1 Cara Verval Nomor Ponsel untuk Dapat Bantuan Kuota Gratis

  • 2 min read
  • Dec 02, 2020

Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Telah beredar info mengenai bantuan kuota internet untuk guru dan murid dari Kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemdikbud). Di mana bantuan tersebut akan dibagikan setelah peserta melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel atau populernya disebut verval nomor ponsel. Tak heran kalau banyak yang mencari cara verval nomor ponsel agar mendapatkan subsidi kuota internet dari pemerintah.

 

Sistematis bantuan, Kemdikbud akan memberikan bantuan berupa kuota internet ke nomor ponsel yang telah aktif dan sudah terverifikasi ke laman yang sudah ditentukan. Tentunya bantuan ini mengingat adanya pembelajaran online karena wabah virus Corona yang semakin melanda.

Verval nomor ponsel dapat dilakukan di laman http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ .

Cara Verval Nomor Ponsel Murid dan Guru dengan Mudah

Ada 2 hal yang perlu diketahui sebelum melakukan verval nomor ponsel, yaitu verifikasi nomor ponsel dan verifikasi nomor ponsel ptk. Untuk lebih jelas cara verval nomor ponsel di kemdikbud, simak terus artikel ini ya.

Tahap Persiapan Verval Nomor Ponsel

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan apa yang perlu dipersiapkan untuk melakukan verifikasi nomor ponsel. Yaitu melakukan pendataan nomor ponsel yang aktif pada guru maupun murid di sekolah masing-masing. Setelah semua terdata, maka verval nomor ponsel bisa dilakukan.

Terdapat 2 pilihan dalam melakukan verval nomor ponsel yaitu:

  1. Menginput nomor HP guru atau siswa melalui aplikasi Dapodik terbaru yang bisa didownload di Google Playstore, kemudian lanjut ke sinkronisasi.
  2. menginput nomor HP sekaligus verifikasi dan validasi nomor hp yang akan menerima bantuan kuota internet ke laman yang kemdikbud yang sudah tertera.

Hal Penting yang Harus Diketahui

Ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh murid maupun guru dalam melakukan verval nomor ponsel. Di mana beberapa hal ini merupakan beberapa simbol yang mungkin masih sebagian yang belum mengetahuinya. Berikut adalah hal-hal penting tersebut di antaranya:

  • Simbol pensil : Edit atau perbaikan data;
  • Simbol panah sejajar : nomor sedang dalam proses validasi;
  • Simbol centang : nomor ponsel sudah SPTJM

Selain tiga simbol di atas, juga terdapat warna-warna pada tabel laman, yang mana memiliki arti sendiri-sendiri, di antaranya:

  • Hijau Muda : Siap SPTJM
  • Biru Muda : Nomor Ponsel Aktif, pastikan juga bahwa status kepemilikan nomor ponsel sudah terisi;
  • Kuning Muda : Proses validasi nomor ponsel;
  • Merah Muda : Nomor ponsel mat atau tidak aktif. Di sini kamu perlu memperbaiki nomor ponsel yang telah kamu masukkan.

Langkah Mudah Cara Verval Nomor Ponsel

Cara verval nomor ponsel lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan buka situs http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/ ;
  2. Pilih log in, dan kamu akan di bawa ke menu log in, masukkan user dan password yang kamu miliki pada saat verval sp, verval pd, dan verval ptk;
  3. Pilih tab menu peserta didik;
  4. Klik kota pensil berwarna biru di nama peserta didik, nama yang akan diverifikasi nantinya;
  5. Masukkan nomor HP, pilih kepemilikan, dan simpan;
  6. Jika ingin mendaftarkan seara kolektif, silahkan pilih peserta didik lain, dan lakukan hingga semua selesai terverifikasi.

Nah, itulah cara verval nomor ponsel bagi peserta didik maupun pendidik. Mengingat sekarang sedang terjadi lockdown, maka kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan begitu, bantuan pemerintah bisa kita manfaatkan dalam kegiatan pendidikan yang bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Cara verval nomor ponsel ini tidak terkecuali untuk semua provider. Jadi, untuk provider yang terdaftar di pemerintah Indonesia bisa melakukannya. Selamat mencoba!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *