Cakupan 5G Tersedia Hingga 1 Miliar Pada Akhir Tahun 2020

  • 2 min read
  • Dec 14, 2020
Cakupan 5G Tersedia Hingga 1 Miliar Pada Akhir Tahun 2020

Maskodin, Berita Tekno TerbaruEricsson Mobility Report 2020 telah dirilis, dan informasi di dalamnya sepenuhnya diwarnai oleh dampak virus Corona baru di dunia tahun ini. Tidak heran disana. Seperti yang dinyatakan dalam pendahuluan, “kebutuhan dasar untuk komunikasi yang baik adalah landasan” dari apa yang terjadi ketika begitu banyak orang harus tinggal di rumah.

Sementara aspek yang menarik adalah ada 1 miliar orang di wilayah yang sudah tercakup oleh jaringan 5G, menurut data Ericsson, mereka mengharapkan hanya 220 juta langganan 5G yang akan aktif pada akhir tahun ini (berkat peningkatan penyerapan di China), dan hanya 150. Sejuta di antaranya akan menggunakan perangkat yang mendukung teknologi 5G. Ini relatif setara dengan prediksi Ericsson dalam laporan dua tahun lalu. Prospek Amerika Utara tidak banyak berubah.

Apa yang berubah, menurut Ericsson Mobility Visualizer, adalah penurunan yang diharapkan pada 4G LTE. Dua tahun lalu, data menunjukkan LTE dan 5G memiliki penggunaan yang setara pada pertengahan 2023, dan kemudian 5G akan menyusulnya. Sekarang, mereka cenderung untuk melakukan lindung nilai atas taruhan mereka, sepertinya operator dan pengguna akan mempertahankan LTE sebelum langganan 5G di seluruh dunia hingga 2026. Faktanya, pembuatan LTE terus memenuhi permintaan, yang cukup sampai Ericsson berpikir itu akan menjangkau 95% dari populasi. Pada 2026.

Cakupan 5G Tersedia Hingga 1 Miliar Pada Akhir Tahun 2020

Namun, sebagai perbandingan, 5G diharapkan memiliki tingkat penyerapan yang lebih tinggi dibandingkan saat 4G (2009 hingga 2017) lebih tinggi. Sekarang ada 150 perangkat berkemampuan 5G (termasuk iPhone baru). Setidaknya ada satu perangkat di luar China yang harganya kurang dari $ 300. Pada tahun 2026, mereka memperkirakan bahwa 5G akan membawa lebih dari 50% lalu lintas data seluler dunia. Ini bahkan tidak menghitung lalu lintas dari koneksi akses nirkabel tetap.

Akses nirkabel tetap (FWA) adalah koneksi internet cepat, seperti fiber atau kabel, tetapi tanpa kabel. Ini memerlukan beberapa jenis peralatan khusus pelanggan (disebut CPE untuk “peralatan gedung pelanggan”) yang tidak bergerak, jadi informasi ini tidak termasuk hotspot Wi-Fi portabel yang bergantung pada baterai. Koneksinya bisa 4G, 5G, atau yang lainnya (ingat WiMAX?). Segmen ini tumbuh hampir di setiap kawasan kecuali kawasan Asia Pasifik. Dua ratus penyedia layanan FWA kini dimiliki di seluruh dunia, naik dari 103 pada Desember 2018. Di Amerika Utara, 50% penyedia adalah FWA pada saat itu; 80% memilikinya sekarang.

Perlu dicatat bahwa laporan tersebut mengatakan bahwa dari dua miliar rumah tangga di dunia, pada akhir tahun lalu, 1,2 miliar (60%) memiliki beberapa bentuk broadband. Persentase tersebut akan meningkat menjadi 70% pada tahun 2026 – sebagian karena FWA akan “dilihat sebagai opsi alternatif untuk 300 juta pelanggan DSL yang ada”.

Ini hanyalah puncak gunung es dalam laporan tersebut. Baca semuanya atau ambil bagian dalam webinar di Ericsson.com. Anda juga dapat mengunjungi laporan tahun-tahun sebelumnya mulai tahun 2014 untuk melihat perubahannya.