Enlightenment bertambah cepat dibanding window manajer yang lain dipakai dalam distribusi Linux yang lain. Bila Anda mempunyai permasalahan dalam memakai Enlightenment atau peranan Bodhi yang lain, maka ada tutorial berguna yang dicatat sama team.

Ada banyak program landasan seperti Ephoto untuk Diagram, Midori untuk pencarian situs, editor text ePad tapi, sayang, tidak ada program untuk Multimedia. Tetapi jangan cemas! Sama seperti yang saya sebutkan di atas Anda bisa memasang program lain lewat App Center.

Spesifikasi Minimum Untuk Bodhi Linux:

  • RAM: 256 MB RAM
  • CPU: 1,0 GHz
  • Disk ruang: 4 GB

7. AntiX Linux

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang ke-7 ada AntiX Linux. AntiX ialah distribusi Linux ringan yang pusatnya ialah Linux Debian.

AntiX memakai icewm window manajer untuk jaga skema selalu berjalan di piranti keras kelas bawah. Distro ini tidak sediakan banyak piranti lunak dengan standar hingga ISO memiliki ukuran kecil.

Spesifikasi minimum untuk antiX Linux:

  • RAM: 256 MB RAM
  • CPU: Pentium 3
  • Disk ruang: 2.7 GB

8. Sparky Linux

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang ke-8 ada Sparky Linux. Sparky Linux ialah distro Linux yang ringan daripada yang lain, SparkyLinux membidik komputer kekinian hingga mempunyai versus yang lain dimuat dengan program standar.

SparkyLinux pangkalannya di cabang pengetesan Debian serta mempunyai beberapa lingkungan desktop terhitung LXDE, OpenBox / JWM, e17, MATE, LXQt, Cli serta edisi GameOver. LXQt cukup cepat dibanding yang disebut sebelumnya terkecuali Cli (Command Line Interface).

Seperti disebutkan awalnya, distro ini mempunyai 2 edisi: Edisi komplet serta edisi Landasan. Edisi komplet dimuat dengan program hingga Anda tak perlu menginstal dengan manual, tapi itu tidak untuk komputer lam. Edisi Landasan tidak dimuat dengan program berat tetapi selalu ada program yang ringan serta tidak memakai beberapa sumber daya skema. Sparky mempunyai repositori sendiri untuk memasang beberapa program.

Daftar program yang diinstal dengan standar berlainan untuk edisi Sparky, Full, Base, serta Gaming yang lain serta ada di halaman unduh ini.

Spesifikasi Minimum Untuk Sparky Linux:

  • RAM: 256 MB RAM untuk LXDE, e17, Openbox, GameOver serta 384MB RAM untuk MATE, LXQt
  • CPU: i486 / amd64
  • Disk ruang: 5 GB

9. Puppy Linux

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang ke-9 ada Puppy Linux. Keluaran terbaru Puppy Linux ialah Puppy Linux 6.0.2 tahrpup CE yang cuman memerlukan RAM 199 – 201MB. Distribusi Linux kecil ini bisa di-boot dengan USB memiliki ukuran kecil.

Puppy Linux bisa di-boot dengan cara langsung dengan CD/DVD/USB serta saat telah boot Anda bisa keluarkan CD/DVD/USB serta Puppy Linux tetap berjalan. Ini benar-benar ringan hingga mengirit RAM yang membuat cepat sekali. Anda bahkan juga bisa simpan data apa saja di USB yang sama juga dengan saat Anda mem-boot Puppy.

Puppy Linux memakai window manajer JWM serta Openbox dengan standar yang membuat benar-benar kecil dalam konsumsi sumber daya. Bila Anda memakai Puppy Linux di komputer lama maka ini semakin lebih pas tapi kita tidak dapat tuntut program grafis yang tinggi.

Karena Puppy Linux dibuat untuk suatu hal yang cepat, itu tidak dibarengi dengan bundel program. Itu mempunyai beberapa program landasan. Misalkan, Abiword untuk pengolah kata, Gnumeric untuk spreadsheet serta beberapa program pengeditan diagram serta pemutaran tempat. Dengan individu, saya memakai Puppy Linux untuk mengembalikan data atau melakukan perbaikan OS korup saya serta yakinlah, itu benar-benar menolong saya.

Spesifikasi minimum untuk Puppy Linux:

  • RAM: 64 MB (dianjurkan 256 MB)
  • CPU: 333MHz

10. Tiny Core

Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang terakhir ada Tiny Core. Anda akan takjub dengan Tiny Core. Program pengeditan gambar Windows paling kecil masih lebih berat dibanding Tiny Core Linux. Ukuran cuman 15MB! Terkejut?

Nah, itu baru mengenai ukuran distro, apakah yang berada di dalamnya akan membuat Anda kagum. Ada dengan antar-muka minimalis serta amat sedikit program yang diinstal. Bila Anda mempunyai komputer kuno, coba ini serta saksikan fenomenanya. Distro ini boot-nya bertambah cepat dibanding OS yang lain.

Tiny Core Linux diambil dari project Damn Small tapi saat ini seutuhnya mandiri. Distro kecil ini datang dengan desktop FLTK / FKWM serta BusyBox dengan standar.

Ada 3 edisi Tiny Core yakni Core, Tiny Core, serta CorePlus. Core ialah skema landasan yang cuman mempunyai CLI (Command Line Interface). Ini mengagumkan akan pas dalam komputer lama tapi karena ini ialah CLI hingga penggun eksper / advance yang bisa menjalankannya secara baik. Versus edisi Core saat ini cuman 9 MB.

Edisi TinyCor untuk pemakai biasa yang dekat dengan GUI (Graphical Pemakai Interface). Seorang pemula dapat dekat dengan edisi Tiny Core Linux ini. Keluarkan TinyCore saat ini cuman memiliki ukuran 15 MB.

CorePlus ialah gambar instalasi serta bukan distribusi. Direferensikan untuk pemakai baru yang cuman mempunyai akses ke jaringan nirkabel atau yang memakai tatanan letak keyboard non-AS. Ini terhitung Skema Pokok landasan serta alat instalasi untuk menyiapkan penataan dengan pilihan berikut: Opsi 7 Manager Window, Suport nirkabel lewat banyak file firmware serta ndlswrapper, suport keyboard non-AS, serta alat remastering. Keluarkan CorePlus saat ini cuman memiliki ukuran 72MB.

Spesifikasi Minimum Untuk Tiny Core Linux:

  • RAM: 46 MB (dianjurkan 64 MB)
  • CPU: Pentium 2

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah yang akan Anda lakukan dengan komputer lama Anda?

Silakan Anda coba salah satu Distro Linux untuk komputer spesifikasi rendah yang telah saya tuliskan di atas, serta rasakan pengalamannya. Dibanding komputer lama Anda terbuang, lebih bagus diinstal distro di atas. Share artikel ini ke sosial media Anda jika merasa membantu, Terima Kasih.