Tips Merawat Laptop Agar Awet Digunakan

Cara Merawat Laptop Yang Baik dan Benar Agar Awet Digunakan

Setiap orang yang memiliki laptop pasti ingin laptop yang ia pakai tetap awet dan tahan lama, sehingga tidak banyak merogoh kocek untuk memperbaiki laptop ketika sudah rusak. Dengan mahalnya harga laptop dan komponen-komponen nya seperti, hardsik, keyboard, ram dan lain sebagainya tentu saja setiap pengguna tidak ingin terjadi kerusakan pada laptop yang ia pakai.
Laptop saat ini menjadi peralatan yang dibutuhkan oleh hampir setiap orang dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan komputer. Karena sifatnya yang praktis laptop menjadi pilihan yang baik bagi orang yang sering bekerja terus dengan baik dan dapat digunakan ketika sedang dibutuhkan. Rawatlah laptop Anda dengan baik dan benar agar laptop Anda awet dan berumur panjang.


Tips Merawat Laptop, cara merawat laptop agar awet, cara membuat laptop awet, cara merawat laptop agar tahan lama, cara membuat laptop agar selalu bagus

  1. Jangan mematikan laptop langsung dari tombol power, jadi usahakan mematikan laptop pada tombol shutdown.
  2. Bersihkan laptop dengan kuas kecil, biasanya sering banyak debu dan kotoran yang ada pada keyboard laptop, atau anda bisa memberikan pelindung keyboardagar tidak terkena debu.
  3. Jangan membawa laptop pada perjalanan, pada saat laptop sedang hidup atau stand by, karena akan cepat merusak hard disklaptop anda.
  4. Pastikan laptop sudah dalam keadaan mati sebelum anda menutup laptop anda, ini terjadi pada saat kita men-shutdown laptop, kadang kita harus menunggu beberapa saat untuk laptop melakukan turn off, akan tetapi kadang kita kurang sabar sehingga pada saat laptop belum mati total anda sudah menutupnya.
  5. Cas / charge baterai laptop anda sebelum baterai berada pada 10% pemakaian, sehingga laptop tidak mati karena kehabisan baterai.
  6. Lepaskan ces laptop sebelum pengisian berada pada 100%, anda bisa melepasnya pada saat masih 95% ke bawah, karena berdasarkan pengalaman saya cara ini sangat bagus untuk merawat baterai laptop.
  7. Jangan menggunakan program yang berat seperti game berkapasitas besar pada laptop standar, karena laptop akan cenderung cepat panas dan kerja dari processor menjadi sangat berat.
  8. Gunakan laptop seperlunya.
Baca Juga :


Itulah beberapa poin tips merawat laptop agar tetap awet dan tahan lama, mudah-mudahan dengan melakukan cara diatas laptop anda bisa awet dan tahan lama tentunya. Silahkan tambahkan komentar dibawah jika ingin bertanya mengenai cara merawat laptop agar tetap awet, insya allah akan saya balas satu persatu. 
berikutnya adalah poin penting dalam merawat laptop, simak ulasan berikut:

Hindari Laptop di dekat benda cair atau basah

Ketika menggunakan laptop perhatikan posisi laptop Anda berada. Jangan sampai menyimpan perangkat elektronik di dekat air.  Misalnya Anda meletakkan kopi atau minuman di dekat laptop Anda, kemungkinan tersenggol dan laptop Anda akan tersiram kopi atau minuman tersebut.
Jika air masuk kedalam laptop yang cukup banyak, kemungkinan laptop Anda akan rusak. Jadi berhati-hati lah saat Anda meletakkan air atau minuman di dekat laptop.

Cabut Baterai Jika Indikator Telah Menunjukkan Kondisi Baterai Penuh

Cara yang baik dalam menggunakan Laptop adalah saat baterai laptop Anda sudah penuh, Anda cabut saja karena dapat mengawetkan baterai laptop dan laptop Anda akan berumur panjang. Karena jika baterai sudah penuh dan Anda tidak mencabut chargernya maka baterai akan mengalami Overcahrge atau charger yang berlebihan.
Memang baterai pabrikan sekarang laptop sudah dilengkapi dengan pemutus arus pengisian, tetapi kita sebaiknya tidak mengisi baterai secara terus menerus. Panas yang berlebihan pun akan memperpendek umur penggunaan baterai laptop Anda.

Gunakan Antivirus Pada Laptop Anda

Menggunakan Antivirus adalah suatu kewajiban setiap komputer atau laptop. Saat ini banyak Antivirus laptop atau komputer yang digunakan secara gratis. Lebih baik mencegah daripada mengobati, jadi alangkah baiknya Anda gunakan Antivirus pada laptop Anda.
Virus komputer atau laptop tidak terlihat secara langsung pada tampilan laptop Anda tapi dapat membuat laptop Anda menjadi lambat dan panas. Jika Anda biarkan saja tidak menutup kemungkinan laptop Anda akan awet.

Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur

Bermain laptop diatas kasur adalah hal yang menyenangkan, karena Anda bisa sambil santai dan tiduran diatas kasur. Tahukah Anda bahwa menggunakan laptop diatas kasur akan menyebabkan sirkulasi panas laptop menjadi tidak baik.
Hal ini tentunya lama-kelamaan akan membuat laptop menjadi overheat atau karena debu dari kasur akan terhisap masuk dengan mudah kedalam laptop Anda. Jika sistem pendingin laptop Anda menggunakan heatsink dan kipas kemungkinan overheat ini akan terjadi.
Itulah beberapa cara merawat laptop yang benar agar laptop awet digunakan. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini, kita akan bertemu pada artikel menarik lainnya mengenai komputer dan tips bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel