Maskodin, Portal Berita Teknologi Terbaru– Saat ini laptop atau komputer keluaran baru telah jarang-jarang yang mempunyai slot Optical Drive atau CD. Karena CD telah tidak begitu penting kehadirannya karena penyimpanan yang ada di laptop atau komputer tersebut telah lebih dari cukup.

Bahkan juga bila penyimpanan di laptop mulai penuh dapat memakai harddisk external yang kemampuannya semakin besar dibandingkan CD. Memang harga harddisk external makin atau dapat disebutkan benar-benar mahal per 1000 Gb / 1 Tb dibanding pada harga CD.

CD masih dibutuhkan kemungkinan pada keadaan untuk burning data seperti tempat instalasi windows dengan file ISO, atau untuk kamu seorang pelajar masih diperlukan untuk kumpulkan pekerjaan. Walau hal itu sangat jarang-jarang didapati untuk saat ini.

Kalau juga memang seharusnya memakai CD, namun laptopmu tidak ada Optical Drive. Maka, kamu diwajibkan beli alat untuk menyambungkan laptop supaya bisa memakai CD serta meng-install aplikasi untuk burning CD tersebut.

Bila kamu belum mengetahui apa aplikasi untuk burning CD. Di kesempatan kali ini saya akan memberi beberapa software burning CD terbaik untuk windows yang dapat kamu pakai.

Aplikasi Burning CD Terbaik

Di bawah ini saya telah meringkas beberapa rekomendasi aplikasi burning CD gratis dan berbayar yang pasti ringan dan terbaik untuk di gunakan.

1. Nero Burning

Aplikasi burning CD yang ringan dan terbaik yang pertama yakni Nero. Dilapisan pemakai windows, aplikasi ini sangat terkenal serta terbanyak dipakai karena keringanan pengoperasiannya.

Nero mempunyai sejumlah fitur yang paling komplet seperti converter, tempat manajer, burner, ripper, serta feature backup dan restore. Feature komplet ini ada cuman di aplikasi yang premium untuk versi gratisnya Nero tidak mempunyai feature selengkap di premium.

Cara memakai Nero lumayan gampang yakni dengan masukan CD ke Optical Drive yang ada. Seterusnya tentukan menu sesuai kemauanmu. Bila ingin burning tinggal tentukan feature untuk burning serta nantikan prosedurnya.

2. PowerISO

PowerISO tentu kamu pernah mendengarnya kan? Yup PowerISO sangat powerfull untuk lakukan burning CD khususnya untuk pemakai windows. Kamu dapat lakukan burning file gambar seperti ISO, BIN, NRG, CDI, DAA, serta pola yang lain.

Feature yang ada di PowerISO mempermudah kamu dalam mengekstrak serta buka file ISO. Bahkan juga untuk lakukan mount ISO dapat juga dilaksanakan dengan gampang. Tidak cuma file ISO saja tetapi kamu dapat juga burning data, lakukan ripping ke file MP3, FLAC, WMA, BIN, APE, dan sebagainya.

3. CDBurnerXP

Seterusnya yakni ada aplikasi namanya CDBurnerXP. Tidak seperti 2 aplikasi awalnya yang mempunyai feature benar-benar komplet, namun CDBurnerXP dapat juga untuk lakukan burning data, audio, bahkan juga file ISO ke CD/DVD/HD-DVD/Blu-ray.

Bila kamu memikir kalau aplikasi ini cuman dapat dipakai di windows XP karena ada di belakang nama aplikasinya ada XP kamu salah. Aplikasi ini dapat digerakkan di windows 7 sampai windows 10 kok.

4. ImgBurn

Sama dengan dengan CDBurnerXP di aplikasi ImgBurn kamu dapat lakukan burning CD ke pola file gambar, dimulai dari BIN, CCD, CDI, CUE, DI, DVD, GI, IMG, MDS, NRG, PDI.

ImgBurn suport file berformat CD/DVD/Blu-Ray bahkan juga HD-DVD. Aplikasi ini dilengkap dengan 5 model: Read (membaca disk), build (membuat file gambar dari disk), write (membaca file disk), verify (lakukan pengujian disk), discovery (lakukan tes di disk).

5. Ultimate CD/DVD Burner

Lantas yang terakhir aplikasi burning CD terbaik dan ringan untuk digunakan versi saya yakni Ultimate CD/DVD Burner. Sama juga dengan aplikasi yang lain, Ultimate CD/DVD Burner dapat juga lakukan burning untuk file CD-R, CD-RW, DVD-R, DVD-RW. Ditambah dengan keringanan serta kesederhanaan dari aplikasi ini yang menolong orang pemula untuk lakukan burning.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang 5 rekomendasi beberapa aplikasi burning CD terbaik dan ringan untuk windows yang dapat kamu pakai untuk lakukan burning beberapa file yang diperlukan. Mudah-mudahan info tentang aplikasi burning CD terbaik ini berguna ya guys jangan lupa sharing artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Terima Kasih