Sejarah Terciptanya Internet di Dunia

sejarah internet di Indonesia, sejarah internet di dunia, sejarah internet lengkap, sejarah internet adalah, sejarah terciptanya internet secara singkat, jelaskan sejarah terciptanya internet, jelaskan sejarah terciptanya internet secara singkat, makalah sejarah perkembangan internet di dunia

Anda semua pasti sudah tahu apa itu internet?, tidak ada orang yang belum mengetahui apa itu internet pada masa sekarang ini. Apalagi internet semakin marak di Indonesia bahkan di dunia, semua informasi bisa Anda dapatkan di internet.
Namun sebagian orang hanya tahu internet saja, mereka belum tahu kapan terbentuknya internet, sejak kapan internet ini tercipta. Perlu Anda kaji ulang awal terbentuknya internet di dunia ini. Berikut ini adalah penjelasan mengenai awal mula terbentuknya internet di dunia:

Sejarah Terbentuknya Internet di Dunia

Pada tahun 1963, RAND Cooperation-suatu organisasi pengendali perang dingin Amerika Serikat, menghadapi masalah yang rumit. Yaitu bagai mana Amerika Serikat tetap dapat berkomunikasi secara lancar jika sedang terjadi perang nuklir, dan dalam kondisi saat perang sudah usai.
Solusi masalah ini ialah dengan menciptakan sebuah jaringan yang meng hubungkan semua tempat sarana strategis di seluruh Amerika Serikat, dan tetap dapat memberikan request for proposal (RFP) kepada University of California Los Angeles (UCIA). Beberapa orang yang terlibat, di antara nya Vinton Cerf, Steve Crocker, Jon Postel, dan Robert Braden.
Pada tahun 1964 dikeluarkan proposal RAND, yang intinya mengatakan bahwa jaringan yang akan dibentuk tidak terpusat pada suatu tempat dan tetap berfungsi sekalipun dalam keadaan hancur. Ide ini diilhami oleh teknologi yang memungkinkan dapat mengirimkan pesan dari tempat asal ke tujuan, dengan cara memecah-mecah pesan tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Yang disebut paket pada saat dikirimkan, dan kembali disusun seperti semula, saat diterima di tempat tujuan.  Teknologi ini dikenal sebagai packet switching network.

Pada tabun 1969, empat buah interface message processor (IMP) dikirmkan ke 4 perguruan tinggi, yakni UCLA, Standart Research Institute (SRI), University of California Santa Barbara (UCSB), dan University of Utah. Jaringan keempat tempat ini disebut sebagai ARPANET, yang disponsori oleh Defense of Advanced Research Project Agency (DARPA) milik Pentagon, Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Internet bukan merupakan sesuatu yang asing lagi bagi orang pada sekarang. Sekalipun demikian, banyak orang tidak atau belum memahamapa dan bagaimana sebenarnya yang dimaksud dengan internet. Internet merupakan sekumpulan jaringan yang berskala global. Tidak ada satu pun orang, kelompok, atau organisasi yang bertanggung jawab untuk men jalankan internet. Mekanisme kerja internet tidak didasarkan pada manusia, tetapi merupakan mekanisme kerja elektronik.

Masing-masing jaringan yang terhubung satu dengan lainnya, berkomunikasi menggunakan protokol-protokol tertentu, seperti Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (TP). Dari waktu ke waktu, jaringan-jaringan tersebar di berbagai belahan dunia saling terhubung dengan jaringan-jaringan yang sudah ada terlebih dahulu.

Jaringan pusat yang disebut VBNS (Very High Speed Backbone Network Services) berfungsi menghantarkan lalu lintas data internet ke seluruh Amerika dan penjuru dunia, yang saat ini dibiayai oleh Badan Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat. Jaringan pusat inilah yang memungkinkan komputer-komputer yang terhubung dengan internet dapat berkomunikasi dan saling mengirimkan data.

Jaringan regional di seluruh penjuru dunia sudah terkondisi dengan internet sehingga antarkomputer dari rumah ke rumah, dari satu kantor ke kantor lain dapat berkomunikasi satu dengan lainnya.

Proses Perjalanan Informasi di Internet

Perjalanan suatu informasi melalui internet merupakan proses yang panjang dan rumit, mengirim email, kemudian sampai di tujuan dalam waktu yang singkatSecara garis besar, perjalanan informasi melalui internet dapat digambarkan sebagai berikut.

Informasi yang dikirimkan komputer kita, oleh Transmission Control Protocol (TPC) dipecah-pecah ke dalam bentuk paket-paket yang lebih kecilkemudian dari komputer dikirimkan tidak semudah yang kita bayangkan pada saat kita tidak semudah yang kita bayangkan pada saat kita menuju ke jaringan lokal milik penyedia layanan internet (ISP). Setelah melalui jaringan lokal tadi, paket-paket tersebut berjalan melalui berbagai tingkatan jaringan, komputer, dan jalur komunikasi yang berada di berbagai kota di penjuru dunia, sebelum akhirnya mereka sampai di tujuan akhir.

Agar perjalanan informasi tersebut berjalan lancar, diperlukan sarana perangkat keras, seperti hub, bridge, gateway, repeater, dan router. Hub berfungsi untuk menghubungkan antarkomputer satu dengan lainnya sehingga memungkinkan komputer-komputer tersebut dapat saling ber komunikasi satu dengan lainnya. Bridge berfungsi untuk menghubungkan antarjaringan area lokal (LAN) satu dengan lainnya, sehingga sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan lokal tertentu ke jaringan lokal lainnya. Gateway berfungsi mirip seperti bridge, kelebihannya ialagateway dapat menerjemahkan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Karena jarak yang harus ditempuh oleh perjalanan informasi tersebut kadang jauh dari sudut pandang lokasi fisik, maka sinyal yang mengirimkan data dapat melemah. Di sinilah pentingnya peranan repeater Repeater berperan untuk menguatkan sinyal pada interval-interval tertentu. Banyaknya informasi yang melalui internet memerlukan pengaturan, dalam hal ini router berfungsi untuk mengatur lalu-lintas informasi di internet. Router memeriksa paket-paket informasi dan menentukan tujuannya serta mengirimkannya ke router berikutnya yang terdekat dengan tujuan paket-paket tersebut.
Itulah sedikit pembahasan mengenai awal mula terciptanya internet di dunia. Mungkin sampai disini saja pembahasan kita kali ini, kita akan bertemu pada artikel selanjutnya masih dalam pembahasan mengenai internet dan komputer secara detail dan lengkap.
Jangan lupa scroll kebawah untuk melihat artikel menarik lainnya dari blog Media Trans SP. Share juga jika artikel ini menurut Anda bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...