Apakah Backup Data Pada Komputer itu Penting? Ini jawaban nya..

Pentingnya Melakukan Backup Data Pada Komputer

Apakah Backup Data Pada Komputer itu Penting? Ini jawaban nya, cara melakukan backup data pada laptop, pentingnya backup data, pengertian backup data

Semakin lama anda menggunakan komputer atau laptop pribadi anda pastinya data akan semakin bertambah banyak. Apalagi anda merupakan orang yang memiliki data-data penting yang disimpan pada komputer.

Bagaimana jika sewaktu-waktu komputer anda rusak?

Tentunya hal yang paling menjengkelkan adalah kehilangan data penting yang tersimpan dalam komputer. Anda masih beruntung jika ternyata bukan hard drive yang mengalami kerusakan. Data masih dapat diselamatkan. Jika hard drive yang rusak maka data adalah sesuatu yang sangat berharga dibandingkan dengan komponen komputer lainnya yang bisa dibeli dengan uang. Bayangkan jika hal tersebut terjadi tetapi anda belum melakukan backup sama sekali?

Pengertian Backup

Backup adalah Salinan dari satu atau lebih file yang dibuat sebagai pengganti jika data asli hilang atau menjadi tidak dapat digunakan.

Jenis - jenis backup

Full Backup : Melakukan backup penuh terhadap data tanpa ada kekurangan satupun.

Incremental Backup : Backup yang dilakukan ketika terjadi perubahan data setelah full backup.

Mirror Backup : Melakukan kloning terhadap data tanpa merubah format data atau diarsipkan.

Pada windows 10 anda dapat melakukan full backup. Full backup dapat dilakukan dengan menggunakan hard drive external. Tentunya drive eksternal yang digunakan harus minimal sama dengan data dan kapasitas hard disk drive yang anda miliki saat ini yang sedang berjalan. Untuk melakukan ini anda dapat pergi ke control panel pilih menu untuk melakukan backup & restore.

Baca Juga :


Backup file penting saja

Jika anda sedang membuat pekerjaan yang sangat penting, anda diwajibkan melakukan backup pekerjaan tersebut. MisalnyaMisalnya anda sedang membuat tugas akhir ataupun pekerjaan kantor yang membutuhkan waktu lama dalam proses pengerjaannya. Anda dapat melakukan backup melalui :

Cloud drive

Anda dapat menyimpan pekerjaan anda sebagai backup melalui cloud. Banyak yang memberikan layanan penyimpanan data yang bersifat private untuk pengguna internet diantaranya Google Drive, OneDrive, Dropbox dan lainnya.
Apakah Backup Data Pada Komputer itu Penting? Ini jawaban nya, cara melakukan backup data pada laptop, pentingnya backup data, pengertian backup data


Tidak usah khawatir, untuk cloud drive ini gratis dengan kapasitas yang telah ditentukan. Anda bahkan dapat melakukan live editing pada platform seperti ini.

Flash drive

Secara simple dan periodik anda dapat melakukan backup dengan menggunakan flash drive. Flash  drive mudah dibawa dan praktis. Kekurangan dalam menggunakan flash drive kadang kita lupa menyimpan flash drive sehingga akhirnya hilang.
Apakah Backup Data Pada Komputer itu Penting? Ini jawaban nya, cara melakukan backup data pada laptop, pentingnya backup data, pengertian backup data

Anda pun dapat melakukan backup dengan menggunakan program yang di desain khusus untuk melakukan backup. Program ini akan memungkinkan Anda memilih data mana yang harus disimpan, seberapa sering, di mana, dan apakah harus dienkripsi untuk meningkatkan keamanan data . Anda juga dapat melakukan pemulihan data Anda dengan mudah.

Beberapa contoh program backup yang dapat anda gunakan secara gratis adalah EaseUS Todo Backup , Cobian Backup, Paragon Backup & Recovery.

Sekian mengenai backup data pada komputer. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Sama halnya seperti pada data kita di komputer. Jadi lebih baik melakukan backup data yang penting pada komputer Anda sebelum Anda kehilangan data penting pada komputer.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel