5 Cara Membuat Program di Komputer dengan Mudah dan Sederhana

  • 2 min read
  • Dec 01, 2020
cara membuat program di komputer

Maskodin, Berita Komputer Terbaru –  Memabahas soal komputer, tentu tidak jauh dengan dunia pemorgraman. Di mana mulai banyak yang mencari cara membuat program di komputer dengan mudah cepat baik bagi pemula maupun profesional sekali pun. Program di komputer tidak akan jauh dari algoritma pemrograman, hal ini lah yang perlu kita ketahui sebelum mebahas lebih dalam lagi.

 

Jadi, sebelum kita belajar membuat program di komputer, maka kita perlu memahami bagaimana algoritma pemrograman terlebih dahulu. Algoritma pemrograman adalah langkah yang berurutan dalam menyelesaikan suatu permasalahan secara logis dan sistematis.

Langkah dan Cara Membuat Program di Komputer

Tanpa basa basi panjang kali lebar, sebaiknya langsung saja kita bahas bagaimana cara membuat program di komputer dengan mudah dan benar.

Definisi Masalah Program di Komputer

Sebelum lanjut ke penulisan pemorgraman, sebaiknya kamu mendefinisikan masalah yang kemungkinan terjadi. Maka, kita perlu mengetahui titik permasalahannya terlebih dahulu baru kita bisa lanjut menulis program. Karena jika kita menulis programnya terlebih dahulu, maka permasalahan pun akan semakin lama untuk diselesaikan bahkan akan timbul masalah yang lebih besar.

Artinya, jangan terlalu buru-buru bisa menulis code pemrograman terlebih dahulu. Tentukan dahulu masalah yang akan timbul. Karena kamu akan bingung menulis program jika belum mengetahui masalahnya.

Tentukan masalahnya apa, lalu lanjut ke langkah menulis pemrograman.

Cari Solusi

Jika sudah mengetahui permasalahannya, lalu kita cari bagaimana solusinya. Tak mungkin ada penyelesaian jika kita tidak memiliki solusi pada suatu masalah. Setiap ada masalah pun pasti ada solusinya, di sini kamu harus cari solusinya dari setiap masalah yang telah ditemukan.

Jika masalah yang akan muncul begitu banyak, sebaiknya cari solusi dari masalah terkecil dahulu, kemudian dilanjutkan ke masalah yang lebih besar. Karena biasanya masalah timbul dari masalah sebelumnya atau saling berhubungan antara masalah satu dengan masalah lainnya.

Dengan memiliki solusi, maka kita bisa menuliskan program utama kita lebih singkat dan efisien. Sehingga kita bisa melihat masalah dan solusi dengan mudah.

Menentukan Algoritma

Dalam menentukan solusi sebaiknya jangan hanya memiliki satu opsi saja, sebaiknya buat beberapa opsi untuk menyelesaikan suatu masalah. Jika opsi satu tidak bisa, maka bisa menggunakan opsi lain. Di sinilah algoritma akan terbentuk.

Jika algoritma telah terbentuk maka kamu harus memilih algoritma yang efektif dan efisien. Artinya, pilihlah algoritma yang sekiranya lebih mudah dilakukan dan tidak menghambat penulisan program mu nanti.

Langkah selanjutnya pada cara membuat program di komputer adalah menulis code. Langkah ini adalah langkah yang paling diidam-idamkan oleh banyak orang. Karena bisa dibilang sebagai langkah akhir dalam membuat pemrograman pada suatu komputer.

Namun, perlu diingat bahwa menulis code akan ditemukan bug atau error. Di mana bug atau error ini merupakan kesalahan kita dalam menulis coding atau ada masalah yang belum terselesaikan. Maka kita perlu cari masalah tersebut dan segera mengatasinya dengan opsi lain.

Jika bug dan error sudah diatasi, saatnya program dibuild alias dibuat dan disimpan untuk bisa digunakan.

Menguji

Kamu bisa menguji program yang sudah kamu buat dengan mempraktekkannya pada komputer kamu.

Nah, itulah cara membuat program di komputer dengan mudah dan sederhana. Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu berlangganan konten di blog ini yang akan mengulas berbagai pengetahuian tentang teknologi terbaru. Sampai jumpa!