Fungsi Tab Menu dan Icon Microsoft Publisher


Pembahasan kali ini akan menjelaskan apa fungsi tab menu dan icon Microsoft Publisher, Fungsi menu bar dan toolbar Microsoft publisher dan Membahas Tampilan Microsoft Publisher Secara Lengkap.

Membahas Tampilan Menu Pada  Microsoft Publisher dan Kegunaannya.

Fungsi Tab Menu dan Icon Microsoft Publisher, tab menu microsoft publisher, menu microsoft publisher, apa fungsi tab menu microsoft publisher

Suatu aplikasi ataupun program komputer selalu saja Anda akan dipaparkan dengan tampilan dalam suatu program tersebut. Tentu saja hal ini sudah menjadi pasti, tidak mungkin  suatu software atau aplikasi tidak bisa face to face atau saling tatap menatap antara user dan aplikasinya.
Sistem ini yang dinamakan GUI (Graphic User Interface) dimana para user bisa melihat langsung suatu program atau software guna mempermudah atau menjalankan program tersebut.
Sama halnya dengan Microsoft Publisher ini, pada Microsoft publisher juga memiliki tampilan yang memudahkan penggunanya untuk menjalankan program Microsoft publisher. Lalu seperti apa tampilan Microsoft publisher dan bagaimana memahami Microsoft publisher? Berikut akan saya jelaskan mengenai Microsoft publisher secara lengkap:

Langkah Melihat Tampilan Microsoft Publisher Publisher 2007

Langkah pertama untuk membuka Microsoft publisher, klik Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Publisher 2007.
Fungsi Tab Menu dan Icon Microsoft Publisher, tab menu microsoft publisher, menu microsoft publisher, apa fungsi tab menu microsoft publisher

Setelah itu akan terlihat tampilan awal Microsoft publisher 2007. Dari atas yaitu terdapat menubar, terdiri dari atas File, Edit, View, Insert, dsb. Menu ini berfungsi karena kita belum membuka template atau halaman kosong (blank page). 
Dibawahnya terdapat fasilitas pencarian yaitu terbuka jendela “Getting Started with Microsoft oofice publisher 2007” yang berisi 12 tipe publikasi popular yaitu Blank Page Sizes, Brochures, Bussines Cards, Calender, E-Newsletter, Postcards, Web Sites. 

12 tipe publikasi ini juga dapat Anda pilih pada menu “Publication tips” (jendela sebelah kiri). Kemudian jendela sebelah kanan yaitu “Recent Publications”, yaitu menampilkan publikasi yang terakhir Anda buat dan Anda simpan (jika belum membuat publikasi maka recent publication akan kosong.
Jendela sebelah kiri terdapat menu Microsoft Publisher (yang terdiri atas Getting Started  dan My Template), kemudian dibawahnya yang terdapat pilihan jenis publikasi (publication types) yang berjumlah 28 jenis, berikut ini pembahasan satu persatu jenis publikasi yang ada.


1. Blank Page Size

Fungsi Tab Menu dan Icon Microsoft Publisher, tab menu microsoft publisher, menu microsoft publisher, apa fungsi tab menu microsoft publisher

Blank Page Sizes, yaitu halaman kosong untuk membuat desain publikasi. Jadi Anda membuat satu desain publikasi misal kartu nama, iklan, kartu ucapan dan lain-lain disebuah halaman kosong dengan berbagai pilihan format ukuran. Disini Anda dapat memilih berbagai ukuran kertas untuk desain standar iklan, kartu bisnis, amplop, kartu ucapan, poster dan sebagainya. Blank size juga terdapat pada setiap jenis publikasi lainnya, misal pada advertisemens award certificates, banners, brochures, dan sebagainya.


2. Advertisements

Fungsi Tab Menu dan Icon Microsoft Publisher, tab menu microsoft publisher, menu microsoft publisher, apa fungsi tab menu microsoft publisher

Advertisements yaitu untuk membuat iklan mini, misal iklan tentang produk komputer, handphone, furniture, kaos dan lain-lain atau jasa seperti jasa catering, sablon, konsultan dan lain-lain. Disini terdapat beberapa pilihan template yang dapat Anda gunakan seperti Art Emphasis, Bring-in, Equal Emphasis, dan sebagainya.


3. Award Certificates

Fungsi Tab Menu dan Icon Microsoft Publisher, tab menu microsoft publisher, menu microsoft publisher, apa fungsi tab menu microsoft publisher

Award Certificates, yaitu untuk membuat sertifikat misal sertifikat komputer, sertifikat bahasa inggris, seritifikat seminar dll. Disini Anda dapat memilih berbagai template Achievement, Appreciation, Double Border, Pyramids dsb.


4. Banner


Banner, yaitu untuk membuat banner atau spanduk, misal banner informasi, penjualan, event, dsb. Disini Anda dapat memilih berbagai template yang telah disediakan, misal untuk banner “Sale” Anda juga dapat memilih Bake Sale, Clearance Sale, Yard Sale dan lain-lain.


5. Brochures


Brochures, yaitu untuk membuat brosur, misal brosur lembaga bimbingan universitas dan lain-lain. Disini Anda dapat memilih berbagai template yang disediakan, template yang telah disediakan yaitu brosur lipat yang terdiri dua halaman timbal balik.


6. Bussines Card


Bussines Card, yaitu untuk membuat kartu bisni atau kartu nama. Disini ada banyak template yang dapat Anda gunakan, misal Arrows, Bounce, Brocade, Color Band, dsb.


7. Bussines Forms


Bussines Forms, yaitu untuk membuat formulir bisnis, misal laporan biaya, faktur, order pembelian, daftar inventaris, formulir fax. Disini ada banyak template yang dapat digunakan, misal Accent Box, Accessory Bar, Arcs, Axis dsb.


8. Calenders


Calenders, yaitu untuk membuat kalender. Disini banyak pilihan template yang dapat Anda gunakan dan Anda dapat memilihnya yang Full Page atau Wallet Sizes.


9. Catalogs


Catalogs, yaitu untuk membuat catalog, misal daftar dan keterangan tentang produk dan jasa yang dijual. Template yang dapat Anda gunakan seperti Arrows, Brocade, Modular, dan PhotoScope.


10. E-mail


E-mail, yaitu untuk membuat pesan atau informasi elektronik tentang suatu even atau aktifitas, penjualan produk atau jasa, surat. Selanjutnya dapat Anda kirim sebagai email (Attacment). Ada berbagai template yang dapat Anda gunakan seperti Marker, Bounce, Perforation, dan Tabs.


11. Envelopes


Envelopes, yaitu untuk membuat desain amplop surat. Ada berbagai template yang dapat Anda pilih dan gunakan, misal Block, Borders, Bars, dan Cascade.


12. Flyers


Flyers, yaitu untuk membuat flyer atau pamflet, misal tentang informasi produk atau jasa, penawaran special, penjualan barang dan event.


13. Gift Certificate


Gift Certificate, yaitu untuk membuat sertifikat. Berbagai template yang menarik dapat Anda pilih dan gunakan, misal Accent Box, Accessory Bar, Arcs dan Blends.


14. Greeting Cards


Greeting Cards, yaitu untuk membuat kartu ucapan misal kartu ucapan selamat ulang tahun, selamat tahun baru, ucapan terimakasih, ucapan valentine, dan ucapan selamat atas pernikahan. Disini banyak template yang dapat Anda gunakan sesuai dengan ucapan yang ingin Anda sampaikan.


15. Import Word Documents


Import Word Documents, yaitu untuk membuat desain buku, majalah dan tabloid. Dengan cara mengambil dari file dokumen (Ms Word) yang telah Anda simpan. Template-template yang telah disediakan mempermudah Anda dalam membuat dokumen yang berbentuk buku atau lembar biasa dengan desain yang menarik.


16. Invitation Cards


Invitation Card, yaitu untuk membuat kartu undangan, misal undangan ulang tahun, undangan pesta dan undangan makan malam. Disini ada berbagai template dapat Anda gunakan sesuai keinginan Anda.


17. Labels


Labels, yaitu untuk membuat label, misal label pengiriman barang, label alamat, label disket, CD/DVD dan kaset. Dalam pembuatan label Anda dapat menggunakan berbagai template yang telah disediakan.


18. Letterhead


Letterhead, yaitu untuk membuat kepala surat atau blanko surat. Disini telah disediakan banyak template yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda, yang kemudian dapat Anda ubah format dan tulisannya.


19. Menus


Menus, yaitu untuk membuat menu, misal daftar menu makanan suatu restoran atau rumah makan dan menu kue. Untuk membuat menu ini Anda dapat menggunakan berbagai template yang telah disediakan dengan bentuk satu atau dua halaman.


20. Newsletter


Newsletter, yaitu untuk membuat newsletter atau berita berkala, misal tentan berita grup band, bisnis, event dan lain sebagainya. Newsletter ini terdiri dari empat halaman bolak-balik. Disini tersedia bermacam-macam template yang dapat Anda gunakan sesuai keinginan Anda.


21. Paper Folding Project


Paper Folding Project, yaitu untuk membuat rancangan lipatan kertas misal rancangan pesawat terbang dan origami. Disini tersedia beberapa template yang dapat Anda gunakan misal Classic, Stubby dan Wing Tip.


22. Postcards


Postcards, yaitu untuk membuat kartu pos, misal berisi informasi produk atau jasa penjualan, event, dan ucapan terimakasih. Disini terdapat berbagai macam template yang dapat Anda pilih dan gunakan.


23. Programs


Programs, yaitu untuk membuat suatu program atau acara, misal program konser music dan pementasan drama. Disini terdapat tiga template yang dapat Anda gunakan yaitu Music, Religios Service dan Theater.


24. Quick Publication


Quick Publication, yaitu untuk membuat publikasi singkat dan cepat. Disini Anda dapat memilih berbagai macam template yang telah disediakan.


25. Resumes


Resumes, yaitu untuk membuat resume atau data diri, disini Andas daoat memilih template berdasarkan katergori Entri Level, Chronological atau Curriculum Vitae.


26. Signs


Signs, yaitu untuk membuat tanda yang biasanya untuk ditempel, misal tanda No Smoking, Open, Closed, dan Wet Paint.


27. Web Sites


Web Sites, yaitu untuk membuat halaman web. Halaman web ini nantinya dapat Anda simpan dan format *html yang selanjutnya dapat dipublikasikan di internet pada suatu web hosting yang Anda ikuti. Anda dapat menambah halaman-halaman baru untuk dapat Anda isi iformasi lainnya. Disini terdapat banyak template yang dapat Anda gunakan untuk membuat halaman web.


28. With Cimpliments Cards

Fungsi Tab Menu dan Icon Microsoft Publisher, tab menu microsoft publisher, menu microsoft publisher, apa fungsi tab menu microsoft publisher

With Compliments Cards, yaitu untuk membuat kartu ucapan atau salam. Disini terdapat banyak template yang dapat Anda gunakan, misal Accent, Box, Blend, Blocks dan Capsules.

Kesimpulan

Itulah tampilan Tab menu pada Microsoft office publisher dan kegunaanya. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini mengenai Microsoft publisher 2007, kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam pembahasan mengenai komputer secara detail dan lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Tab Menu dan Icon Microsoft Publisher"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel