Cara Mengetahui Kerusakan Pada Laptop dan Solusinya

Cara Melihat Kerusakan Pada Laptop

Cara Mengetahui Kerusakan Pada Laptop dan Solusinya, cara mengecek kerusakan laptop, tanda laptop mulai rusak, cara melihat kerusakan laptop, tanda rusak pada laptop

Biasanya laptop yang kelihatan nya normal dan terlihat biasa saja tidak ada kendala padahal ada kerusakan yang tidak ketahui. Cara melihat kerusakan laptop ini banyak caranya. Misalnya, melihat dari lampu indikator dan sebagainya.

Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara melihat kerusakan pada laptop dari segi eksternal maupun internal. Untuk melihat kerusakan laptop langsung saja simak pembahasan berikut ini:


Melihat kerusakan laptop melalu lampu indikator

Lampu indikator pada laptop adalah hal paling menonjol untuk melihat kerusakan dari segi eksternal atau dari luar. Misalnya saja, lampu indikator charger tidak menyala ketika kamu mencolok kan charger laptop. Disini kamu bisa menyimpulkan bahwa kerusakan laptop bisa dari charger nya ataupun dari lubang charger nya. Dan biasanya lebih diperkuat dengan tanda baterai yang tidak menunjukkan pengisian baterai sedang berlangsung.


Melihat kerusakan laptop dari tampilan layar dan logo

Cara melihat kerusakan laptop atau mengecek kerusakan pada laptop yang kedua adalah dari tampilan layar atau logo. Misalnya saja dari tampilan layar, kamu bisa melihat sesuatu yang aneh pada desktop laptop kamu. Ntah itu aplikasi yang ada pada desktop kamu tiba-tiba tidak ada atau terhapus. Tentu saja ini sangat menjadi tanda bahwa laptop kamu tidak sedang dalam keadaan baik.

Kemudian kamu bisa melihat dari tampilan logo pada laptop kamu. Sama seperti yang saya jelaskan diatas tadi, misalnya logo baterai yang tidak mengisi. Biasanya tanda ini di simbol kan dengan di silang atau “x”.


Mengecek kerusakan laptop dari kinerja laptop

Hal ini tentu saja bisa kamu pahami, karena kinerja laptop menandakan laptop yang kamu miliki dalam keadaan baik atau tidak. Contohnya saja kinerja laptop kamu lelet, tentu saja ada permasalanan pada sistem yang menyebabkan laptop kamu lemot.

Atau bisa saja aplikasi yang kamu install pada laptop membawa virus yang membuat kinerja laptop mu menjadi lemot. Hal ini tentu saja tidak bisa dipungkiri bukan? Jadi sebaiknya kamu Menginstall aplikasi yang tidak mengandung virus agar laptop kamu tidak mengalami kerusakan.


Program yang sering not responding

Mengecek kerusakan laptop berikut nya adalah dengan melihat program-program yang sering not responding atau tiba-tiba berhenti bekerja. Pasti kamu pernah mengalami suatu ketika kamu sedang asik mengetik atau membuka sebuah aplikasi pada laptop, kemudian tiba-tiba muncul peringatan “This program not responding”.

Tentu saja hal ini sangat mengganggu kamu, bisa saja aplikasi yang kamu jalankan tiba-tiba menutup sendiri tanpa menyimpan data yang sedang kamu kerjakan. Hal ini menandakan bahwa laptop kamu mengalami kerusakan.

Namun dibalik itu semua ada solusinya. Yaitu dengan cara sering melakukan antivirus pada laptop kamu, ini bisa mengurangi program yang tiba-tiba not responding. Jadi ada baiknya kamu melakukan hal ini sebelum laptop kamu mengalami kerusakan yang lebih parah.

Dari semua permasalah diatas, kamu bisa mencegahnya dengan cara berikut ini:


Sering melakukan refresh pada laptop

Cara berikutnya adalah sering melakukan refresh pada laptop. Pasti bagi kamu sudah tidak asing dengan kata refresh pada laptop, hampir semua orang sering melakukan refresh pada laptop.

Tapi perlu digaris bawahi bahwa melakukan refresh tidak sama dengan melakukan scan virus seperti yang saya jelaskan diatas tadi. Refresh hanya sekedar menyegarkan program pada program Yangs sedang kamu jalankan.

Tapi tidak ada salahnya kamu melakukan refresh ini, karena laptop pun ingin melakukan penyegaran. Jangankan laptop, kita saja terkadang butuh melakukan penyegaran bukan? Hal ini juga bisa kamu terapkan pada laptop untuk menghindari kerusakan pada laptop.


Menghapus berkas yang sudah tidak dibutuhkan

Menghapus berkas yang sudah tidak dibutuhkan pada laptop adalah salah satu cara untuk mencegah kerusakan pada laptop. Karena terlalu banyaknya berkas yang memenuhi penyimpanan internal akan mengganggu kinerja laptop dan membuat laptop kamu bisa rusak.

Jadi sebaiknya kamu sering menghapus berkas yang sudah tidak digunakan atau dipakai di laptop kamu. Namun perlu di ingat, jika kamu hanya menghapus berkas saja itu belum membersihkan berkas tersebut. Berkas yang sudah kamu hapus masih ada di recycle bin.

Kamu bisa menghapus berkas di recycle bin. Jika kamu sudah melakukan nya maka berkas tersebut memang sudah terhapus permanen dari laptop kamu. Karena cara kerja recycle bin adalah menyimpan berkas yang sudah di hapus dan mengembalikan berkas pada tempat nya jika kamu menginginkan nya kembali.

Itulah beberapa cara mengecek kerusakan laptop dan solusinya. Mungkin sampai disini sajapembahasan kita kali ini, kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam tips mengenai komputer secara detail dan lengkap. Jangan lupa scroll kebawah untuk membaca artikrl bermanfaat lain nya dari Media Trans SP.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel