Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru | Seringkah anda buka Task Manajer serta menyaksikan berapa banyak pemakaian RAM? Bila banyak aplikasi yang memakai RAM anda, maka komputer akan melambat. Karena itu, anda perlu mengenali tips bagaimana cara mengatasi RAM penuh di Windows.

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan RAM?

Sebelumnya kita awali mengupas judul artikel ini, kita ulas dahulu dengan singkat apa itu RAM. RAM atau Random Access Memory satu diantara perangkat keras komputer yang berperan untuk simpan semua dari proses aplikasi yang tengah anda lakukan. Misalkan saat anda buka Microsoft Word, maka semua elemen untuk jalankan Microsoft Word akan dipindahkan dari piranti penyimpanan seperti harddisk atau SSD ke RAM.

Kebalikannya, bila anda tutup Microsoft Word, prosedurnya akan dimatikan hingga dapat dipakai untuk aplikasi lain. Simpulannya, makin banyak kemampuan RAM, makin banyak aplikasi yang dapat anda membuka dengan bertepatan.

RAM memiliki sifat Volatile, yang berarti seluruhnya data yang berada di RAM akan terhapus bila tidak di aliri listrik. Hingga, anda perlu simpan data anda di harddrive sebelumnya anda mematikan komputer.

Cara Mengurangi Pemakaian RAM di Windows

Berikut beberapa cara mengatasi RAM penuh. Langsung, inilah langkahnya:

1. Melakukan Restart Komputer

Cara mengatasi RAM penuh yang pertama adalah restart komputer. Windows mengenalkan fitur Fast Startup dimulai dari Windows 8 serta dipakai sampai Windows 10. Dengan fitur ini, saat anda lakukan shut down komputer, seluruhnya proses di RAM akan dipindah ke harddrive. Manfaatnya ialah komputer anda dapat berpijar bertambah cepat karena tak perlu mengolah ulangi data itu serta langsung ambilnya di harddrive.

Ini tidak ada di Windows 7. Saat shut down, Windows anda menghapus data yang berada di RAM serta mengolah ulangi semua saat komputer dihidupkan.

Karena fitur fast startup ini, dapat saja Windows anda masih simpan data-data yang tidak dipakai sepanjang anda memakai komputer. Restart akan meniadakan semua data yang berada di RAM serta berisi ulangi hingga pemakaian RAM dapat dikurangi.

Anda dapat lakukan restart komputer satu minggu sekali atau saat anda mulai berasa jika pemakaian RAM telah tinggi.

2. Menonaktifkan Aplikasi Saat Startup

Cara mengatasi RAM penuh yang kedua adalah menonaktifkan aplikasi saat startup/booting. Saat anda menghidupkan komputer, ada banyak aplikasi langsung jalan tanpa sepengetahuan anda. Ini membuat pemakaian RAM bertambah. Anda dapat mengendalikan aplikasi itu serta menonaktifkannya.

Triknya ialah pencet tombol CTRL + Shift + ESC untuk buka Task Manajer. Selanjutnya, tentukan aplikasi yang menurut anda tak perlu dimuat dengan automatis saat komputer nyala serta click “Disable” di bagian bawah kanan Task Manajer. Ini tidak meniadakan aplikasi itu serta cuman menonaktifkannya saja.

3. Menganalisis Pemakaian RAM

Cara mengatasi RAM penuh yang ketiga adalah analisis penggunaan RAM. Tiap aplikasi yang berjalan, tentunya memakai ruangan kosong di RAM. Tetapi apa anda ketahui berapa banyak yang dipakai? Seperti panduan awalnya, anda dapat memakai Task Manajer untuk mengenalinya.

Baca Juga: Cara Bermain Among Us Untuk Pemula

Membuka Task Manajer serta di bagian “Process”, anda dapat menyaksikan aplikasi yang berjalan serta berapa banyak pemakaian RAM-nya. Seperti gambar di atas, dapat anda saksikan jika aplikasi Firefox yang saat ini memakai banyak RAM. Untuk browser, anda dapat tutup tab yang tidak anda pakai serta pemakaian RAM akan turun sendirinya.

