Pentingnya UPS (Uninterruptible Power Supply) Pada Komputer


Pentingnya UPS (Uninterruptible Power Supply) Pada Komputer untuk mencegah hilangnya data saat listrik padam

Pentingnya UPS (Uninterruptible Power Supply) Pada Komputer, kegunaan UPS (Uninterruptible Power Supply) Pada Komputer, cara menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) Pada Komputer


Listrik yang padam secara tiba-tiba adalah hal yang cukup menjengkelkan. Terlebih jika kita sedang melakukan pekerjaan dengan komputer. Bayangkan saja bagaimana jika anda sedangnmelakukan pekerjaan yang sangat penting dan tiba-tiba listrikn dirumah anda padam.
Untuk mengatasi hal ini kita dapat menggunakan perangkat yang bernama UPS (Uninterruptible Power Supply). UPS menyediakan listrik cadangan bagi perangkat elektronik yang sedang digunakan. Dengan menggunakan alat ini kita terhindar dari komputer yang padam secara tiba-tiba.
Jika kita sendang bekerja pada komputer yang padam secara tiba-tiba maka data yang sedang kita kerjangan otomatis akan hilang. Sudah mengerjakan banyak tetapi belum melakukan save akan membuat data yang sedang anda kerjakan menjadi hilang.
Terlebih mati listrik bagi komputer akan berakibat sangat fatal. Komponen komputer lama-kelamaan akan menjadi rusak jika listrik sering mati secara tiba-tiba. Windows bisa menjadi corrupt dan anda harus melakukan repairwindows mungkin juga menginstall ulang windows. Tentunya ini sangat merepotkan kita sebagai pengguna.
Pentingnya UPS (Uninterruptible Power Supply) Pada Komputer, kegunaan UPS (Uninterruptible Power Supply) Pada Komputer, cara menggunakan UPS (Uninterruptible Power Supply) Pada Komputer

UPS dapat melakukan backup listrik sebelum akhirnya mati selama kurang lebih beberapa menit. Waktu ini dapat anda gunakan untuk melakukan savefile-file penting yang anda sedang kerjakan pada saat itu. Andapun diharuskan menggunakan UPS sesuai dengan prosedur dan daya maksimal penggunaan untuk komputer dan monitor. Masing-masing merek UPS memiliki kelebihan nya masing-masing.

Beberapa tipe UPS diantaranya :

SPS atau stanbypowersystem berfungsi untuk memonitor yang masuk yang akan mengalirkan listrik ke mode baterai (penyimpanan) ketika terjadi masalah. listrik
UPS Online tidak mengalirkan listrik ketika masalah terjadi, yaitu ketika listrik mati, UPS akan terus menjalankan listrik walaupun sumber utamanya tidak mati.
Listrik yang mengalir di rumah ataupun kantor terkadang tidak stabil atau naik turun. Di dalam ups terdapat stabilizer untuk menstabilkan arus listrik yang akan masuk ke komputer yang tentunya akan memperpanjang usia pakai komputer anda.
Itlulah penting UPS (Uninterruptible Power Supply) pada komputer. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita, kita akan bertemu pada artikel berikutnya masih dalam pembahasan mengenai tips komputer secara detail dan lengkap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel