Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru | Bukan merupakan hal yang aneh apabila laptop yang sedang kita gunakan tiba-tiba hang tidak ada aktivitas alias eror tidak mau merespon perintah yang kita berikan. Tidak hanya laptop atau notebook, PC biasa pun juga terkadang sering mengalami hang entah akibat piranti keras atau piranti lunaknya. Mau tidak mau harus mengambil keputusan terhadap komputer kita yang hang.

Jika komputer atau laptop kita berhenti begitu saja tidak mau merespon apa pun yang kita perintahkan atau berjalan sangat lambat sehingga tidak menunjukkan tanda-tanda yang berarti maka satu-satunya cara yang bisa kita lakukan adalah reset paksa atau dimatikan paksa. Bagi yang sudah mengusai banyak ilmu komputer mungkin informasi ini bukanlah sesuatu yang baru, namun bagi yang masih pemula ini akan cukup membantu.

Cara Nonaktifkan Komputer Dengan Tombol Keyboard

Laptop sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pelajar, mahasiswa, guru maupun pengusaha. Seiring perkembangan teknologi dan software internet, banyak pengguna laptop yang menginstal aplikasi apa saja tanpa melihat prioritas aplikasi yang dibutuhkan untuk membantu pekerjaan.

Akhirnya, banyak laptop yang tiba-tiba hang, not responding, lemot/lambat bahkan crash karena kelebihan beban aplikasi dan tidak melihat kemampuan laptop. Hal ini tentu saja mengganggu aktifitas kerja anda, terlebih jika pekerjaan itu menuntut untuk segera diselesaikan.

Dapat diibaratkan kita bersih-bersih, mulai dari aplikasi, software, bahkan driver serta tool-tool yang tidak diperlukan. Selain itu, melakukan cek up pada hardware juga amat penting dilakukan. Kali ini Tim Futureloka akan membahas mengenai Beragam Cara Mematikan Laptop Error Atau Hang dengan Mudah dan Tanpa Ribet, berikut ulasannya :

Cara Mematikan Laptop Windows 8

Banyak fitur windows 8 yang sudah mengalami perubahan cukup jauh dari edisi windows sebelumnya, termasuk salah satunya tombol power options atau cara mematikan windows yang tersembunyi. Berikut ini cara mematikan Laptop Windows 8 :

Mematikan Windows dari Tombol Tersembunyi

Cara ini adalah langkah atau tahapan resmi yang dianjurkan Microsoft, yaitu melalui charmbar yang berada di sidebarwindows. Langkah mematikan windows 8 adalah dengan mengarahkan kursor mouse ke pojok kanan bawah atau atas sampai charm bar muncul » klik tombol Settings » Power » lalu pilih Sleep, Shutdown atau Restart sesuai kebutuhan Anda. Sebagai catatan, 3 cara mematikan windows ini sudah cepat dan sesuai dengan keamanan sistem dan berhubung judul artikel juga mengedepankan kecepatan. Cara ini butuh waktu sekitar 4-5 detik.

Baca Juga: Hero Terbaik Untuk Solo Rank Mobile Legends Season 18

Cara Mematikan Windows dari Desktop

Adapun mematikan windows dari desktop berlaku tidak hanya bagi windows 8 tapi juga bagi semua Edisi Windows. Caranya windows Anda harus sudah berada pada posisi Desktop » lalu tekan tombol ALT + F4 (ShutDown Windows akan muncul) » dan tinggal pilih opsi Shutdown, Sleep, Restart, SignOut atau SwitchUser. Cara ini memerlukan waktu sekitar 3-4 detik.

Mematikan Windows dengan Shortcut

Mematikan Windows dengan shortcut adalah favorit saya. Cara ini aman karena sebenarnya memanfaatkan fitur run command yang terintegrasi pada windows. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat fileshortcut berisi perintah shutdown (sama halnya dengan mematikan komputer dari commandprompt, tapi cara ini lebih efektif lebih ringkas dan cepat). Silahkan klik kanan di desktop dan buat “New Shortcut” atau pintasan baru, lalu masukan kode di bawah ini pada “Typelocationofthe item”.

Setelah itu masukan nama apa saja seperti “ShutDown” dan klik finish, selesai (atau downloadfile shutdownshortcut). Sekarang, untuk mematikan windows Anda hanya perlu doubleclick saja file ini dan komputer akan mati sendiri. Cara ini butuh waktu sekitar 1-2 detik saja. Sementara untuk Restart tinggal ubah kode di atas menjadi shutdown.exe /r /t 00 atau untuk bibernate shutdown.exe /h.

Saya temukan cara ini ketika sedang asyik belajar membuat perintah pada CommandPrompt untuk aplikasi windows pertama saya TimeInformation yaitu aplikasi komputer berbicara setiap pergantian jam, dan ternyata perintah commandprompt tersebut bisa juga diaplikasikan pada shortcut.

Cara Mematikan Laptop Windows 10

Pada umumnya untuk melakukan ShutDown entah itu pada Windows 7 , 8 ataupun Windows 10 pasti mencari dimana tombol shutdown berada. Misalnya di Windows 7 orang akan menekan tombol Start lalu pilih power terus klik shutdown , di Windows 8 ke Charm Bar lalu mencari shutdown, bahkan di Windows 10 terulang lagi cara seperti di Windows 7. Oke itu memang cara yang benar, tetapi juga cara yang biasa dilakukan semua orang. Berikut ini cara mematikan Laptop Windows 10 :

1. Klik Kanan pada Start

Jika kamu klik kanan pada tombol Start, akan muncul banyak sekali shortcut.  Lalu lihatlah pada shortcut paling bawah kedua, ada shortcut menu Shutdown or sign Out. Nah pilih saja shortcut menu tersebut dan klik Shutdown maka Windows akan mati.

Cara Mematikan Laptop Lewat Keyboard

Setiap kali kalian menggunakan laptop, kalian pati mempunyai arah atau tujuan yang keluar di pikiran kalian untuk menggunakan alat elektronik yang satu ini. Beberapa tujuan itu sangat berbeda, barnagkali hanya untuk mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan tugas kantor, mengedit sebuah foto, mengarsipkan berkas, main game, browsing, atau hanya sekedar menonton video kesukaan kalian. Meningkatnya penggunaan laptop, memunculkan sebuah kebiasaan diantarauser laptop, misalnya menghidupkan dan tidak lama kemudian mematikan laptop dengan meng-klik shutdown.

Saat kalian menggunakan laptop atau komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang tidak membebankan RAM laptop kalian, dan ingin mematikan laptop tersebut tidaklah sulit. Mungkin proses mematikaanya tidaklah melalui proses yang lama. Tetapi, berbeda masalahnya jika kalian menggunakan beberapa aplikasi yang membebani RAM laptop kalian, seperti menggunakan aplikasi Photoshop misalnya. Mematikan laptop memerlukan waktu cukup lama juga, karena kita harus menunggu laptop harus benar-benar mati. Berikut ini cara mematikan llaptop lewat keyboard  :

Cara mematikan komputer dengan keyboard di windows XP

  • Tekan tombol windows, kemudian tombol U dan U lagi. (Windows+U+U) Dengan begitu maka komputer Anda akan segera mati dengan perlahan.
  • Anda juga dapat menggunakan cara kedua, yaitu dengan menekan tombol alt+F4 di keyboard Anda, dan menekan lagi tombol U.

Cara mematikan komputer dengan keyboard di windows 7

  1. Tekan tombol windows, kemudian tekan tombol panah ke kanan, dan tekan enter. Ini adalah cara yang paling saya sukai. Cukup dengan dua langkah, dalam posisi apa pun baik di desktop atau tidak, kita bisa shutdownwindows 7 dengan cepat.
  2. Tekan tombol alt+F4, kemudian tekan enter. Tapi untuk yang ini Anda harus berada pada posisi desktop ya sobatku. Soalnya kalau masih di depan aplikasi yang terbuka, tombol alt+F4 berfungsi untuk menutup aplikasi (sama kayak tombol close di pojok kanan atas)

Cara Mematikan Komputer Dengan Keyboard Di windows 8 dan 10

Caranya masih sama seperti windows XP dan 7. Silahkan berada pada desktop, kemudian klik alt+F4. Kalau pada windows 8 Anda muncul tampilan seperti berikut, berarti tanpa perubahan langsung saja tekan enter di keyboard komputer atau laptop Anda.

Untuk mempersingkat proses shutdown kalian dapat menggunakan tombol keyboard. Cukup dua kali tekan, shutdown sudah berjalan. Langkah pertama, kalian tekan tombol kombinasi Alt + F4. Lalu, kalian tekan tombol U. Proses Shutdown komputer sudah berjalan. ini untuk semua jenis Sisten Operasi pada laptop.