4. Gunakan Aplikasi Alternatif Yang Menggunakan Sedikit RAM

Cara mengatasi RAM penuh yang ke-4 adalah gunakan aplikasi yang menggunakan sedikit RAM. Aplikasi seperti browser saat ini benar-benar kuras pemakaian RAM. Karena itu, anda dapat cari pilihan browser lain jika memang perlu. Sebelumnya, kita perlu menganalisis kurang lebih browser mana yang semakin banyak memakai RAM. Triknya sama dengan panduan awalnya yakni memakai Task Manajer.

Di sini, saya menguji 2 browser terkenal, yakni Google Chrome serta Mozilla Firefox. Saya memakai extention yang serupa di 2 browser itu serta sama memakai versus terkini. Selanjutnya, saya terhubung 5 website di 2 browser itu. Hasilnya rupanya, pemakaian RAM untuk Firefox semakin tinggi dibanding Chrome.

Kerjakan hal yang juga sama dengan aplikasi lain. Untuk menyaksikan dokumen PDF, saya anjurkan anda memakai aplikasi SumatraPDF. Kerjakan hal sama dengan aplikasi lain bila sangat mungkin.

5. Lakukan Scan Malware Jahat

Cara mengatasi RAM penuh yang ke-5 adalah Scan Virus. Virus serta malware jahat yang lain bisa tingkatkan pemakaian RAM anda. Selain itu, Windows anda dapat error serta terserang permasalahan yang lain. Semua pemakai Windows 10 dapat tenang karena Windows Defender (Windows Security di Windows 10 versus terkini) telah dipasang saat anda install Windows 10. Tetapi, perlu anda check apa antivirusnya berjalan atau mungkin tidak.

Membuka Start serta tulis “windows security” serta pencet enter. Bila seluruhnya posisi memiliki warna hijau, itu berarti komputer anda sudah terlindungi. Untuk keamanan selanjutnya, saya mereferensikan anda untuk memakai aplikasi Malwarebytes serta lakukan scanning dengan aplikasi itu.

6. Gunakan ReadyBoost

Cara mengatasi RAM penuh yang ke-6 adalah menggunakan fitur  ReadyBoost. Fitur ini sudah ada sejak Windows Vista. Saya juga pernah mengulas ReadyBoost di artikel awalnya. Pokoknya, anda dapat memakai Flash Disk untuk ‘tambahan RAM’. Tetapi, Ini cuman berlaku untuk komputer yang memakai harddisk. Bila komputer anda telah memakai SSD, anda tidak memperoleh tambahan kecepatan apa saja.

Untuk hasil optimal, dianjurkan anda memakai flash disk dengan kemampuan 2x dari kemampuan RAM. Bila anda mempunyai komputer dengan RAM 4 GB, dianjurkan anda memakai flashdisk dengan 8 GB serta demikian selanjutnya.

7. Beli RAM Baru

Cara mengatasi RAM penuh yang terakhir adalah membeli RAM baru. Bila di rasa masih tidak cukup cukup, tidak ada cara lain selain anda menambahkan RAM baru. Pilihan ini jadi pilihan yang terbaik, meskipun pada akhirnya anda harus menyisihkan uang. Dengan aplikasi komputer yang makin banyak fiturnya, RAM juga kemampuan besar juga benar-benar diperlukan.

Bila anda menyaksikan netbook baru, semua saat ini mempunyai RAM minimum 4 GB. Tidak seperti dahulu yang minimum 2 GB.

Kesimpulan

Usai sudah artikel cara mengatasi RAM penuh di Windows. Saya percaya saat anda telah jalankan panduan di atas, anda dapat kurangi pemakaian RAM serta komputer anda akan berasa bertambah cepat. Lalu, dari seluruhnya panduan di atas, yang sangat anda gemari? Yok komentari anda di kotak tanggapan di bawah.