Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Virus Komputer dan Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Virus Komputer dan Cara Mengatasinya, jenis virus komputer, cara mengatasi virus komputer,

Virus komputer adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer ini analoginya hampir sama dengan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkandirinya sendiri ke sel makhluk hidup.
Virus komputer ini bermacam-macam diantaranya :

Trojan


Virus trojan /Trojan horseini bertujuan mengambil data penting dari komputer anda. Virus ini mungkin yang paling sering kita temui.

Worm


Layaknya sebuah cacing pada tubuh kita. virus ini akan  menduplikasikan diri sebanyak-banyaknya sampai resource kita menjadi habis olehnya.

Backdoor


Backdoor ini sifatnya mirip trojan, terdapat pada aplikasi yang terlihat tidak seperti virus.

Spyware


Spyware seperti artinya 'spy' alias memata-matai. Virus ini mengkoleksi data pengguna komputer untuk dikirimkan ke pembuat virus. biasanya virus ini mengambil data tentang penggunaan komputer/browser pengguna untuk dikirimkan ke bagian marketing / pencari data pengguna untuk kebutuhan survey.

Masih banyak virus lain nya yang ada dan tersebar di dunia internet yang tidak bisa disebutkan satu-persatu. Pada intinya virus ini disebar untuk mendapatkan keuntungan bagi si pembuatnya.

Ciri-ciri komputer yang terkena virus


Komputer anda menjadi berat dan lambat adalah salah-satu indikasi terkena virus. Dapat dilihat dari penggunaan resource di task manager yang sangat besar. Untuk booting saja bisa sampai 15 menit misalnya.


Bagaimana jika komputer saya sudah terkena virus?

Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah menginstall antivirus . Dengan adanya antivirus makan kemungkinan anda terkena virus akan lebih kecil. Setelah menginstall antivirus usahakan anda melakukan full scan pada komputer anda.mungkin ini membutuhkan waktu yang agak lama dapat ditinggal tidur atau berpergian misalnya.

Antivirus yang cukup terkenal diantaranya AvG, Avira, Kaspersky, dan lainnya. Untuk virus lokal biasanya dapat digunakan antivirus SMADAV. ciri nya biasanya antivirus lokal menginfeksi lewat flashdisk dimana data anda menjadi terlihat menghilang.

Cara membasmi nya tinggal melakukan scan pada flashdisk yang terinfeksi, dan memformat flashdisk tersebut. Jangan lupa dicopy dahulu dokumen yang disembunyikan oleh virus tadi. MariMari berburu virus!

Jika komputer Anda terkena virus segera atasi dengan metode-metode diatas, kemungkinan komputer Anda akan segera membaik dan bisa digunakan lagi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel