Pengertian Topologi Mesh Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Pengertian Topologi Mesh Beserta Kekurangan dan Kelebihannya, pengertian topologi mesh, ciri ciri topologi mesh, jenis jenis topologi mesh, kekurangan topologi mesh, kelebihan topologi mesh, cara kerja topologi mesh

Di dalam sebuah jaringan komputer ada sebuah topologi yang disebut topologi mesh. Apa pengertian topologi mesh pada jaringan komputer? Topologi mesh adalah topologi jaringan komputer yang menghubungkan semua komputer secara penuh.

Topologi ini adalah topologi yang paling kompleks dibanding topologi jaringan lain nya.
Tidak hanya itu, toplogi ini paling banyak di gunakan oleh penyedia ISP (Internet Service Provider). Konsep dari toplogi mesh ini adalah setiap komputer dalam jaringan komputer saling terhubung satu sama lain sehingga jika terjadi pada kerusakan salah satu komputer maka tidak berpengaruh pada komputer lain atau pada jaringan lain.

Perlu diketahui bahwa topologi mesh memiliki berbagai jenis. Lalu apa saja jenis-jenis topologi jaringan mesh? Simak penjelasan berikut ini:

Jenis-jenis topologi jaringan mesh
Topologi mesh jaringan komputer memiliki 2 jenis, apa saja jenis-jenis topologi mesh? Berikut penjelasan nya:

1. Topologi mesh fully connected
Jenis topologi mesh yang pertama adalah topologi mesh fully connected yang mempunyai ciri utama dimana setiap komputer terhubung satu sama lain dengan secara penuh. Contohnya jika ada 5 komputer yang terhubung dalam jaringan komputer maka satu komputer akan terhubung ke 4 komputer lainnya.

2. Topologi mesh partial connected
Jenis topologi mesh yang kedua adalah topologi mesh partial connected dimana topologi jenis ini memiliki ciri yaitu setiap komputer dalam jaringan tersebut tidak terhubung satu sama lain. Namun, ada juga komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain nya. Topologi ini bisa disebut dengan topologi partisi atau terpisah.

Selain memiliki jenis, topologi jaringan mesh ini juga mempunya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan topologi mesh? Simak penjelasan berikut ini:

Kelebihan topologi mesh

  • Topologi mesh dapat dengan cepat mendeteksi gangguan dan kesalahan dalam jaringan komputer.
  • Topologi mesh meningkatkan keamanan data di sharing dalam jaringan komputer tersebut.
  • Topologi mesh sangat aman dari gangguan komputer lain yang mengalami kesalahan dalam jaringan tersebut.
  • Keuntungan pertama dari topologi mesh adalah fault tolerance.
  • Keamanan topologi mesh menjamin kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
  • Lebih mudah melakukan troubleshoot.

Kekurangan topologi mesh

  • Proses Instalasi pada topologi mesh sangat rumit sehingga membutuhkan ltenaga ahli dibidang jaringan komputer.
  • Topologi mesh membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan topologi jaringan lainnya.
  • Topologi ini kurang praktis, sehingga tidak cocok untuk keperluan sehari-hari.
  • Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan‐peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.
  • Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih

Ciri-ciri Topologi Jaringan Mesh

  • Konsep Internet
  • Tidak ada client server, semuanya bisa bertindak sebagai client dan server
  • Peer to peer
  • Bentuk mesh yang paling sederhana adalah array dua dimensi tempat masing-masing simpul saling terhubung dengan keempat tetangganya.
  • Diameter komunikasi sebuah mesh yang sederhana adalah 2 (n-1)
  • Koneksi wraparraound pada bagian-bagian ujung akan mengurangi ukuran diameter menjadi 2 ( n/s ).
  • Topologi Mesh ini cocok untuk hal-hal yang berkaitan dengan algoritma yang berorientasi matriks. 

Komponen Pembentuk Utama Topologi Jaringan Mesh
Komponen utama yang biasanya dipakai dalam topologi jaringan mesh ini adalah Digital Cross Connect (DXC) dengan satu atau lebih dari dua sinyal aggregate, dan tingkat cross connect (koneksi persilangan) yang bermacam pada level sinyal SDH.

Topologi jaringan mesh ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Banyaknya saluran ini harus disiapkan guna membentuk suatu jaringan topologi mesh yaitu jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, dengan n adalah jumlah sentral).

Tingkat kesulitan yang terdapat pada topologi jaringan mesh ini sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Jadi dapat kita ketahui bahwa disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.

Itulah pengertian topologi mesh secara lengkap dengan kekurangan dan kelebihan nya serta jenis dan karakteristiknya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel