Maskodin, Berita Teknologi Gadget Terbaru – Apple akan mengadakan acara untuk 10 November mendatang, acara itu diprediksi akan digunakan Apple untuk mengenalkan 3 MacBook baru yang menggunakan CPU karya Apple sendiri yang berbasis ARM.

Rencananya, akan ada 3 buah laptop, yaitu 1 model MacBook Air 13 inci serta 2 model MacBook Pro masing-masing 13 serta 16 inci.

Perusahaan sudah menjelaskan jika mereka akan mengubah semua lini CPU yang sebelumnya menggunakan produk dari Intel dalam 2 tahun ke Apple Silicon. Dilansir Apple Insider, Apple Silicon merupakan prosesor rancangan Apple, yakni sistem pada suatu chip serta sistem dalam prosesor paket yang direncanakan oleh Apple, terutama memakai arsitektur ARM.

Sistem ini merupakan dasar dari platform iPhone, iPad, serta Apple Watch Apple, serta beberapa produk seperti HomePod, iPod touch, serta Apple TV.

Tim Cook CEO Apple perkenalkan chipset berbasis ARM untuk MacBook akan disematkan dalam kurun waktu dekat, hingga gelaran ini diprediksi merupakan momen perkenalannya.

Disebut saat itu, waktu peralihan dari chipset sebelumnya yang disuplai Intel, ke chipset Apple, perlu waktu 2 tahun.

Masalah performa, Apple memberikan janji bahwa prossesor ini akan mengangkat performa jauh lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Hal ini disokong dengan arsitektur yang mempermudah pengembang untuk menulis serta mengoptimalkan aplikasi di setiap perangkat Apple yang berbasis ARM.

Baca Juga: HUAWEI Watch GT 2 Pro, Smartwatch Canggih Yang Tahan 14 Hari

Jejeran aplikasi pro Apple di OS baru Mac yaitu macOS Big Sur, dikatakan akan segera diperbarui untuk mendukung silikon baru Mac ini.

Tidak hanya jejeran aplikasi asli Apple, Microsoft dengan Office-nya, sedang melakukan pembaruan untuk mendukung silicon ARM ini. ARM sendiri sudah diuji Apple serta terbukti memperoleh peningkatan performa yang cukup signifikan