Fungsi Sistem Operasi Jaringan Komputer


Dalam sebuah jaringan komputer tentu saja ada sistem operasi jaringan komputer. Yang mana merupakan sebuah jenis sistem operasi komputer yang ditujukan khusus untuk menangani jaringan. Baik itu dalam memanage jaringan komputer dan mengadministrasi jaringan komputer. Tujuan nya adalah agar jaringan komputer tertata.
Pada umumnya sistem operasi jaringan ini terdiri dari banyak layanan atau service yang berguna untuk melayani pengguna dalam jaringan komputer. eperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, HTTP Service, dan lain-lain.

Fungsi Sistem Operasi Jaringan

fungsi sistem operasi jaringan komputer, fungsi sistem operasi jaringan adalah, fungsi utama sistem operasi jaringan, sebutkan fungsi sistem operasi jaringan, fungsi dari sistem operasi jaringan, jelaskan fungsi sistem operasi jaringan, fungsi integrasi sistem operasi jaringan, fungsi khusus sistem operasi jaringan

Fungsi sistem operasi jaringan adalah untuk mengadministrasi jaringan komputer dan melakukan pelayanan pada komputer client. Untuk mengetahui beberapa fungsi dari jaringan komputer sebagai berikut:

1. Menghubungkan beberapa komputer dan perangakat lain nya ke sebuah jaringan.

Dengan adanya sistem operasi jaringan tentu saja memudahkan sejumlah komputer untuk terhubung dan melakukan administrasi guna untuk melakukan control jaringan.

2. Mengolah sumber daya jaringan

Fungsi sistem operasi jaringan yang kedua adalah untuk mengelola sumber daya dalam jaringan sehingga baik dalam perangkat dan sistem dapat digunakan bersama untuk melayani komputer client.

3. Menyediakan layanan client

Sistem operasi jaringan memungkinkan untuk memberikan layanan kepada komputer-komputer client. Adapun layanan jaringan tersebut seperti DHCP, DNS, FTP, NTP dan lain-lain.

4. Memberikan keamanan jaringan untuk multiple users

Dalam sebuah jaringan komputer tentu saja akan sangat rentan terhadap virus yang menyebar. Maka dari itu peran sistem operasi jaringan dapat menyediakan keamanan bagi multiple users.

5. Dapat dengan mudah menambahkan client dan sumber daya lain

Fungsi sistem operasi jaringan yang berikutnya adalah dapat dengan mudah menambahkan komputer client dan sumber daya lain dalam jaringan tersebut.

6. Memantau status dan fungsi elemen-elemen jaringan

Dengan sistem operasi jaringan dapat memudahkan kita untuk memantau dan mengontrol jaringan. Selain itu juga dapat memudahkan kita untuk memantau terhadap elemen jaringan.

7. Bisa mendistribusi program dan update software ke client

Adanya sistem operasi jaringan memudahkan kita untuk dapat melakukan disitribusi software maupun aplikasi dan program ke komputer client saat ada update terbaru software di server.

8. Sudah menggunakan kemampuan server yang efisien

Sistem operasi jaringan akan memanfaatkan sumber daya perangkat server untuk melayani komputer client secara signifikan.

9. Menyediakan sistem yang akan mentoleransi kesalahan

Fungsi sistem operasi jaringan yang terakhir adalah menyediakan sistem yang akan mentoleransi kesalahan. Jika ada terjadi gangguan dan kesalahan maka sistem operasi jaringan akan mentoleransi kesalahan dan memperbaikinya.
Itulah fungsi sistem operasi jaringan komputer secara detail dan lengkap. Mungkin sampai disini saja pembahasan sederhana kita mengenai sistem operasi jaringan komputer, kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam pembahasan mengenai jaringan komputer dan pelajaran lain nya secara detail dan lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel