Pengertian Software dan Contoh Software


Dari beberapa artikel sebelumnya yang saya buat mengenai komputer, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan pengertian software.Lalu apa pengertian software? Simak artikel berikut ini:

Pengertian Software


Software adalah pengertian khusus untuk data yang diformat secara digital, misalnya program komputer. Software ini juga bisa di istilahkan sebagai format yangbisa dibaca, di tulis oleh komputer atau kata lain program komputer yang tidak berwujud.
Kenapa demikian? Karena software tidak bisa disentuh dan hanya bisa di lihat oleh penggunanya. Untuk menjalankan software perlu hardware atau perangkat keras. Software sendiri sering di istilahkan sebagai perangkat lunak.

Fungsi Software

Software berfungsi menjalankan sebuah program yang di desain khusus untuk keperluan program tersebut. Contohnya saja softwareMicrosoft Excel, sudah jelas fungsinya sebagai pengolah angka yang di dukung oleh software dan program yang digunakan untuk mengolah angka dan perhitungan.
Softwareini dibuat dengan menggunakan bahasa mesin. Sangat jarang orang yang mengerti dengan bahasa mesin ini, hanya programmer yang mengerti dengan bahasa mesin karena bidang mereka sendiri.

Penemu software

Software ini pertama kali di temukan oleh Alan Turing. Alat Turing datang dengan teori untuk software pada tahun 1935 dan di nobatkan sebagai penemu software. Ia yang menyebabkan dua bidang akademik ilmu komputer dan rekayasa software pada saat ini.

Macam-macam Software

Software Sistem

Software sistem adalah software yang mencakup sistem operasi dan semua utilitas yang memungkinkan komputer berfungsi. Software sistem termasuk driver perangkat dan sistem operasi (OS), kompiler, diskformater, editor teks dan kesatuan yang membantu komputer untuk beroperasi lebih efisien.

Software pemrograman

Software pemrograman adalah seperangkat alat untuk membantu pengembang dan penulis program. Berbagai alat yang tersedia adalah kompiler, Linked, debugger, interpreter dan editor teks.

Software Aplikasi

Pengertian software aplikasi dimaksudkan untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Yang termasuk software aplikasi adalah software game, sistem basis data dan software pendidikan. Software aplikasi bisa berupa software kecil atau sekumpulan software.
Software aplikasi termasuk software yang bekerja nyata bagi pengguna. Misalnya pengolah kata, spread sheet dan sistem manajemen basis data termasuk dalam kategori software aplikasi.

Contoh-contoh Software Dalam Komputer

Software Sistem

Software sistem adalah software yang digunakan untuk mengontrol sistem dan juga dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi. Contoh software sistem adalah:
Doa, Unix, dan lain-lain.

Software aplikasi

Software aplikasi adalah software yang di buat untuk melakukan tugas tertentu. Contohnya, penghitungan, penggajian dan lain-lain.

Software utilitas

Software utilitas adalah software yang digunakan oleh semua orang. Contohnya Microsoft office.

Software presentasi

Software presentasi adalah software yang digunakan untuk membuat presentasi di komputer. Contohnya Microsoft powerpoint.

Bahasa Software

Bahasa software adalah software yang digunakan untuk mengembangkan bahasa code. Contohnya c++ dan HTML 5.

Software Operating System (Software Sistem Operasi)

Software sistem operasi ini sudah banyak kita ketahuiterumata pada sebuah komputer. Kebanyakan program software dirancang untuk bekerja hanya dengan satu sistem operasi perusahaan. Misalnya Windows dan Mac OS (Apple).
Contoh software sistem operasi sangat banyak. Seperti yang kita ketahui Windows saja memilik beberapa sistem operasi software. Berikut beberapa contoh software sistem operas :
  1. Windows 10
  2. Windows 8
  3. Windows 7
  4. Windows Vista
  5. Windows XP
  6. macOS Apple
  7. iOS,
  8. Chrome OS
  9. BlackBerry
  10. Tablet OS,
  11. sistem Linux.
Contoh sistem operasi diatas adalah sistem operasi software yang di gunakan komputer dan smartphone. Tidak hanya komputer, smartphone juga menjalankan sistem operasi seperti iOs, BlackBerry dan kesemuanya itu saling berkaitan.
Itulah pengertian software dan juga macam-macam software pada komputer. Mungkin sampai disini saja pembahasan sederhana kita mengenai pengertian software. Semoga bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel