Fungsi IRR (Internal Rate Return) Pada Microsoft Excel

Disini kami akan menjelaskan cara menggunakan Rumus IRR pada Microsoft Excel. Pembahasan fungsi IRR akan kami bahas secara lengkap, penulisan, contoh soal IRR dan ulasannya lengkap.


Fungsi IRR Pada Microsoft Excel

Fungsi IRR (Internal Rate of Return) dalam excel digunakan untuk menghitung tingkat bunga yang dihasilkan dari suatu aliran kas masuk yang diharapkan akan diterima karena terjadi pengeluaran modal.

Suatu investasi dianggap menguntungkan/layak untuk dipertimbangkan jika nilai hasil perhitungan IRR lebih besar dari nilai suku bunga yang berlaku/diisyaratkan.
Bentuk penulisan dari fungsi IRR, sebagai berikut:

=IRR(values, [guess])


fungsi irr dalam excel, fungsi irr di excel, irr pada excel, cara menggunakan rumus irr pada excel, rumus irr pada excel, cara menggunakan rumus irr di excel


Keterangan:

values
Nilai dari aliran kas keluar (investasi) maupun aliran kas masuk.

guess
Tingkat suku bunga yang berlaku dan jika diabaikan maka dianggap nilainya sebesar 10%.

Contoh Soal
Anda ingin melakukan investasi dengan modal awal Rp. 5.000.000,-. Anda mengharapkan penerimaan arus kas dari hasil investasi tersebut sebesar Rp. 4.000.000,- pada tahun pertama, Rp. 4.500.000, pada tahun kedua, dan Rp. 5.000.000 pada tahun ketiga.

Anda ingin mengetahui berapa suku bunga per tahun agar biaya investasi sama dengan Net Present Value penerimaan arus kas yang diperoleh, dengan menggunakan nilai terkaan (guess) sebesar 12%.

Jawaban
fungsi irr dalam excel, fungsi irr di excel, irr pada excel, cara menggunakan rumus irr pada excel, rumus irr pada excel, cara menggunakan rumus irr di excel

Inputkan nilai -5.000.000 ke cell B4, 4.000.000,- ke cell B5, 4.500.000,-ke cell B6, dan 5.000.000,-ke cell B7.
Inputkan nilai 12% ke cell B8.
Tempatkan pointer di cell B9 dan ketikkan formula yang menggunakan fungsi IRR, yaitu:

=IRR(B4:B7, B8)

Hasil akhir dari proses menghitung nilai bersih saat ini dari suatu investasi, seperti terlihat pada gambar diatas.

Kesimpulannya adalah investasi ini layak dipertimbangkan untuk diterima karena nilai suku bunga perhitungan (69%) lebih besar dari nilai suku bunga yang disyaratkan (12%).

Itulah fungsi IRR pada Excel dan cara menggunakan IRR pada Microsoft Excel, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kamu semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi IRR (Internal Rate Return) Pada Microsoft Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel