Maskodin, Berita Tekno Terbaru – Smartphone 5G pertama dari Apple dan Google kemungkinan baru-baru ini masuk pasar, tapi itu tidak menghentikan beberapa perusahaan tersebut bekerja sama dengan orang lain dalam mengembangkan seperti apa teknologi 6G kedepannya.

Sama seperti yang terlihat Mobile World Live , raksasa teknologi Apple, Google, dan LG sudah tergabung dengan group industri “Next G Alliance,” yang tujuannya termasuk memajukan kepimpinan global Amerika Utara atas lajur evolusi 5G dan pengembangan awal 6G” dan membuat “Next G peta jalan peningkatan yang akan mempromosikan pasar yang aktif untuk pengenalan, adopsi, dan komersilisasi 6G dengan menimbang pengembangan Amerika Utara.

Seperti disampaikan Cnet, anggota pendiri grup yang lain, yang dibentuk oleh Alliance for Telecommunications Industry Solutions, termasuk operator AS AT&T , Verizon , US Cellular dan T-Mobile, dan Charter Communications serta operator Kanada Bell and Telus. Microsoft , Samsung , Facebook, Cisco , Ericsson , Intel , Nokia dan Qualcomm seluruhnya anggota pendiri.

Yang tidak ada dalam perincian yaitu Huawei, raksasa teknologi China yang paling berperan dalam segi jaringan penyebaran 5G awal. Laporan tahun kemarin memperlihatkan Huawei mulai melakukan riset 6G sendiri.

Menurut situs NextG Alliance, anggota pendiri akan diwakilkan oleh eksekutif bisnis senior dan ditugaskan untuk memastikan strategi dan instruksi Koalisi.

Kelompok kerja diharapkan akan mulai berkerja di awal 2021, walau tidak ada batasan waktu kapan 6G akan masuk pasar atau seperti apakah bentuk atau penawarannya. Teknologi baru kerap kali memerlukan waktu sekian tahun untuk berkembang, dan ini hanya dua dari pertanyaan yang akan mencoba dijawab oleh grup ini pada saatnya.